Samsung Tes Kecepatan Jaringan 6G, Tembus 6,2 Gbps!

Telset.id, Jakarta – Baru saja masyarakat dunia merasakan kencangnya kecepatan internet 5G, Samsung malah sudah melakukan uji coba jaringan 6G. Uji coba dilakukan bersama University of California, Santa Barbara (UCSB) dan hasil uji coba menunjukkan bahwa 6G memiliki menawarkan kecepatan internet yang sangat kencang.

Raksasa teknologi asal Korea Selatan ini menurunkan tim R&D mereka dalam uji coba jaringan 6G. Uji coba menggunakan pita frekuensi 140 GHz atau spektrum Terahertz (THz) dan pita lebar atau bandwidth 2 GHz.

Kata SVP di Samsung Research, Sunghyun Choi, spektrum THz bisa menjadi kekuatan baru untuk mendorong teknologi 6G. Pita THz diprediksi mampu mendukung jaringan 6G yang memiliki kecepatan internet 50 kali lebih kencang dari 5G dengan latensi yang rendah.

{Baca juga: Ukuran Layar Samsung Galaxy S22 Lebih Kecil dari Galaxy S21?}

Kecepatan 6G dinilai dapat mendukung pengalaman multimedia terbaik, seperti Extended Reality (XR), hologram 3D seluler, dan lain sebagainya. Oleh karenanya tujuan Samsung dan UCSB melakukan uji coba untuk mengetahui potensi spektrum THz untuk jaringan generasi keenam.

“Kami yakin peluang spektrum baru pada spektrum THz akan menjadi kekuatan pendorong teknologi 6G. Demonstrasi ini dapat menjadi tonggak utama dalam mengeksplorasi kelayakan penggunaan spektrum THz untuk komunikasi nirkabel 6G,” kata Sunghyun Choi.

Selain itu pengembangan jaringan 6G juga masuk dalam buku putih yang telah dirilis pada tahun 2020 lalu. Di buku tersebut sudah tertulis mengenai visi Samsung yang ingin menjadi terdepan dalam pengembangan 6G.

{Baca juga: Samsung Galaxy S21 FE Dukung Fast Charging 25W Seperti Galaxy S21}

“Samsung telah menjadi yang terdepan dalam inovasi teknologi dan standarisasi 5G dan 6G. Seperti yang kami bagikan dalam buku putih visi 6G kami tahun lalu,” tambahnya seperti dilansir Telset dari Samsung News Room pada Sabtu (19/6/2021).

Hasil Uji Kecepatan Jaringan 6G Samsung

Uji kecepatan jaringan 6G oleh Samsung menggunakan protipe yang terdiri dari 16-channel phased array transmitter dan receiver modules yang digerakan oleh Complementary metal-oxide-semiconductor (CMOS), Radio Frequency Integrated Circuits (RFIC), dan unit pita dasar.

Hasil dari uji coba menggunakan prototipe 6G menunjukkan bahwa kecepatan internet real-time jaringan ini mencapai 6,2 Gbps pada jarak 15 meter.

{Baca juga: Apple, Samsung dkk Kompak Kembangkan Teknologi 6G}

Menurut SVP Samsung Research America, Charlie Zhang, perusahaan akan terus melakukan penelitian lanjutan untuk menemukan potensi jaringan 6G untuk kepentingan umat manusia.

Samsung Uji Coba Kecepatan 6G
Ilustrasi jaringan 6G

“Peneliti Samsung dan UCSB akan terus mendorong batas-batas teknologi untuk membawa komunikasi 6G dan THz lebih dekat ke kenyataan,” ungkap Zhang.

Kita tunggu saja mengenai hasil penelitian Samsung mengenai jaringan 6G. Oh iya, bagi Anda yang ingin mengetahui informasi seputar HP Samsung terbaru dan merek lainnya bisa mengunjungi kanal Telset Gizmo. (NM/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0