5 Hal yang Penting Dilakukan Saat Terima Pesanan Online

Telset.id, Jakarta – Belanja online tak sekadar memilih barang, membayarnya, dan menerima pesanan langsung di depan rumah. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan konsumen ketika terima pesanan online yang mereka beli.

Tren belanja online di Indonesia terus meningkat, apalagi kondisi pandemi yang memaksa masyarakat membatasi aktivitasnya di luar ruangan. Sayangnya, tren ini tak dibarengi dengan kesadaran konsumen tentang hak dan kewajiban mereka saat berbelanja online.

Momen Hari Hak Konsumen Sedunia yang diperingati setiap tanggal 15 Maret pun menjadi saat yang pas untuk meningkatkan kesadaran konsumen tentang hak dan kewajiban saat belanja secara daring.

Tokopedia memanfaatkan kesempatan ini untuk tak hanya membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari melalui platform online, tapi juga memberikan edukasi tentang beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat terima paket pesanan online yang dibeli online.

Baca juga: 10 Aplikasi Belanja Online Terbaik 2022

1. Jangan Buru-buru Klik “Selesaikan Pesanan”

pesanan online Tokopedia

Jangan pernah menyelesaikan pesanan sebelum Anda benar-benar memastikan produk yang dibeli telah sesuai dengan pesanan. Terlalu terburu-buru mengklik tombol “Selesaikan Pesanan” bisa merugikan Anda sebagai konsumen.

“Karena jika pengguna sudah klik ‘Selesaikan Pesanan’ otomatis dana akan langsung diteruskan Tokopedia ke penjual,” jelas External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

2. Segera Cek Barang

pesanan online Tokopedia

Usahakan mengambil foto atau lakukan video unboxing saat membuka pesanan yang Anda beli secara online. Dokumentasi semacam ini sangat bermanfaat sebagai bukti atas produk yang diterima.

Apabila produk yang diterima tidak sesuai dengan pesanan atau deskripsi produk, klik “Ajukan Komplain” dan sertakan bukti foto atau video yang diperlukan untuk mendapatkan solusi terbaik.

“Dana hanya akan diteruskan Tokopedia ke penjual jika produk yang diterima sudah sesuai dengan pesanan pembeli,” terang Ekhel menekankan kembali.

Baca juga: 5 Fitur Terbaik di Tokopedia Seller

3. Perhatikan Batas Waktu Komplain

5 Hal yang Penting Dilakukan Saat Terima Pesanan Online

Apabila barang pesanan Anda ternyata bermasalah, Anda dapat segera mengajukan komplain. Hanya saja, ada batas waktu aduan yang harus diperhatikan konsumen.

Anda sebagai pembeli dapat mengajukan komplain dalam waktu maksimal 2×24 jam sejak status pesanan tiba di tujuan. Nantinya, Pusat Resolusi Tokopedia akan menangani masalah yang diajukan.

“Pastikan Anda mengajukan komplain sesuai dengan batas waktu supaya kendala bisa ditangani di Pusat Resolusi Tokopedia,” tambah Ekhel.

4. Cek Ongkos Kirim Akhir

Promo Harbolnas

Hal penting selanjutnya yang harus Anda perhatikan ketika terima pesanan online adalah memeriksa kembali biaya pengiriman yang dibebankan.

Jika mengalami kendala biaya pengiriman yang tidak sesuai, maka
Anda dapat mengajukan pengembalian ongkos kirim kepada penjual. Caranya, dengan mengajukan komplain dan sertakan alasan biaya pengiriman berbeda lalu unggah bukti foto yang menampilkan ketidaksesuaian biaya pengirimannya.

Baca juga: 9 Tips Jualan Online di Instagram

5. Jangan Lupa Kasih Review

Tokopedia
Foto: Blog Apruve

Ini yang terpenting, karena sangat membantu penjual untuk meningkatkan reputasi toko, yaitu memberikan review yang sesuai. Ulasan dari pembeli sangat dibutuhkan, karena salah satu alasan pengguna memutuskan membeli atau tidaknya dipengaruhi oleh review pelanggan sebelumnya.

Saat Anda terima paket pesanan yang dibeli online dan sudah memastikan kesesuaian produk yang diterima, jangan lupa untuk kasih bintang ke penjual yang sesuai.

“Ulasan pembeli bisa mendukung kemajuan belasan juta penjual di Tokopedia yang hampir 100% adalah UMKM,” ujar Ekhel.

Lebih lanjut, berbagai tips yang Tokopedia berikan kepada pengguna tak cuma untuk meningkatkan kepuasan konsumen saat berbelanja beragam kebutuhan secara online, tapi juga menjaga keberlangsungan bisnis para penggiat usaha lokal.

“Kami juga terus berkomitmen menjaga kelangsungan bisnis para pegiat usaha lokal dan mendorong pemulihan ekonomi nasional,” jelasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0