telset

Ini Penyebab Facebook, Instagram dan WhatsApp Down

Telset.id, Jakarta – Facebook menjelaskan penyebab WhatsApp, Instagram dan Facebook down pada Selasa malam. Ternyata, penyebab gangguan tersebut karena adanya perubahan konfigurasi router backbone yang salah, sehingga menyebabkan layanan tidak bisa dibuka. 

Dilansir Telset dari engineering.fb.com pada Selasa (5/10/2021), Facebook meminta maaf kepada pengguna, serta rekan bisnis akibat gangguan pada WhatsApp, Instagram dan Facebook down sehingga menyebabkan eror dan tidak bisa dibuka

“Kepada semua orang dan bisnis di seluruh dunia yang bergantung pada kami, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang disebabkan oleh pemadaman hari ini di seluruh platform kami,” tulis Facebook. 

Baca juga: Facebook, Instagram dan WhatsApp Down

Saat ini Facebook mengklaim bahwa semua layanan telah pulih, dan perusahaan telah menemukan penyebab eroe dari gangguan di layanan mereka kemarin. 

“Kami telah bekerja sekeras yang kami bisa untuk memulihkan akses, dan sistem kami sekarang telah kembali aktif dan berjalan,” jelasnya. 

Penyebab Facebook, WhatsApp, Instagram Gangguan

Penyebab gangguan Facebook Instagram WhatsApp Down

Berdasarkan hasil pemeriksaan oleh tim teknik Facebook, ternyata penyebab gangguan berasal dari router backbone Facebook. Terjadi perubahan konfigurasi yang salah sistem router backbone. Hal ini yang menyebabkan Facebook, WhatsApp dan Instagram tidak bisa dibuka. 

“Tim teknik kami telah mengetahui bahwa perubahan konfigurasi pada router backbone yang mengkoordinasikan lalu lintas jaringan antara pusat data kami menyebabkan masalah yang mengganggu komunikasi ini,” tutur Facebook. 

“Gangguan pada lalu lintas jaringan ini memiliki efek berjenjang pada cara pusat data kami berkomunikasi, sehingga menghentikan layanan kami,” sambungnya. 

Facebook membantah rumor jika gangguan berasal dari penyusup yang masuk ke dalam sistem server. Dijelaskan bahwa penyebab gangguan pada senin malam kemarin diakibatkan oleh perubahan konfigurasi yang salah, bukan sebab yang lain. 

Baca juga: WhatsApp, Instagram dan Facebook Mulai Pulih

“Kami ingin memperjelas saat ini bahwa kami yakin akar penyebab pemadaman ini adalah perubahan konfigurasi yang salah. Kami juga tidak memiliki bukti bahwa data pengguna telah disusupi sebagai akibat dari waktu henti ini,” tegas Facebook. 

Tim Telset telah menghubungi Communication Lead Facebook Indonesia, Putri Dewanti serta Manajer Komunikasi Instagram Asia Pasifik, Putri Silalahi. Namun sayangnya belum ada tanggapan dari mereka sampai sekarang. 

Sebelumnya pada Senin malam (4/10/2021), Facebook, Instagram dan WhatsApp tidak bisa dibuka. Gangguan tersebut berlangsung 5 jam lebih dan terjadi di banyak negara termasuk Indonesia.

Gangguan ketiga aplikasi terkenal tersebut jadi perbincangan Tagar #WhatsAppDown atau #InstagramDown menggema di lini masa, diiringi oleh berbagai komentar warganet di media sosial Twitter. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0