Layanan Google dkk Down, Warganet Heboh di Medsos

Google Down

Telset.id, Jakarta– Layanan Google seperti Google Search, YouTube, Google Mail (Gmail), Google Meet dan Google Drive dilaporkan mengalami gangguan atau down. Gangguan tersebut membuat warganet heboh di media sosial seperti Twitter.

Laporan Google down dapat dilihat dari situs Down Detector pada Kamis (08/04/2021). Situs tersebut menerima laporan dari banyak pengguna internet yang menyatakan bahwa YouTube, Google, Gmail, Meet dan Drive tumbang.

Google Down

Masih melalui situs tersebut diprediksi gangguan terjadi sejak pukul 09.00 WIB hingga puncaknya sekitar pukul 11.00 WIB. Kemudian mengenai jumlah laporan untuk masing-masing layanan berbeda-beda.

{Baca juga: Google Sempat Down, Warganet Menjerit Tak Bisa Browsing}

Misalnya Down Detector menerima hingga 1020 laporan mengenai gangguan di YouTube. Gangguan yang terjadi seperti pengguna tidak bisa login akun, menyaksikan video dan mengakses situs YouTube.com dari smartphone atau PC mereka masing-masing.

Google Down

Kasus serupa terjadi juga di Google Search. Laporan terkait gangguan Google Search mencapai 679 laporan. Mayoritas laporan berasal dari pengguna yang mengaku tidak bisa melakukan login dan melakukan pencarian di situs tersebut.

Ekosistem Google lain yang down adalah Gmail. Laporan yang masuk ke Down Detector mencapai 168 laporan. Pengguna melaporkan bahwa Gmail down karena mereka tidak dapat melakukan login, membuka situs dan menerima pesan email.

{Baca juga: 10 Situs Mesin Pencari Selain Google, Browser Alternatif}

Layanan lain yang ikut tumbang adalah Google Meet. Merujuk pada situs Down Detector laporan mengenai Meet mencapai 273 laporan. Jenis gangguan yang terjadi adalah kualitas video menurun, pengguna kesulitan masuk ke ruang pertemuan dan kesulitan login.

Google Down

Terakhir adalah Google Drive. Laporan mengenai gangguan Drive mencapai 92 laporan dengan keluhan tidak bisa membuka membuka aplikasi dan melakukan sinkronisasi file di akun Drive mereka.

Warganet Heboh Google Down 

Gangguan pada Google membuat heboh warganet di media sosial. Dilansir Telset dari situs Trends24 pada Kamis (08/04/2021), kata kunci “Google” berada di posisi kesembilan dengan 679 ribu tweet.

Google Down

Mayoritas warganet sempat merasa bingung karena tidak bisa mengakses Google di ponsel ataupun laptop. Misalnya saja akun @babigemoy yang merasa bingung dan menduga jika gangguan ini berasal dari kualitas jaringan Indihome yang menurun.

“Saya kira indihome yg error, ternyata server Google, Youtube, G-Meet, dll yg sedang down,” cuit @babigemoy.

Selanjutnya ada juag dari akun @ianmaulana_ yang merasa dirugikan dengan gangguan kamis siang ini. Alasannya Ian sedang membutuhkan sekali layanan Google seperti Meet atau YouTube, namun terjadi gangguan.

“lagi genting-gentingnya mau meeting online tiba2 google down, brasa balik ke zaman purbakala gua,” keluh @ianmaulana_.

Keluhan dari Ian juga dirasakan oleh akun @nylanaul_. Akibat gangguan Google dirinya mengaku tidak bisa menyelesaikan pekerjaannya dengan tepat waktu.

“Menjelang puasa google down jadinya kerjaan gak beres-beres,” ujar @nylanaul_.

Terakhir ada juga akun @musdalifah551 yang bingung terkait gangguan layanan dari perusahaan pimpinan Sundar Pichai tersebut.

{Baca juga: 11 Fitur Google Docs Versi Terbaru 2021, Tips Menggunakannya}

“Barusan buka google dan youtube banyak tidak bisa diakses, ternyata ditwitter memang lagi ramai bahas google lagi down , pantesan dari tadi tidak bisa wkwk padahal buka ig,telegram dan yang lain lancar jaya,” tutup @musdalifah551.

Tim Telset kemudian mencoba untuk mengakses YouTube dan Gmail. Hasilnya Kedua layanan tersebut sudah bisa diakses dan membuktikan bahwa gangguan sudah berakhir dan layanan bisa diakses dengan normal. [NM/HBS]

 

Previous articleXiaomi Mi 11 vs Huawei Mate 40 Pro: Adu Kencang Smartphone Flagship
Next articleXL Luncurkan “Paket Akrab” untuk Keluarga, Ini Keunggulannya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here