Tokopedia Marketing Solutions Berikan Solusi Maksimalkan E-commerce

Telset.id – Tokopedia menghadirkan Tokopedia Marketing Solutions. Tujuannya untuk mempermudah mitra strategis, khususnya pelaku bisnis di Indonesia dari berbagai skala, dalam memaksimalkan potensi platform e-commerce dalam strategi pemasarannya.

Menurut VP of Marketing Solutions Tokopedia, Edwin Chayadi, Tokopedia Marketing Solutions merupakan solusi pemasaran menyeluruh dari Tokopedia untuk membantu pelaku bisnis mencapai tujuan promosi dan menghasilkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Para pelaku bisnis di Indonesia bisa mendapatkan berbagai keuntungan, termasuk menjangkau lebih banyak pengguna Tokopedia yang tersebar di 99% kecamatan, presence di seluruh consumer purchase journey, mulai dari saat konsumen mengeksplor halaman utama Tokopedia, mencari produk, ataupun dari media sosial Tokopedia.

BACA JUGA:

“Tokopedia Marketing Solutions juga bisa membantu pelaku bisnis menargetkan iklan ke profil konsumen yang tepat lewat pemanfaatan data konsumen sesuai regulasi yang berlaku serta prinsip keamanan dan perlindungan data pribadi,” katanya.

Serta, always-on-marketing, yang memberikan kemudahan dalam membuat, mengelola, dan memaksimalkan iklan dengan teknologi sehingga pelaku bisnis bisa lebih fokus mengembangkan usahanya.  

“Pelaku bisnis di Indonesia bisa memanfaatkan berbagai kanal promosi yang ditawarkan Tokopedia Marketing Solutions untuk mengembangkan bisnis,” tambah Edwin.

Adapun cara tersebut dapat ditempuh dengan promosi di halaman utama Tokopedia, menggunakan fitur beriklan ‘TopAds’ agar produk tampil teratas di halaman pencarian, dan beriklan di fitur Pencarian.

Ada pula fitur iklan di halaman Notifikasi dan Pesan, yang mencakup Broadcast Chat (untuk mempromosikan produk langsung di inbox/kotak masuk pengguna), Push Notifications (penjual bisa mengirim pesan promosi untuk mengarahkan calon pembeli ke halaman toko) dan Notification Center (promosi akan muncul di halaman notifikasi pengguna).

Penjual yang menggunakan solusi ini juga bisa beriklan dalam sebuah permainan interaktif, seperti Tap Tap Kotak, yang berhadiah kupon atau cashback, mempromosikan produk/toko melalui tayangan di kanal streaming Tokopedia Play, serta memaksimalkan media sosialnya menggunakan Collaborative Ads bersama Tokopedia. 

Keuntungan yang ditawarkan Tokopedia Marketing Solutions terbukti efektif. Tokopedia mencatat, per semester I 2022, Tokopedia Marketing Solutions mengalami pertumbuhan nilai investasi iklan sebesar 17 kali lipat, dan pertumbuhan jumlah mitra strategis dari penjual berskala menengah sampai besar sebanyak 30 kali lipat.

Solusi ini terbukti telah memberi banyak manfaat bagi para pelaku bisnis di Indonesia, dari beragam skala dan kategori. Sebagai contoh, sebuah brand fesyen berhasil mendapatkan peningkatan sebesar 103% pada rata-rata jumlah pesanan. 

BACA JUGA:

Ada juga sebuah perusahaan FMCG yang memperoleh 146% peningkatan pendapatan dan peningkatan jumlah pemesanan 169%; serta brand makanan dan minuman yang mendapatkan peningkatan pendapatan rata-rata sebesar 156% dan 279% pada rata-rata jumlah pemesanan.

“Ke depannya, Tokopedia Marketing Solutions akan terus berupaya membantu pelaku bisnis di Indonesia dari berbagai skala dan kategori, untuk mengakselerasi performa bisnis mereka di Tokopedia guna membantu pemulihan ekonomi nasional lewat pemanfaatan kanal digital,” tutup Edwin. [IF/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI