Banjir Peminat, Partisipan ‘Tokopedia Academy’ Melonjak 3x Lipat

Telset.id – Tokopedia menunjukkan komitmennya dalam mendorong kemajuan talenta digital Tanah Air. Lewat sebuah program bertajuk Tokopedia Academy, perusahaan teknologi ini terus berkolaborasi bersama para mitra strategis guna dan mencapai pemerataan pengetahuan melalui teknologi.

Tokopedia Academy hadir sebagai wadah belajar yang fokus terhadap 7 pilar utama, yakni Teknologi, Data, Product, Product Design, Leadership, CX serta Entrepreneurship. Tujuh pendekatan utama tersebut dikemas ke dalam berbagai program seperti acara konferensi, diskusi, hingga workshop.

Tahun ini, seperti diungkapkan CIO, Chief of Staff Technology sekaligus Senior Vice President Tokopedia, Aswin T. Utomo, partisipan yang mengikuti program edukasi seputar dunia digital dan teknologi melalui Tokopedia Academy meningkat hampir 3x lipat dibandingkan dengan tahun 2020.

Penambahan enam program baru di Tokopedia Academy pada tahun 2021 disebut menjadi pemicu meningkatnya jumlah partisipan secara signifikan. 

Baca juga: Kue Keranjang Laris Manis di Tokopedia Jelang Tahun Baru Imlek

Adapun keenam program itu meliputi START Talks: forum diskusi dari top leaders industri teknologi; Tokopedia NextGen: inkubator untuk  pelajar SMA/SMK/SLTA sederajat; START CX First Summit; CX First Talks: webinar seputar CX; TGTC X Project dan Summer Acceleration Programs: workshop peningkatan keterampilan dan pengembangan karir bagi mahasiswa dan fresh graduates.

“Hingga kini, terdapat 18 program yang dapat diakses oleh masyarakat Indonesia secara gratis melalui situs Tokopedia Academy,” jelas Aswin. 

Program-program tersebut termasuk START Summit, START Summit Extension, START Women in Tech, Technology Workshop, DevCamp, Data Workshop, Behind Great Product, Design After Hours, Product Design Workshop, Product Design Academy, Tokopedia Connects, dan Tokopedia Goes to Campus.

Tokopedia Academy, Tokopedia

Melalui serangkaian program tersebut, Tokopedia Academy melakukan beragam kegiatan turunan gratis selama tahun 2021, diantaranya:

  • 4 Summit: START Summit: konferensi teknologi tahunan Tokopedia, START Women in Tech: konferensi teknologi tahunan untuk memberdayakan dan mendorong partisipasi perempuan di industri teknologi, START CX First Summit: konferensi customer experience (CX), serta Konferensi Maju Digital (KMD) kolaborasi bersama ekosistem grup GoTo.
  • 14 workshop seputar pemrograman, pengembangan produk, strategi multi-cloud, entrepreneurship, dan masih banyak lagi.
  • 55 webinar edukasi seputar teknologi, data, desain produk, manajemen produk, CX, dan berbagai materi lainnya yang terkait dengan dunia digital teknologi.

Peserta program DevCamp 2021 (pelatihan intensif dan hackathon), Pires Cerullo, menyebut bahwa ada begitu banyak manfaat dan insights yang didapatnya dari para tech leader di Tokopedia.

Baca juga: Voucher Game Online Paling Diburu di Tokopedia Sepanjang 2021

“Terutama saat kegiatan Hackathon dimana banyak sekali ide menarik serta inovasi yang bisa kami pikirkan dalam waktu 22 jam. Saya juga berterima kasih karena melalui program ini saya diberikan kesempatan magang di Tokopedia,” katanya.

Sementara itu, Aswin menambahkan bahwa ke depannya Tokopedia #SelaluAdaSelaluBisa akan terus berkolaborasi dan berinovasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, termasuk perihal edukasi digital, agar talenta Indonesia dapat memajukan industri teknologi Indonesia sekaligus bangkit bersama mendorong pemulihan ekonomi dalam negeri. [IF/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI