Cara Masuk PTN 2023 dengan 5 Fitur Unggulan Kelas Pintar

Telset.id, Jakarta – Kelas pintar baru saja meluncurkan layanan terbarunya, yaitu PTN. Dalam layanan PTN tersedia berbagai fitur unggulan yang bisa dimanfaatkan oleh para siswa atau siapapun yang tergabung dalam layanan tersebut sebagai bagian dari solusi cara masuk PTN di tahun 2023.

Layanan PTN dari Kelas Pintar merupakan sebuah program yang ditujukan untuk menunjang para siswa, terutama siswa kelas 12 untuk bisa masuk ke dalam perguruan tinggi negeri.

Seperti diketahui, Kelas Pintar adalah penyedia solusi pendidikan berbasis online, yang didesain untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa dalam sebuah mata pelajaran.

Selain membantu siswa masuk ke perguruan tinggi negeri, layanan PTN dari Kelas Pintar juga dapat membimbing siswa untuk bisa menentukan jurusan, hingga universitas negeri yang sesuai dengan minat dan bakat siswa.

Nah, bagi yang sudah penasaran apa saja fitur unggulan layanan PTN dari Kelas Pintar, berikut rangkumannya dari tim Telset.

BACA JUGA:

Fitur PTN Kelas Pintar

Untuk menopang para siswa yang ingin masuk perguruan tinggi pilihannya, Kelas Pintar menyediakan beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan para siswa, dan bahkan orang tua siswa juga bisa memanfaatkannya untuk melihat progres pembelajaran anaknya di layanan ini. Berikut fitur unggulan layanan PTN dari Kelas Pintar.

Tes Minat dan Kepribadian

Fitur PTN Kelas Pintar

Setiap siswa yang mengikut layanan PTN dapat mengikuti serangkaian Tes Minat dan Kepribadian, agar siswa tersebut dapat gambaran mengenai karakter pribadinya yang bisa disesuaikan dengan jurusan dan juga rekomendasi Perguruan Tinggi Negeri yang menyediakan jurusan tersebut.

Selain itu, laporan hasil Tes Minat dan Kepribadian berisikan karakter kepribadian siswa dan juga dilengkapi dengan contoh orang sukses dengan karakter kepribadian yang sama dengan siswa. Lebih lanjut, layanan PTN juga memberikan rekomendasi profesi sesuai kepribadian siswa sebagai proyeksi diri siswa di masa depan.

Layanan PTN juga tidak hanya memberikan informasi mengenai karakter yang disesuaikan dengan jurusan beserta profesi. Layanan ini memberikan rekomendasi perguruan tinggi negeri yang menyediakan jurusan tersebut, tersedia juga informasi perguruan tinggi terbaik, peminatan, hingga perguruan tinggi negeri terdekat dengan domisili siswa.

Meskipun, siswa juga tetap bisa memilih jurusan dan perguruan tinggi sesuai dengan pilihan pribadi, jika rekomendasi dirasa tidak sesuai keinginan. Hasil Tes Minat dan Bakat juga bisa diakses oleh orang tua siswa untuk mengetahui apa yang sesuai dengan siswa.

Live Class

Fitur PTN Kelas Pintar

Setelah mengikuti test minat kepribadian, Kelas Pintar juga memberikan solusi cara masuk PTN 2023 melalui Fitur Live Class. Ini merupakan fitur penunjang pembelajaran secara daring dan juga interaktif bersama Guru Ahli dari Kelas Pintar, dalam Live Class siswa bisa membahas ataupun bertanya kepada guru untuk topik seputar materi seleksi nasional dan ujian mandiri Perguruan Tinggi Negeri.

Dalam fitur Live Class juga siswa akan diajarkan beberapa pelajaran terkait Tes Potensi Skolastik (TPS), Tes Potensi Akademik (TPA) SAINTEK, dan Tes Potensi Akademi (TPA) SOSHUM.

Fitur Live Class berjumlah 14 sesi yang bisa diikuti siswa setiap minggunya. Selain itu, jika siswa ingin mengulang kembali atau tidak hadir karena berhalangan dalam sesi Live Class, tersedia juga rekaman sesi Live Class yang bisa ditonton siswa.

Bank Soal

Fitur PTN Kelas Pintar

Fitur Bank Soal dari layanan PTN Kelas Pintar merupakan kumpulan latiha soal yang dibuat bertujuan untuk memperkuat pemahaman siswa terhadap materi seleksi nasional dan ujian mandiri Perguruan Tinggi Negeri.

Latihan soal yang ada di fitur Bank Soal berisikan Tes Potensi Skolastik yang terdiri dari Literasi Bahasa Indonesia, Literasi Bahasa Inggris, Penalaran Umum, Penalaran Matematika, Pengetahuan Kuantitatif, Pemahaman Bacaan, serta Pemahaman Baca & Menulis(PBM) dan Pengetahuan & Pemahaman Umum (PBU).

Lalu, Bank Soal untuk Tes Potensi Akademik SAINTEK terdiri dari Matematika SAINTEK, Fisika, Kimia dan Biologi. Selain itu, ada juga Bank Soal untuk Tes Potensi Akademik SOSHUM yang terdiri dari Sejarah, Ekonomi, Sosiologi dan Geografi.

Try Out

Mengukur progress pembelajaran adalah salah satu bagian penting dalam solusi cara masuk PTN 2023. Untuk itu, Kelas Pintar menyediakan fitur Try Out.  Fitur Try Out merupakan uji coba kepada siswa untuk seleksi masuk perguruan tinggi negeri dengan materi soal disesuaikan dengna ketentuan dalam seleksi nasional dan ujian mandiri.

Sementara itu, untuk penilaian Try Out digunakan metode Item Response Theory (IRT), dimana penilaian didasarkan pada tingkat kesulitan masing-masing butir soal yang ditentukan dari rasio akurasi jawaban setiap peserta. Metode IRT ini sama seperti metode penilaian yang digunakan dalam seleksi nasional untuk masuk perguruan tinggi negeri.

Siswa dapat memilih jenis Try Out-nya sendiri, dengan berbagai pilihan seperti TPS, TPS + TPA SAINTEK, TPS + TPA SOSHUM dan TPS + TPA SAINTEK + TPA SOSHUM.

BACA JUGA:

Laporan Pembelajaran

F

Selama mengikuti layanan PTN dari Kelas Pintar, baik siswa ataupun orang tua dapat melihat perkembangan dari hasil pembelajaran melalui fitur Laporan Pembelajaran. Dilengkapi dengan informasi peluang masuk Perguruan Tinggi Negeri berdasarkan hasil Tes Minat dan Kepribadian serta pilihan pribadi.

Melalui fitur Laporan Pembelajaran terdapat berbagai informasi mengenai kehadiran dalam sesi Live Class per mata pelajaran, rata-rata nilai per mata pelajaran dalam latihan soal yang sudah dikerjakan dan Try Out yang diikuti lengkap dengan nilai dari masing-masing Try Out yang diikuti.

Nah, itu dia tadi fitur-fitur unggulan layanan PTN dari Kelas Pintar yang bisa dimanfaatkan oleh siswa ataupun orang tua siswa. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga menjadi refrensi Anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI