Kemkominfo dan Tokopedia Academy Ajak Generasi Muda Melek Digital

Telset.id, Jakarta – Melalui Tokopedia Academy, Tokopedia berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI) menggelar sebuah program inkubasi bertajuk Tokopedia NextGen. Program ini ditujukan untuk membuat para pelajar Indonesia lebih melek dunia digital.

Staf Khusus Menteri Bidang Digital dan SDM/Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Dedy Permadi, Ph.D menyampaikan dukungan Kementrian Kominfo terhadap program ini. Menurutnya, pengenalan industri teknologi sejak dini akan melahirkan generasi yang tangguh menghadapi persaingan di era digital. 

“Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini guna mempercepat transformasi digital tanah air,” kata Dedy.

Baca juga: Banjir Peminat, Partisipan ‘Tokopedia Academy’ Melonjak 3x Lipat

Dalam acara Tokopedia NextGen yang bertema Serba-Serbi Dunia Manajemen Produk dan Desain Produk ini juga Tokopedia melalui para ahli membagikan tips berkarir di dunia teknologi, khususnya di bidang pengembangan dan desain produk. Nah, apa saja tipsnya?

  1. Pelajari Keterampilan Dasar

Diungkapkan Product Design Lead Tokopedia, Adze Ganesha, sebagai seorang desainer produk, salah satu keterampilan terpenting adalah memahami kebutuhan pengguna. “Bisa menempatkan diri pada posisi pengguna menjadi penting saat kita membangun produk yang ditujukan untuk mereka,” katanya.

Di sisi lain, Lead Product Manager Tokopedia, Priscilla Rasmana, menyebut kemampuan berpikir analitis dalam memproses data menjadi salah satu keterampilan dasar yang perlu dimiliki untuk mereka yang tertarik menjadi seorang manajer produk.

  1. Perluas Pengetahuan

Ini bisa dilakukan dengan banyak membaca. Misalnya, belajar tentang ilmu perilaku, atau industri dan produk yang menarik bagi kita. “Karena inovasi seringkali datang ketika kita bisa mengkombinasikan keahlian dan pengetahuan yang dimiliki,” tambah Senior UX Researcher Tokopedia, Michael Kendro.

Baca Juga: Cara Menghapus Akun Tokopedia Lewat Laptop dan HP

Tokopedia Academy

  1. Lihai Berkolaborasi

Saat mengembangkan sebuah produk, ada banyak pihak yang akan terlibat. Karena itu, diperlukan keterampilan berkolaborasi. Adze menyebut ini terkait bagaimana kita dapat bekerja sama serta membuat keputusan yang saling menguntungkan dan menghasilkan produk yang menjawab kebutuhan konsumen.

  1. Kemampuan Berkomunikasi

Sebagai manajer produk, desainer produk maupun periset, kemampuan berkomunikasi menjadi keahlian yang harus dimiliki. Keterampilan ini sesuai dengan target audiens sangat penting agar kita bisa menyampaikan ide-ide kita sehingga orang lain dapat memahaminya dan ide-ide tersebut bisa menjadi realita.

Baca juga: 5 Hal yang Penting Dilakukan Saat Terima Pesanan Online

“Supaya mendapatkan pemahaman menyeluruh terkait kebutuhan pengguna, sebagai UX researcher penting untuk bisa berkomunikasi dengan responden saat melakukan kunjungan dan melakukan observasi terhadap lingkungan sekitarnya,” imbuh Michael.

  1. Gabung Komunitas dan Ikut Pelatihan

Agar dapat memahami konteks dan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja serta pengaplikasiannya, pelajar dapat mengasah keterampilannya melalui beragam kegiatan seperti kursus, magang, kompetisi, lokakarya, bergabung dengan komunitas dan ikut pelatihan seperti Tokopedia Academy.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI