Telset.id, Jakarta – Memasuki tahun keempat kehadirannya, Mitra Tokopedia menggelar sebuah kampanye bertajuk #SemangatKu4t.
Diungkapkan Head of New Retail Tokopedia, Karina Susilo, kampanye #SemangatKu4t ini ditujukan untuk mengapresiasi mitra usaha tradisional, yang selama ini telah menggunakan aplikasi Mitra Tokopedia untuk memulai dan mengembangkan usaha.
“Lewat kampanye ini, Tokopedia mengadakan kompetisi Cerita Kampung Mitra Tokopedia dan telah memilih pemenang yang punya kisah paling inspiratif,” katanya dalam Virtual Media Briefing yang berlangsung hari ini, Selasa (1/11/2022).
Untuk diketahui, Mitra Tokopedia sendiri merupakan aplikasi bagi pegiat usaha tradisional, seperti pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya, untuk menstok barang dagangan fisik maupun digital, seperti pulsa, paket data, token listrik dan masih banyak lagi. Tak hanya lebih mudah, tetapi juga murah dan cepat.
BACA JUGA:
- Kolaborasi Tokopedia dan BUMN Dukung 30.000 UMKM Go Online
- Devcamp 2022, Upaya Lanjutan Tokopedia Cetak Talenta Digital
Lewat Mitra Tokopedia juga, selain berjualan, pemenang kompetisi Cerita Kampung Mitra Tokopedia sukses memberi dampak bagi lingkungan sekitar.
Pemilik Toko Si Kembar, Marfour Syam, misalnya, menyebut selalu ikut menyumbang di kegiatan Jumat Berkah yang diadakan di lingkungannya untuk berbagi rezeki kepada sesama.
Senada dengan Marfour, Titin Lestari pemilik Toko Gibran juga kerap telah membantu lingkungan sekitar dengan memfsilitasi warga yang ingin menitipkan barang dagangan di tokonya.
“Sebagai bentuk penghargaan, kami akan melakukan renovasi warung atau toko para pemenang agar mereka lebih semangat dalam menjalankan usaha,” tambah Karina.
Kisah Inspiratif Pemenang Cerita Kampung Mitra Tokopedia
Marfour Syam, pemilik Toko Si Kembar (Bogor, Jawa Barat), menggunakan aplikasi Mitra Tokopedia sejak 2018 untuk mencari pendapatan tambahan karena suaminya terpaksa berhenti bekerja. Berkat Mitra Tokopedia, Marfour tidak perlu mengeluarkan modal untuk mulai berjualan produk digital.
Produk digital yang paling banyak dibeli oleh pelanggannya antara lain pulsa telepon, paket data, voucher games dan token listrik. Jika ada keuntungan lebih, Marfour selalu ikut menyumbang di kegiatan Jumat Berkah yang diadakan di lingkungannya untuk berbagi rezeki kepada sesama.
“Berkat Mitra Tokopedia, saya tidak perlu mengeluarkan modal untuk mulai berjualan produk digital seperti pulsa atau paket data. Saya juga sangat terbantu dalam mengatur pembukuan dan mencatat utang pelanggan dengan adanya fitur Catat Hutang di aplikasi Mitra Tokopedia. Jika ada keuntungan lebih dari berjualan, saya selalu berbagi rezeki kepada sesama,” kata Marfour.
Kisah yang tak kalah inspiratif diungkap pemilik toko kelontong Titin Lestari. Melalui tokonya yang dipanggil Toko Gibran (Medan, Sumatra Utara), Titin yang mendirikan warung di 2017 dan bergabung menggunakan Mitra Tokopedia pada 2019, sukses meraih omzet berkali-kali lipat paska keikutsertaannya.
Ia menggunakan fitur Grosir untuk menstok sembako dan fitur Produk Digital di Mitra Tokopedia untuk berjualan produk digital, seperti pulsa, token listrik, paket data dan pembayaran tagihan angsuran kredit.
BACA JUGA:
- Dengan Dukungan Tokopedia, Brand Fesyen Lokal Tembus Pasar Dunia
- Tokopedia Marketing Solutions Berikan Solusi Maksimalkan E-commerce
Alhasil, sejak bergabung menggunakan Mitra Tokopedia, omzet harian warung Titin bisa mencapai jutaan rupiah, dua kali lipat dibanding sebelum menggunakan Mitra Tokopedia. Toko yang kini lebih ramai pun lantas dimanfaatkan Titin untuk membantu warga sekitar yang ingin menitipkan barang dagangan.
“Omzet warung saya bisa mencapai jutaan rupiah per hari, meningkat dua kali lipat semenjak pakai aplikasi Mitra Tokopedia. Warung juga jadi lebih ramai, jadi saya bisa bantu warga–yang tidak punya tempat jualan–untuk menitipkan barang dagangan mereka,” pungkas Titin.