Tips Belanja di Amazon Tanpa Kartu Kredit dan Cara Hitung Pajaknya

Telset.id – Sudah banyak toko online atau e-commerce yang tersedia di Indonesia, mulai dari Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, dan lain sebagainya. Meski demikian, kita pun bisa lho belanja online di e-commerce global seperti Amazon dengan cara yang mudah.

Ya, Amazon merupakan salah satu raksasa e-commerce yang diakses oleh sebagian besar masyarakat di seluruh dunia. Sesuai logonya A – Z, banyak sekali produk yang dijual di toko online besutan Jeff Bezos ini.

Bahkan, apabila kita tidak menemukan barang yang diinginkan di e-commerce dalam negeri, Amazon bisa menjadi solusi terbaik untuk menemukan produk yang diinginkan.

Namun permasalahannya, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui cara belanja di Amazon, termasuk metode pembayarannya. Sebab, biasanya e-dagang sekelas Amazon mengharuskan konsumen untuk menggunakan kartu kredit atau Paypal saat belanja online.

{Baca juga: Intip Promo Harbolnas 12.12 di 5 E-Commerce Tanah Air}

Jangan khawatir, tim Telset kali ini akan membagikan tips berupa cara belanja online di Amazon, termasuk cara melakukan pembayaran menggunakan kartu debit, tanpa pakai kartu kredit, melalui Jenius, hingga memberikan informasi apakah belanja di Amazon kena pajak atau tidak. Yuk simak!

Cara Belanja di Amazon dengan Kartu Kredit/Debit

Ada banyak pilihan metode pembayaran yang disediakan oleh Amazon. Salah satunya adalah menggunakan layanan kartu kredit atau debit yang sudah terhubung dengan Virtual Credit Card atau VCC.

Berikut ini cara untuk belanja di Amazon dengan melakukan pembayaran via kartu debit ataupun kredit:

  • Pertama, Anda bisa mengakses situs Amazon International Shopping. Situs ini membuat Anda bisa membeli beragam produk dan kebutuhan yang bisa diekspor ke berbagai negara termasuk Indonesia.
  • Mengapa bukan Amazon.com? Sebab, situs tersebut kebanyakan dikhususkan untuk konsumen di Amerika Serikat saja.
  • Apabila Anda belum memiliki akun Amazon, silakan untuk mendaftar terlebih dahulu dengan menekan tombol Account & Lists dan tekan Start Here.

Cara Belanja di Amazon

  • Isikan saja nama lengkap Anda, email, dan password untuk membuat akun Amazon. Kemudian, cek email Anda untuk memasukkan kode konfirmasi akun pendaftaran.
  • Selanjutnya, pilih barang yang Anda inginkan. Anda bisa mencarinya sesuai kategori atau ketikkan saja produk yang diinginkan melalui kolom pencarian.

Cara Belanja di Amazon

  • Jika sudah, masukkan barang tersebut ke keranjang belanja. Kemudian, masukkan alamat tempat tinggal Anda. Pastikan alamatnya benar ya!

Cara Belanja di Amazon

  • Karena Anda mau membayar melalui kartu debit atau kredit, tekan tombol Add a credit or debit card.

Cara Belanja di Amazon

  • Lalu, masukkan informasi yang terkait dengan kartu kredit atau debit Anda. Pastikan kartu Anda sudah terhubung ke VCC.

Cara Belanja di Amazon

  • Setelah memastikan metode pengiriman, tunggu saja barangnya sampai ke rumah Anda.

{Baca juga: Ini 10 E-commerce Terfavorit Masyarakat Indonesia}

Belanja di Amazon Tanpa kartu Kredit

Selain menggunakan kartu kredit atau debit, Anda juga bisa belanja online di Amazon dengan cara membayar tanpa kartu kredit. Bagaimana caranya?

Jadi, Anda dapat memanfaatkan Amazon Gift Card yang bisa Anda dapatkan di berbagai platform online, seperti Itemku, Tokopedia, dan lainnya.

Apabila sudah mendapatkan Amazon Gift Card, Anda harus memasukkannya ke akun. Berikut caranya:

  • Masuk ke Amazon, dan lakukan login.
  • Kemudian, pilih Gift Card. Lalu, klik Redeem Gift Card.

Cara Belanja di Amazon Tanpa Kartu Kredit

  • Masukkan kode dari Amazon Gift Card yang Anda beli sebelumnya. Jika sudah, tekan tombol Apply to your balance.

Cara Belanja di Amazon Tanpa Kartu Kredit

  • Sekarang Anda tinggal belanja barang yang diinginkan seperti biasa, termasuk mengatur alamat tujuan pengiriman produk yang dibeli.
  • Pastikan saldo Amazon Gift Card mencukupi. Jika masih belum cukup, Anda dapat memasukkan kode tambahan untuk menambahkan saldo ke akun.
  • Selesai! Anda sudah dapat belanja di Amazon tanpa kartu kredit dengan cara yang mudah. Tunggu saja produk yang Anda beli sampai di rumah.

Belanja di Amazon dengan Jenius

Sebenarnya, cara belanja barang pilihan di Amazon menggunakan Jenius sama saja dengan menggunakan kartu debit atau kredit yang sudah kami bagikan sebelumnya.

Anda tinggal masukkan nomor kartu Jenius pada pilihan pembayaran dengan kredit atau debit. Kemudian, lakukan verifikasi pembayaran terlebih dahulu sebelum memilih metode pembayaran.

Jika semua proses dilalui dengan lancar tanpa kendala, Anda tinggal menunggu pesanan Anda sampai di rumah dengan selamat.

{Baca juga: Top Up BNI TapCash Bisa Lewat Jenius, Begini Caranya}

Belanja di Amazon, kena pajak atau tidak?

Cara Hitung Pajak Belanja Amazon

Ini yang penting. Sebelum Anda belanja di Amazon, Anda harus mengetahui apakah barang yang Anda beli kena pajak atau tidak.

Anda pun wajib mengetahui cara untuk menghitung pajaknya menggunakan metode batasan harga CIF atau harga barang, asuransi, dan ongkos kirim.

Batasan harga bebas pajak saat ini sekitar USD 3 atau Rp 42 ribuan. Maka, di atas itu barang akan dikenakan pajak. Begini simulasi perhitungannya:

Jika Anda membeli sebuah boneka dari Amazon dengan harga USD 35, kemudian ongkos kirimnya mencapai USD 8 dan asuransi sekira USD 1, maka nilai CIF adalah USD 44 atau setara Rp 620.994.

Karena tarif bea masuk pada umumnya mencapai 7,5%, maka tarik bea masuknya adalah Rp 620.994 x 7,5% = Rp 46.575. Jika ditambahkan dengan CIF, maka nilai dasar pengenaan pajaknya Rp 620.994 + Rp 46.575 = Rp 667.569.

Kemudian, angka tersebut dikalikan dengan PPN menjadi Rp 667.569 x 10% = Rp 66.756. Jika Anda memiliki NPWP, maka Rp 667.569 x 10% = Rp 66.756. Namun jika tidak, maka hitungannya adalah Rp 667.569 x 20% = Rp 133.514.

Dengan begitu, total pajak yang harus dibayarkan adalah Rp 46.575 + Rp 66.756 + Rp 66.756 = Rp 180.087 bagi Anda yang memiliki NPWP. Sementara buat Anda yang tidak punya NPWP, Rp 46.575 + Rp 66.756 + Rp 133.514 = Rp 246.845.

Nah, itu dia cara belanja online di Amazon, termasuk tips melakukan pembayaran dan menghitung pajak bea masuknya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here