Kolaborasi Tokopedia dan BUMN Dukung 30.000 UMKM Go Online

Telset.id – Tokopedia kembali menunjukkan dukungannya kepada UMKM lokal, dengan bergabung dalam program 30.000 UMKM BUMN Go Online. Salah satu bentuk dukungan yang diberikan Tokopedia adalah membantu pendaftaran NIB untuk 2.000 UMKM Binaan BUMN.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni menjelaskan beberapa bentuk dukungan yang diberikan Tokopedia dalam kolaborasi dengan Kementerian BUMN di program 30.000 UMKM BUMN Go Online. 

Dukungan yang diberikan misalnya memberikan pelatihan kepada para pegiat UMKM binaan Kementerian BUMN untuk memulai dan mengembangkan bisnis bersama Tokopedia. 

Selain itu, Tokopedia juga memberikan bantuan kepada ribuan UMKM untuk melakukan pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB), dimana tercatat sudah ada 2.000 UMKM Binaan BUMN yang mendaftar. 

BACA JUGA:

“Dengan memiliki NIB, UMKM akan lebih mudah mengakses program bantuan atau pendampingan dari pemerintah, akses permodalan, serta mendapat perlindungan usaha secara hukum,” kata Astri Wahyuni.

Ia menambahkan, lewat kolaborasi ini Tokopedia juga berharap bisa membantu tumbuh-kembang UMKM lokal yang menjadi penyokong >60% PDB Indonesia.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir menekankan bahwa betapa pentingnya UMKM dalam konstelasi perekonomian nasional. Menurutnya, UMKM adalah mayoritas ekonomi Indonesia, sekaligus pencipta lapangan kerja.

“Dunia sekarang sudah sangat berubah, kalau kita tidak beradaptasi, tidak mengerti digital, nanti kita tidak akan maju. Karena digital ini akan membuat lapangan pekerjaan berubah dan jenis usaha berubah. Kita harus saling membantu, kalau tidak kita hanya jadi penonton saja, apalagi di era digital seperti sekarang,” jelas Erick.

Sebagai bentuk dukungan kepada UMKM, Kementerian BUMN dan BUMN menyalurkan pembiayaan untuk UMKM senilai Rp 386 triliun, dimana 92% di antaranya berasal dari bank-bank BUMN. 

Selain itu, pelatihan online secara gratis dan asistensi kepada 30.000 pelaku UMKM BUMN di seluruh Indonesia juga dilakukan dengan menggandeng sejumlah e-commerce Tanah Air, salah satunya Tokopedia.

Adapun pelatihan ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan pelaku UMKM dalam menjalankan model bisnis dari usahanya. Pelatihan akan diberikan secara bertahap selama 3 bulan mulai dari Agustus sampai Oktober. Para ahli di bidang e-commerce akan mengajar sebanyak 500 UMKM di setiap kelas tiap harinya. 

BACA JUGA: 

“Saya meminta semua BUMN dan 248 rumah BUMN supaya ada pelatihan go modern, agar produk UMKM-nya lebih bagus, desain dan rasa mesti juga dilatih agar dapat go digital,” pungkas Erick.

Sebagai informasi, sebelumnya tercatat sebanyak 20.000 UMKM berhasil Go Online, sehingga setelah kegiatan ini berjalan jumlah UMKM binaan BUMN yang Go Online akan berjumlah 50.000 UMKM. [IF/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI