DANA Gelar SisBerdaya, Ajak Perempuan Mandiri Berwirausaha

Telset.id, Jakarta – DANA mengajak perempuan di seluruh Indonesia untuk mengembangkan wirausaha atau UMKM mereka secara mandiri dengan menggelar program SisBerdaya.

Program SisBerdaya tidak terlepas dari potensi perempuan dalam perkembangan perekonomian di Indonesia.  Chief People & Corporate Strategy DANA Indonesia, Agustina Samara mengatakan kalau perempuan Indonesia memiliki kontribusi sebesar 61% bagi perekonomian nasional.

Lalu berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UMKM, sekitar 53,76% UMKM yang ada di Indonesia dikelola oleh perempuan.

“Perempuan mendominasi pelaku usaha mikro Indonesia. Sektor UMKM 53,76% diisi oleh perempuan dengan 97% karyawannya adalah perempuan,” ungkap Agustina.

BACA JUGA:

Atas dasar itu akhirnya DANA berkolaborasi dengan Ant Group dan UN Women, meluncurkan program pelatihan dan kompetisi yang ditujukan untuk wirausaha perempuan bernama SisBerdaya.

“SisBerdaya memiliki misi untuk memberdayakan perempuan Indonesia, dengan memberikan keterampilan, pengetahuan bisnis dan digital agar perempuan bisa terus berinovasi,” tutur Agustina.

Dalam konferensi pers di Jakarta pada Selasa (14/03/2023), dijelaskan pula kalau DANA SisBerdaya ingin memajukan bisnis perempuan serta memiliki akses yang setara, dalam bentuk serangkaian pelatihan dan pendampingan bisnis.

“Mereka akan mendapatkan pelatihan seputar manajemen dan strategi bisnis, pembayaran digital dan pemasaran, penjualan global dan masih banyak lagi,” sambung Agustina.

Sejalan dengan itu Global Affairs & Sustainability Strategies Ant Group, Carrie Suen menjelaskan kalau program ini menargetkan seluruh UMKM perempuan di Indonesia yang masuk kategori ultra mikro atau UMKM dengan pendapatan bulanan Rp 1 juta sampai Rp 10 juta.

Kemudian UMKM mikro atau mereka yang memperoleh pendapatan bulanan sebesar Rp 11 juta sampai Rp 30 juta. Rencananya akan ada sosialisasi seputar SisBerdaya di beberapa wilayah seperti Jabodetabek, Pekanbaru dan Makassar.

“Kami percaya segmen ini adalah yang paling membutuhkan, sehingga sangat penting untuk membuat inisiatif ini benar-benar inklusif,” katanya.

BACA JUGA:

Pendaftaran program DANA SisBerdaya sudah dibuka mulai hari ini 14 Maret 2023 sampai Rp 17 April 2023, melalui aplikasi dompet digital DANA. Selain pelatihan nantinya akan ada kompetisi yang harus dilalui oleh peserta dengan total hadiah Rp 200 juta.

“Melalui pendampingan, berbagi pengetahuan dan perjuangan satu sama lain, kita menjadi lebih kuat bersama,” tutup Carrie Suen. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI