XL Siap Komersialkan 4G di 1.800 MHz

XL 4G di 1.800 MHzJAKARTA – Menjelang akan diresmikannya peluncuran perdana 4G tahap kedua di spektrum 1.800 MHz pada 6 Juli nanti, XL Axiata menegaskan infrastruktur 4G LTE XL di spektrum 1.800 MHz telah siap melayani pelanggan.

Direktur/Chief Service Management Officer XL, Ongki Kurniawan, mengatakan, bahwa pihaknya sudah mempersiapkan segala sesuatunya sejak jauh-jauh hari, sehingga ketika nanti tanggal 6 Juli 2015 pemerintah resmi membolehkan komersialisasi layanan 4G LTE di frekuensi 1800 MHz, XL sudah siap.

“Bahkan, kami juga sudah selesai melakukan tender untuk pembangunan infrastruktur 4G LTE di berbagai daerah yang segera akan kami kebut,” kata Ongky, di Jakarta, Kamis (2/7/2015)

Secara teknis, lanjut Ongky, XL juga telah mendesain sedemikian rupa atas infrastruktur jaringan 4G LTE agar mampu memberikan kualitas layanan yang memuaskan. Selain itu, hampir semua jaringan XL juga telah melalui proses modernisasi sehingga siap untuk diaplikasikan untuk jaringan 4G.

“Kami optimis kesiapan teknis ini akan mampu menopang kebutuhan perluasan layanan 4G LTE ke depan,” tandasnya.

Didukung dengan sumber daya spektrum 1800 MHz yang dimiliki XL dengan kapasitas besar yang merupakan hasil konsolidari XL-Axis, membuat anak usaha Axia Grup ini memiliki keleluasaan memberikan layanan 4G di spektrum 1800 MHz dengan kecepatan tinggi, yakni diklaim bisa mencapai 100 Mbps.

Ongki menyebutkan, hingga akhir tahun 2015 nanti, XL telah menyiapkan pengoperasian layanan 4G LTE di sejumlah daerah, baik di Jawa maupun pulau-pulau utama lainnya. Kota-kota yang sudah dipastikan akan segera mendapatkan layanan 4G antara lain adalah Lombok, Surabaya, Bandung, Bali, dan Jakarta.

Sebelumnya, pelanggan di kota-kota tersebut sudah mendapatkan layanan 4G LTE secara terbatas uji coba di area tertentu (trial). Selain itu beberapa kota yang saat ini telah menikmati 4G di jaringan 900 MHz akan tetap dapat menikmati layanan tersebut, yaitu Medan, Bogor dan Yogyakarta.

XL juga sudah menyiapkan rencana perluasan area cakupan layanan 4G di lokasi-lokasi di mana XL pernah melakukan uji coba di jaringan 1800 MHz. [MS/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI