telset

Yahh… Facebook dan Instagram Gangguan Lagi

Telset.id, Jakarta – Dalam seminggu, Facebook dan Instagram mengalami gangguan sebanyak 2 kali. Diketahui, kedua media sosial yang populer ini down pada hari Senin (4/10/2021) dan Sabtu (9/10/2021) kemarin.

Dilansir Telset dari Engadget pada Minggu (10/10/2021), gangguan kemarin diumumkan oleh Facebook dan Instagram melalui Twitter. Di akun @Facebook, perusahaan mengaku terjadi gangguan pada Sabtu (9/10/2021).

“Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk kami. Kami sedang berupaya agar semuanya kembali normal secepat mungkin dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” ujar Facebook. 

Baca juga: Layanan Google dkk Down, Warganet Heboh 

“Kami tahu beberapa dari Anda mungkin mengalami beberapa masalah saat menggunakan Instagram saat ini. Kami sangat menyesal dan bekerja secepat mungkin untuk memperbaikinya,” ungkap Instagram di waktu yang bersamaan.

Berbeda dengan gangguan pada Senin (4/10/2021), layanan Facebook dan Instagram yang down sepertinya tidak berdampak luas dan cuma terjadi selama 2 jam saja. Setelah itu diumumkan bahwa layanan Facebook dan Instagram telah berfungsi normal.

“Kami sangat menyesal jika Anda tidak dapat mengakses produk kami selama beberapa jam terakhir. Kami tahu seberapa besar Anda bergantung pada kami untuk berkomunikasi satu sama lain. Kami memperbaiki masalah ini — sekali lagi terima kasih atas kesabaran Anda minggu ini,” jelas Facebook. 

“Semuanya telah diperbaiki, dan semuanya harus kembali normal sekarang. terima kasih telah mendukung kami (dan untuk semua meme minggu ini),” tutur Instagram.  

Facebook Group Down Awal Pekan Ini 

Facebook Instagram Down

Sebelumnya awal pekan ini Facebook, Instagram dan WhatsApp down. Gangguan terjadi sejak Senin (4/10/2021), sampai Selasa pagi (5/10/2021), dengan durasi lebih dari 5 jam. Gangguan membuat pengguna menjerit karena dirasakan di banyak negara.

Ketika itu situs down detector menerima puluhan ribu laporan mengenai gangguan pada ketiga aplikasi tersebut. Lalu saat layanan mulai pulih Facebook mengungkapkan gangguan pada layanannya.

Ternyata penyebab gangguan berasal dari router backbone Facebook. Terjadi perubahan konfigurasi yang salah sistem router backbone. Hal ini yang menyebabkan Facebook, WhatsApp dan Instagram tidak bisa dibuka.

Baca juga: Penyebab Facebook, Instagram dan WhatsApp Down

“Tim teknik kami telah mengetahui bahwa perubahan konfigurasi pada router backbone yang mengkoordinasikan lalu lintas jaringan antara pusat data kami menyebabkan masalah yang mengganggu komunikasi ini,” tutur Facebook.

“Gangguan pada lalu lintas jaringan ini memiliki efek berjenjang pada cara pusat data kami berkomunikasi, sehingga menghentikan layanan kami,” sambungnya.

Gangguan yang terjadi sebanyak 2 kali dalam seminggu, menambah daftar insiden gangguan yang terjadi oleh beberapa aplikasi di ekosistem Facebook. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0