Ini Kategori Produk Paling Laris di Tokopedia pada Semester I 2022

Telset.id, Jakarta – Tokopedia mengungkap tren belanja di sepanjang semester I 2022. Kategori Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, Fesyen, Kesehatan dan Elektronik menjadi beberapa kategori produk paling laris di Tokopedia.

Sementara produk minyak dan buah menjadi produk harian yang paling banyak dibeli. Demikian diungkap Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Selain produk paling laris di Tokopedia itu, ada juga deretan inisiatif Tokopedia lainnya, seperti Home Living SALEbrations, Tokopedia Nyam!, Cantik Fest, Tokopedia Peduli Sehat dan Tokopedia Tekno, yang turut menciptakan temuan menarik seputar perilaku belanja online masyarakat Indonesia.

“Contohnya, transaksi paling jauh yang terjadi di Tokopedia sepanjang semester I 2022 adalah dari Bandung ke Jayapura,” jelas Ekhel Chandra Wijaya dalam keterangannya kepada Telset.id.

BACA JUGA:

Melihat tren ini, Tokopedia pun berupaya menghadirkan berbagai inisiatif, salah satunya Hyperlocal. Dimana teknologi geo-tagging sangat berperan dalam mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat. 

Dengan begitu, belanja produk kebutuhan harian bisa lebih efisien karena ongkir lebih terjangkau dan pegiat usaha lokal di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh.

Sejumlah wilayah tercatat mengalami peningkatan jumlah pembeli paling tinggi di Tokopedia selama semester I 2022 dibandingkan semester II 2021, sebagai buntut dari inisiatif Hyperlocal. Adapun wilayah tersebut meliputi Asmat, Tual, Jeneponto, Takalar dan Bantaeng. 

Tokopedia juga mencatat wilayah dengan peningkatan transaksi antar pulau paling tinggi selama semester I 2022, terjadi antara Sulawesi-Papua, Papua-Jawa serta Papua-Bali dan NTT. Sementara beberapa wilayah dengan peningkatan transaksi paling tinggi adalah Pegunungan Bintang, Humbang Hasundutan, Jayawijaya, Takalar hingga Keerom.

Tokopedia Play Bantu Pegiat Usaha Lokal

Produk Paling Laris di Tokopedia
Tokopedia Play bantu pegiat usaha lokal (Foto: Tokopedia)

Sejak diluncurkan pada 2020, kanal video streaming ‘Tokopedia Play’ terus memberikan panggung seluas-luasnya bagi pegiat usaha lokal dan menjadi penghubung antara penjual dan pembeli untuk memenuhi kebutuhan dengan lebih aman dan nyaman sekaligus interaktif dan menghibur.

Diungkapkan Head of Content Marketing Platform Affiliate and Play, Nirmala Rahmawati Hapsari, pada kuartal II 2022 terjadi peningkatan transaksi lewat Tokopedia Play sebesar hampir 1,5 kali lipat jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Lewat Tokopedia Play, masyarakat bisa menikmati berbagai tayangan seru, seperti live shopping, olahraga, memasak dan masih banyak lagi. 

“Inisiatif ini merupakan upaya kami untuk terus relevan dengan kebutuhan dan perilaku masyarakat di era social commerce, dimana masyarakat cenderung mencari informasi atau inspirasi sambil berbelanja atau sebaliknya,” imbuh Nirmala.

BACA JUGA:

Berbagai manfaat juga bisa didapatkan para penjual, termasuk peluang promosi, membangun brand awareness, meningkatkan engagement toko dan penjualan, hingga dapat mengikuti berbagai kampanye dari Tokopedia Play untuk menggaet perhatian calon pembeli.

Untuk diketahui, selama semester I 2022, sejumlah kategori produk termasuk Kecantikan, Kesehatan, Perawatan Tubuh, Makanan dan Minuman, serta Rumah Tangga menjadi yang paling laris di Tokopedia Play. Sementara live shopping yang paling banyak ditonton adalah Ramadan Ekstra, Cantik Fest TV Show, dan Diskonvaganza.

“Temuan yang juga menarik, salah satu pembelian tercepat pada Tokopedia Play terjadi dalam waktu 1,37 detik,” pungkas Nirmala. [IF/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI