telset
spot_img

Jelang Liburan Akhir Tahun, Netizen Berbondong Ramaikan Twitter

Telset.id, Jakarta – Tidak terasa liburan akhir tahun 2021 sudah semakin dekat. Netizen pun sudah mulai meramaikan Twitter dengan berbagai topik mengenai liburan akhir tahun.

Menurut laporan Twitter, percakapan mengenai liburan akhir tahun bahkan sudah dimulai sebelum memasuki bulan Desember.

Riset Twitter terkait liburan ini mengungkapkan, bahwa 50% orang Indonesia masih khawatir untuk berkumpul di tengah keramaian, tapi mereka tetap menyambut musim liburan dengan penuh harapan dan semangat.

Baca Juga: Twitter Izinkan Orang Dengarkan Spaces Tanpa Akun

Bagi sejumlah orang, musim liburan identik dengan memberikan hadiah, belanja dekorasi rumah, dan juga aktivitas lainnya yang tidak hanya berkaitan dengan kegiatan berbelanja tapi juga yang menghidupkan semangat musim liburan di situasi pandemi saat ini.

Semangat ini ditunjukkan dengan lebih dari 8 juta Tweet terkait musim liburan di kawasan Asia Tenggara, yang membahas berbagai macam topik: mulai dari ulasan pelanggan, rekomendasi penawaran terbaik, dan percakapan lainnya.

Baca Juga: Preview Tautan Instagram Hadir Lagi di Twitter

Temuan tersebut menunjukkan mengapa Twitter menjadi tempat paling tepat bagi konsumen dan brand untuk mengikuti dan menjadi bagian dari apa yang sedang ramai dibicarakan selama musim liburan.

Twitter mengungkap beberapa insight berdasarkan percakapan seputar belanja di musim liburan di Indonesia.

Netizen Mulai Cari Hadiah Tahun Baru di Twitter

Percakapan mengenai musim liburan justru semakin ramai di Twitter menjelang akhir tahun. Pada tahun 2020, terdapat lebih dari 2,3 juta Tweet terkait musim liburan yang sudah terlihat sejak pertengahan bulan November.

Percakapan seputar belanja dan ide-ide hadiah untuk perayaan Natal sudah dimulai sejak pertengahan bulan November, kemudian diramaikan dengan saling mengucapkan hari raya Natal hingga perayaan tahun baru.

Percakapan di Twitter ini mencerminkan alur bagaimana orang merencanakan apa yang mereka ingin beli atau siapkan untuk musim liburan.

Baca Juga: Hapus dan Blokir Akun Pengganggu di Twitter Kian Mudah

Dengan berlanjutnya PPKM dan sebanyak 46% orang Indonesia masih memilih untuk berbelanja online saat musim liburan, orang datang ke Twitter untuk mencari inspirasi.

Riset ini juga menemukan, bahwa 31% orang Indonesia kesulitan untuk mencari hadiah yang sesuai, sehingga mereka datang ke Twitter untuk mendiskusikan barang yang ingin mereka beli saat musim liburan akhir tahun.

Baca Juga: Cara Menggunakan Fitur Tipping Bitcoin di Twitter

Di Indonesia, 43% pembeli ingin melihat penawaran dari brand, 28% lainnya ingin melihat rekomendasi hadiah dari brand, dan 50% ingin melihat konten-konten lucu di Twitter.

Selain itu, kategori produk yang dibeli juga bervariasi – mulai dari makanan dan minuman, produk perawatan pribadi, fashion dan aksesoris, hingga produk teknologi. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi konsumen Indonesia saat membeli produk teknologi; yaitu harga (69%) dan spesifkasi produk (62%). (HR/IF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0