Coursera Sediakan 2.000 Kursus Online dalam Bahasa Indonesia

Telset.id, Jakarta – Coursera mengumumkan beberapa inisiatif baru untuk meningkatkan akses pendidikan berkualitas tinggi di Indonesia, dengan menyediakan 2.000 kursus online mereka dan berbagai universitas luar negeri ke dalam Bahasa Indonesia.

Tidak hanya itu, kursus online ini juga menghadirkan  fitur-fitur berbasis kecerdasan buatan (AI) untuk membuat pembelajaran online menjadi lebih personal dan interaktif.

Kini, kursus-kursus unggulan seperti The Science of Well-Being dari Yale University, AI for Everyone dari DeepLearning.AI, Programming for Everybody dari University of Michigan, dan What is Data Science? dari IBM yang sampai saat ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris, akan dapat diakses oleh siapa saja yang berbahasa Indonesia.

Coursera juga mengumumkan pelanggan baru dari kalangan perusahaan dan universitas, seiring dengan semakin banyaknya institusi di Indonesia yang menerapkan pembelajaran online untuk membekali karyawan dan siswa mereka dengan keterampilan digital.

BACA JUGA:

“Ada lebih dari 2.000 kursus yang diterjemahkan oleh AI yang kini tersedia dalam Bahasa Indonesia. Para pembelajar di Indonesia memiliki kesempatan yang belum pernah ada sebelumnya untuk mengakses para pengajar terbaik di dunia,” kata CEO Coursera, Jeff Maggioncalda.

Lebih lanjut terdapat fitur-fitur baru yang diluncurkan kursus online Coursera di Indonesia. Misalnya Coursera ChatGPT Plugin yakni menyediakan penemuan yang dipersonalisasi yang lebih baik di seluruh katalog Coursera.

Hal ini memungkinkan pembelajar yang menggunakan GPT-4 untuk dengan cepat merekomendasikan konten dan kredensial untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan dalam mata pelajaran atau bidang karir tertentu.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima pada Minggu (20/08/2023), ada pula AI-Assisted Course Building yang mampu menghasilkan konten secara otomatis, termasuk struktur kursus, deskripsi, bacaan, tugas, dan glosarium. Saat ini fitur ini sedang diujicobakan dengan beberapa pelanggan terpilih.

Di tahap awal kehadirannya di Indonesia Coursera telah memiliki 29 pelanggan Coursera for Business yang mana perusahaan yang baru bergabung adalah Pelindo, PT PLN (Persero), Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas dan Bank Mandiri.

BACA JUGA:

Sementara untuk Coursera for Campus sudah ada 35 pelanggan, dan beberapa di antaranya adalah Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Universitas Indonesia, dan Indonesia Cyber Education (ICE).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI