Strategi Tokopedia Dorong Pegiat UMKM Perempuan Miliki NIB

Telset.id, Jakarta – Tokopedia terus berupaya agar mitra UMKM mereka, terus berkembang termasuk memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB). Tokopedia pun memiliki strategi tersendiri agar pegiat UMKM atau seller perempuan memiliki NIB. 

Perlu diketahui kalau NIB adalah identitas pelaku usaha yang diterbitkan oleh Lembaga OSS dalam hal ini, Kementerian Investasi atau BKPM setelah pelaku usaha melakukan pendaftaran secara online. 

Dengan memiliki NIB, pelaku usaha bisa memperoleh berbagai keuntungan seperti lebih mudah dalam mengakses pembiayaan perbankan, mudah untuk mengakses program dan bantuan pemerintah serta memperoleh perlindungan hukum. 

Oleh karena itu, Tokopedia sejak tahun 2021 bekerja sama dengan Kementerian Investasi dalam mendorong supaya pegiat UMKM baik itu perempuan dan juga laki-laki, membuat NIB. 

BACA JUGA:

“Tokopedia adalah perusahaan e-commerce pertama yang bekerja sama dengan Kementerian Investasi dan mitra strategi lain untuk memberikan fasilitas dan sosialisasi NIB,” ujar Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Tokopedia, Rizky Juanita Azuz. 

Lebih lanjut, diungkapkan bahwa Tokopedia memiliki strategi tersendiri dalam mendorong pegiat UMKM agar membuat NIB. Pertama dengan keliling Indonesia, untuk bertemu memberikan edukasi bisnis kepada UMKM sekaligus mengajak mereka agar memiliki NIB. 

“Kita melakukan sosialisasi dengan berkeliling ke berbagai kota mengumpulkan UMKM yang sudah ada di Tokopedia atau yang belum ada di Tokopedia, untuk bisa mendaftar secara online untuk NIB itu. Kita bekerja sama dengan pemerintah dalam memberikan edukasi ke UMKM bahwa NIB itu penting,” tutur Rizky. 

Berikutnya dengan menghubungkan situs Pusat Edukasi Seller Tokopedia atau seller.tokopedia.com. Di situs tersebut terdapat artikel lengkap seputar Nomor Induk Berusaha, serta tautan atau link yang apabila di-klik akan terhubung ke situs oss.go.id yang merupakans situs untuk daftar NIB. 

“Di Pusat Edukasi Seller ada banyak informasi mengenai apa sih NIB? Manfaatnya apa? Syarat-syaratnya apa? nanti disitu akan ada klik link-nya sendiri yang masuk langsung ke websitenya OSS dimana mereka bisa daftar,” sambung Rizky. 

Cara terakhir adalah dengan memberikan syarat terkait status Official Seller di Tokopedia. Diungkapkan Rizky kalau untuk naik kelas ke Official Store, merchant atau seller Tokopedia harus memiliki NIB. 

BACA JUGA:

“Untuk naik kelas ke Official Store mereka harus punya NIB itu. Itu adalah bagaimana cara Tokopedia mendukung pemerintah untuk memberikan fasilitas dan sosialisasi NIB kepada para UMKM,” jelas Rizky melalui konferensi pers di Jakarta pada Senin (06/03/2023). 

Strategi Tokopedia dalam mengajak mitra membuat NIB membuahkan hasil positif.Sepanjang tahun 2022, Tokopedia bersama Kementerian Investasi telah membantu lebih dari 5.000 pegiat UMKM dari seluruh Indonesia untuk mendaftar NIB. 

“Yang lebih dari 5.000 pegiat UMKM tersebut diantaranya adalah perempuan,” tutup Rizky. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI