Harga iPhone 13 Diperkirakan Sama dengan iPhone 12

Telset.id, Jakarta – Firma riset pasar TrendForce merilis laporang terbarunya terkait perkiraan harga iPhone terbaru. Menurut laporan tersebut, harga iPhone 13 (atau iPhone 12s) akan sama dengan harga iPhone 12.

Dalam laporannya, TrendForce juga menyebutkan bahwa model iPhone baru akan menyumbang sekitar 39 persen dari total volume produksi tahunan Apple untuk tahun 2021.

Prediksi terbaru dari TrendForce juga menunjukkan bahwa seri iPhone 13 akan hadir dengan opsi penyimpanan yang sama dengan model iPhone 12. Sedangkan untuk model iPhone 13 Pro juga akan memiliki sensor LiDAR.

Baca juga: Kamera iPhone 13 Jago Banget Ambil Foto Malam Hari

TrendForce mengatakan dalam keterangan persnya bahwa total produksi iPhone pada tahun 2021 akan tumbuh 12,3 persen tahun-ke-tahun menjadi 223 juta unit. Peningkatan vaksinasi Covid-19 dan pelonggaran lockdown di AS dan Eropa dianggap sebagai salah satu alasan utama pertumbuhan.

Dari total produksi, model iPhone 13 (atau iPhone 12s) diperkirakan mencapai sekitar 39 persen. Ini menunjukkan bahwa Apple dapat memproduksi lebih dari 86 juta unit iPhone 13 tahun ini.

Selain perkiraan produksi, TrendForce telah memprediksi beberapa spesifikasi utama dari seri iPhone 13. Spesifikasi yang diusung iPhone terbaru di tahun 2021 diperkirakan masih mirip seri iPhone 12, dengan sedikit ada peningkatan di bagian tertentu.

Peningkatan ini akan mencakup prosesor A15 dengan pemprosesan 5nm+ buatan TSMC. Kemudian dari sisi desain lekukan yang menyusut karena ukuran modul kamera yang lebih kecil. Sementara bagian layarnya memiliki refresh rate 120Hz untuk model Pro.

Semua model dalam keluarga seri iPhone 13 juga diharapkan memiliki sensor-shift stabilization — peningkatan dari optical image stabilization (OIS). TrendForce juga menyebutkan bahwa hanya model Pro yang akan datang dengan sensor LiDAR.

Baca juga: Bocoran iPhone 13, Desain Sama dan Kamera Telah Ditingkatkan

Ini bertentangan dengan beberapa laporan sebelumnya yang menyebutkan sensor LiDAR akan hadir di semua model seri iPhone 13. Selanjutnya, model iPhone 13 Pro diharapkan memiliki kamera utama, ultra wide, dan telephoto, di samping sensor pemindai LiDAR juga.

Harga iPhone 13 

Bocoran iPhone 13
Bocoran iPhone 13

Meskipun ada peningkatan dari sisi spesifikasi, namun seri iPhone 13 diprediksi akan setara dengan model iPhone 12 dalam hal harga.

“Meskipun harga beberapa komponen utama telah naik karena pengetatan pasokan, Apple memperhitungkan pertumbuhan pendapatan layanan periferal sehubungan dengan pertumbuhan penjualan iPhone,” kata TrendForce.

“Ini berarti harga awal seri iPhone 13 kemungkinan akan relatif setara dengan harga awal seri iPhone 12,” sambung mereka.

Baca juga: iPhone 13 Bakal Bikin Kecewa Apple Fanboy, Kenapa?

Perusahaan juga menyatakan bahwa karena mempertahankan harga yang sama, seri iPhone 13 diharapkan memiliki opsi memori yang sama dengan model iPhone 12. Ini menunjukkan bahwa tidak akan ada model 1TB seperti yang diprediksi sebelumnya.

Mirip dengan keluarga iPhone 12, seri iPhone 13 tahun ini diharapkan memiliki empat model berbeda, salah satunya adalah iPhone versi mini yang bisa disebut iPhone 13 mini atau iPhone 12s mini.

TrendForce meyakini bahwa Apple akan lebih memusatkan perhatiannya untuk mempromosikan dan mendorong penjualan tiga model non-mini, daripada memberikan perhatian besar pada versi mini.

Prediksi ini bisa benar jika berkaca dari kinerja penjualan iPhone 12 mini yang buruk saat diluncurkan tahun lalu, yang mengakibatkan seri mini akhirnya “dipensiunkan dini” alias tidak diteruskan produksinya.

Baca juga: Touch ID Bakal Comeback di iPhone 13, Ini Buktinya!

Yang terakhir, TrendForce memperkirakan seri iPhone 13 kemungkinan akan meningkatkan pangsa pasar iPhone model 5G secara keseluruhan, dari 39 persen pada 2020 menjadi 75 persen pada 2021.

Seperti diketahui, Apple mulai mamanaskan persaingan pasar smartphone 5G secara global dengan merilis model iPhone 12 yang meluncur tahun lalu dengan dukungan 5G. [HBS]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0