Lewat START Summit, Tokopedia Majukan Talenta Digital Tanah Air

Telset.id, Jakarta – Tokopedia kembali menggelar konferensi teknologi tahunan START Summit pada 16 Juli 2022. Mengusung tema “Driving Innovation at Scale”, konferensi ini menjadi salah satu upaya perusahaan dalam memajukan talenta digital dan industri teknologi tanah air. 

Diungkapkan Founder and Vice Chairman Tokopedia, Leontinus Alpha Edison, dalam konferensi pers pada Jumat (15/7/2022), lewat START Summit Tokopedia akan berbagi cerita dan pengalaman mendorong inovasi dalam skala besar untuk menjawab berbagai tantangan, khususnya pandemi.

Berbagai inovasi Tokopedia sendiri, ia menambahkan, tidak lepas dari kolaborasi bersama para mitra strategis, salah satunya talenta digital. 

BACA JUGA:

“Kami percaya, dibutuhkan talenta terbaik untuk menciptakan produk dan layanan terbaik, yang dapat mempermudah kehidupan masyarakat, maka Tokopedia fokus mengembangkan talenta digital melalui berbagai upaya, salah satunya START Summit,” katanya.

 Adapun tujuan dari START Summit adalah meningkatkan kuantitas dan kualitas talenta digital Indonesia serta memajukan industri teknologi nasional agar semakin mampu bersaing di kancah global. 

“Upaya ini juga sejalan dengan komitmen pemerintah dalam memenuhi kebutuhan akan 9 juta talenta digital dan mencapai target 113 juta talenta digital pada tahun 2030 mendatang,” tambah Leontinus.

Untuk diketahui, START Summit merupakan salah satu inisiatif di bawah naungan Tokopedia Academy, sebuah wadah untuk mengasah kemampuan talenta digital Indonesia, sekaligus upaya Tokopedia mewujudkan pemerataan pengetahuan lewat teknologi.

Hingga kini, Tokopedia Academy telah menyelenggarakan sederet program, termasuk konferensi teknologi untuk talenta digital perempuan START Women in Tech, berbagi pengetahuan seputar pengalaman pengguna lewat START CX First Summit, kerja sama dengan universitas untuk pembuatan pusat AI, modul perkuliahan hingga Tokopedia Goes to Campus dan masih banyak lagi.

Selain itu, Tokopedia Academy juga bersinergi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melalui SIBERKREASI, mengadakan Tokopedia NextGen. Ada pula program Magang Bersertifikat dan Hackathon DevCamp berkolaborasi dengan Kampus Merdeka Kemendikbud Ristek RI.

Bertabur Pegiat Teknologi di START Summit

Dalam konferensi kali ini, setidaknya lebih dari 50 pembicara ahli – termasuk Leontinus, CTO Tokopedia Herman Widjaja, COO Tokopedia Melissa Siska Juminto, SVP of Data Protection and Privacy Office Tokopedia Leny Suwardi – akan ambil bagian untuk memaparkan cerita di balik inovasi Tokopedia.

Dalam hal ini baik yang berkaitan dengan Core Engineering, Data, Infrastructure and Productivity, Front-End, maupun Security/Data Protection and Privacy Office/Risk. 

“Lewat Tokopedia Academy, dalam hal ini START Summit, seluruh pegiat teknologi di Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk belajar, berkolaborasi dan mendapatkan kurikulum yang relevan terkait teknologi, langsung dari para ahli di bidangnya,” ungkap Tika Widiati, Software Engineer Lead Tokopedia, yang akan berbagi ceritanya mengenai API Monitoring di START Summit 2022.

BACA JUGA:

Sementara itu, Engineering Manager Tokopedia, M. Ilham Jamaludin, yang akan membahas mengenai Stabilitas Aplikasi pada START Summit 2022, menjelaskan jika peserta START Summit 2022 bisa memperoleh ilmu berdasarkan praktik nyata Nakama (sebutan karyawan Tokopedia), berbagi ide inovasi yang solutif, serta networking dengan sesama pegiat teknologi hingga para ahli.

START Summit 2022 dapat diakses masyarakat dengan melakukan registrasi melalui situs Tokopedia Academy, serta bisa disaksikan secara daring melalui kanal video streaming Tokopedia Play, Official YouTube Tokopedia dan Inside Tokopedia, serta website Tokopedia Academy.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0