Canggih! Amazon Klaim Robot Bertenaga AI Bantu Pemesanan Hingga 25%

Telset.id, JakartaAmazon kini mengklaim bahwa sistem robot bertenaga AI miliknya bisa membantu pemenuhan pemesanan konsumen hingga mencapai 25 persen.

Seperti yang sudah diketahui, saat ini Amazon telah mengintegrasikan sistem robotika baru ke dalam gudangnya untuk meningkatkan waktu pengiriman, keselamatan, dan pengoperasian secara umum. 

Teknologi robot bertenaga AI milik Amazon, yang dikenal sebagai Sequoia, dapat meningkatkan kecepatan pencarian dan penyimpanan produk hingga 75 persen dan pemenuhan pesanan hingga 25 persen, berdasarkan laporan dari Wall Street Journal. 

BACA JUGA:

Dilansir Telset dari Engadget pada Sabtu (21/10/2023), sistem robot AI ini telah diperkenalkan di salah satu gudang perusahaan yang berlokasi di wilayah Houston, Texas Amerika Serikat.

Robot AI Sequoia ini melibatkan kendaraan yang berfungsi untuk mengangkut sejumlah produk ke mesin sortir. Sequoia menggunakan lengan robot dan visi komputer untuk mengidentifikasi inventaris sebelum mengirimkannya ke para karyawan untuk dikirim ke konsumen. 

Salah satu klaim keselamatannya adalah bahwa proses ini memberikan pekerja barang-barang setinggi pinggang, sehingga menghilangkan kebutuhan bagi mereka untuk mengambil berbagai barang-barang yang berposisi di rak yang tinggi. 

Sequoia mengikuti pengenalan gudang Sparrow pada tahun 2022, lengan robot bertenaga AI ini dapat  secara langsung mengidentifikasi dan memindahkan produk yang telah tersisa setelah langkah ini.

Meskipun menyebut keselamatan sebagai motivator bagi Sequoia dan Sparrow, rekor Amazon tidak bagus dalam bidang ini.

Laporan tahun 2020 dari publikasi Reveal Center for Investigative Reporting menemukan bahwa, antara tahun 2016 dan 2019, karyawan Amazon yang bekerja di gudang otomatis mengalami cedera dua kali lipat dibandingkan mereka yang tidak bekerja bersama robot.

Meski begitu, Amazon telah membantah laporan yang kurang mengenakkan mengenai para karyawannya yang bekerja di gudang mengelami cedera di sekitar tahun 2016 dan 2019 tersebut.

BACA JUGA:

Lebih lanjut, penggunaan robot ini memang membantu meningkatkan jumlah item yang perlu dipindai oleh karyawan dari 100 menjadi 400 setiap jamnya. Namin, di sisi lain masij belum jelas apakah penerapan Sequoia akan menyebabkan PHK .

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI