Apple, Samsung dkk Kompak Kembangkan Teknologi 6G

Telset.id, Jakarta  – Meski 5G belum sepenuhnya diluncurkan di Amerika Serikat (AS), apalagi di seluruh dunia, Apple mencoba untuk mengembangkan teknologi 6G untuk seri iPhone generasi berikutnya.

Apple ambil bagian dalam sebuah aliansi yang tengah mengembangkan teknologi tersebut. Sekadar informasi, Apple baru saja merilis iPhone 12 berkemampuan 5G kendati akses belum merata.

Apple bergabung di Alliance for Telecommunications Industry Solutions (ATIS), beranggotakan kelompok perusahaan teknologi dan komunikasi besar yang ingin mengembangkan teknologi 6G untuk masa depan.

“Dirancang untuk menetapkan dasar bagi pasar dinamis bagi inovasi Amerika Utara dalam teknologi seluler generasi masa depan, Next G Alliance membangun jalur evolusi 5G dan pengembangan 6G,” ujar ATIS.

{Baca juga: China Resmikan Laboratorium 6G Super Canggih}

Menurut laporan Ubergizmo, seperti dikutip Telset, Senin (16/11/2020), program yang dijalankan ATIS akan mencakup siklus penelitian dan pengembangan, manufaktur, standardisasi, dan kesiapan pasar.

Sejauh ini, selain Apple, perusahaan yang terlibat dalam aliansi itu adalah Charter, Cisco, Google, Hewlett Packard Enterprise, Intel, AT&T, Bell Canada, Ciena, Ericsson, Facebook, InterDigital, dan JMA Wireless.

Tak cukup, Microsoft, Nokia, Qualcomm Technologies Inc, Samsung, T-Mobile, TELUS, Telnyx, UScellular, dan Verizon juga bergabung dalam aliansi yang berfokus kepada pengembangan 6G tersebut.

Fanboy Apple Percaya iPhone 12 Dukung 6G

Apple iPhone 12 6G
Foto: Macworld

Menurut survei yang dilakukan Decluttr, Apple Fanboy percaya iPhone yang mereka gunakan telah mendukung teknologi 6G. Baru-baru ini Decluttr mengadakan survei yang melibatkan 1.750 orang dewasa di Amerika Serikat (AS).

Berdasarkan survei, sebagian besar pengguna tidak terlalu peduli dengan perkembangan teknologi di iPhone 12.

Decluttr mengungkapkan, 53% responden menyatakan bahwa mereka berencana membeli iPhone 12. Namun, 42% di antara pengguna yang berencana membeli iPhone 12 ternyata tidak tahu kalau seri iPhone tersebut akan dibekali teknologi 5G.

{Baca juga: Survei: Apple Fanboy Percaya iPhone Dukung Teknologi 6G}

28% pengguna iPhone bahkan mengira kalau perangkat yang mereka pakai sudah berkemampuan 5G. Sementara 16% dari mereka malah percaya iPhone yang mereka gunakan sudah mendukung jaringan 6G yang bahkan sama sekali belum hadir.

“Ketika ditanya alasan soal peningkatan, sebanyak 32% mengatakan motivasi utama mereka adalah kebetulan membutuhkan peningkatan atau operator kebetulan menawarkan opsi untuk upgrade,” jelas CMO Decluttr, Liam Howley. (SN/MF)

SourceUbergizmo

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0