Cara Menggunakan Fitur Google Lens di Pencarian Google

Telset.id – Fitur Google Lens kini sudah tersedia di kotak pencarian Google. Google Lens adalah fitur yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah objek agar bisa mendapat informasi yang terkait.

Sebagai pengingat, Google Lens sudah diluncurkan sejak tahun 2017 silam, yang awalnya sebagai fitur eksklusif untuk seri smartphone buatan Google, yaitu seri Pixel.

Setelah itu, pada tahun 2018 Google membawa fitur Lens ke semua perangkat dengan sistem operasi Android dan iOS melalui aplikasi Google Foto.

Sementara itu, layanan identifikasi melalui foto kini telah tumbuh dan berkembang pesat, sehingga Google memasukan fitur ini di halaman berandanya.

Mengutip Rajan Patel, Wakil Presiden Teknik Google untuk Search, Image Search, dan Lens mengatakan, bahwa laman beranda sebenarnya tidak sering mengalami perubahan yang signifikan.

Dan asal tahu saja, mulai hari ini Google ada sedikit memberikan perubahan pada tampilan laman pencariannya, dengan menambahkan ikon Google Lens, berdampingan dengan ikon mikrofon di dalam kotak telusur Google.

Dengan begitu, sekarang Anda sudah bisa menggunakan fitur Google Lens di kotak pencarian Google. Belum tahu cara pakainya? Tenang. Telset akan kasih tips cara menggunakan Google Lens di pencarian Google.

Cara Menggunakan Fitur Lens di Google

  • Buka aplikasi Google di web atau HP Android. Untuk pengguna iOS, Anda dapat menginstall Google di halaman App Store. jika belum memilikinya

Cara Menggunakan Google Lens

  • Klik icon bingkai kamera dengan titik bulat di tengahnya untuk menggunakan fitur Google Lens. Lalu klik > upload a file, untuk mengunduh foto atau gambar dari galeri di perangkat Anda.

Cara Menggunakan Google Lens

  • Selain dengan cara upload file dari perangkat Anda, cara lainnya bisa dengan memasukan image link ke dalam kotak pencarian, lalu klik > Search
  • Setelah itu Anda akan masuk ke galeri di perangkat Anda, lalu pilih salah satu gambar yang Anda inginkan, atau foto objek yang ingin kamu cari menggunakan Google Lens

Cara Menggunakan Google Lens

Voila! Google akan menampilkan hasil pencarian foto yang kamu tangkap menggunakan kecerdasan buatan Google Lens.

Fitur-fitur Google Lens Terbaru

Ada beberapa fitur Google Lens yang bisa Anda gunakan, selain untuk mengidentifikasi gambar atau foto seperti yang kami terangkan di atas. Berikut daftar lengkap fitur-fitur Google Lens yang dapat memudahkan kamu dalam mencari informasi lewat gambar:

1. Pindai dan Terjemahkan Tulisan

Anda bisa menerjemahkan sebuah kalimat yang ada di gambar dengan menggunakan Google Lens. Misalnya kalimat-kalimat bahasa asing yang ada di papan iklan atau billboard, atau di sebuah majalah atau buku.

Saat Anda melihat tulisan di billboard atau papan iklan, Anda tidak perlu capek-capek mengetik kalimat di papan iklan atau billboard itu lalu menerjemahkannya. Anda cukup gunakan Google Lens untuk memotret tulisan kalimat di gambar tersebut dan menerjemahkannya secara otomatis ke dalam bahasa pilihan Anda.

2. Identifikasi Hewan dan Tumbuhan

Saat Anda melihat hewan atau tumbuhan di sekitar Anda tapi tidak mengetahui namanya, Anda bisa menggunakan Lens untuk mengetahui nama spesies dan penjelasan tentang hewan atau tumbuhan yang Anda foto.

3. Jelajahi Tempat

Jika Anda melihat foto-foto pemandangan indah di lokasi wisata di suatu negara tapi tidak tahu namanya, Anda juga bisa memanfaatkan Lens. Aplikasi ini akan memberitahu Anda perkiraan lokasi dari foto tersebut.

4. Temukan Produk Sejenis

Senang dengan sebuah barang ataupun furniture di saat kamu lagi di keramaian? anda bisa menanyakan pada Google Lens. Caranya, Anda hanya perlu memotret produk yang diinginkan, dan selanjutnya Google Lens akan menampilkan deskripsi serta link untuk membeli produk serupa dari marketplace, seperti Tokopedia, Blibli, Amazon, dll.

Nah, itulah tadi tutorial lengkap bagaimana cara menggunakan Google Lens lewat web Chrome Browser ataupun aplikasi Google Search di perangkat HP Android. Selamt mencoba. [FY/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI