Google Lens Bakal Bisa Baca Tulisan Tangan Dokter

Telset.id, Jakarta – Google memberikan peningkatan kemampuan terhadap Google Lens, sehingga aplikasi tersebut bakal bisa membaca tulisan tangan dokter yang dikenal rumit, dengan bentuknya yang tidak jelas, dan terkesan acak-acakan.

Google Lens adalah aplikasi yang mampu mencari informasi sebuah benda atau bangunan hanya dengan mengarahkan kamera smartphone ke benda atau bangunan tertentu.

Lens dapat pula memindai tulisan tangan, memindai QR code dan lain sebagainya. Lens sudah bisa diunduh di Play Store, kini banyak digunakan oleh pengguna untuk mencari tahu informasi yang ada di sekeliling mereka.

Namun di masa depan Google akan meningkatkan kemampuan di Google Lens, yaitu dengan membuatnya mampu membaca tulisan tangan dokter.

Fitur membaca atau memindai tulisan dokter ini diungkap Google di ajang Google for India pada Senin (19/12/2022).

Perusahaan asal Amerika Serikat itu mengatakan kalau pihaknya sedang bekerja dengan apoteker untuk mengeksplorasi cara-cara menguraikan tulisan tangan dokter. Pasalnya tulisan tangan dokter kerap terurai di dalam resep, dan apoteker adalah sosok yang mampu mengartikan tulisan tangan dokter yang terkesan acak-acakan itu.

BACA JUGA:

Meski fitur ini unik dan bakal berguna. tetapi pengguna Lens harap bersabar. Sebab, fitur baca tulisan tangan dokter merupakan prototipe penelitian dan belum siap untuk umum, namun cara kerja fitur membaca tulisan tangan dokter cukup mudah.

Dikutip Telset dari Tech Crunch pada Rabu (21/12/2022), pengguna cukup memfoto tulisan menggunakan Lens, atau mengambilnya dari galeri smartphone. Berikutnya aplikasi Google Lens akan mendeteksi dan menyoroti obat-obatan yang disebutkan dalam catatan.

“Ini akan bertindak sebagai teknologi untuk mendigitalkan dokumen medis tulisan tangan. Akan tetapi,  tidak ada keputusan yang bisa dibuat hanya berdasarkan output yang disediakan oleh teknologi ini,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

BACA JUGA:

Sekedar informasi, Google for India adalah acara tahunan perusahaan di pasar Asia Selatan, di mana Google menampilkan lusinan perkembangan baru.

Selain teknologi pembaca tulisan tangan dokter, Google juga mengatakan sedang mengerjakan satu model terpadu yang bisa mengartikan ucapan dan teks 100 bahasa di India. Tujuannya untuk memudahkan pengguna Google di India dalam mengakses berbagai aplikasi buatan Google. [NM/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0