telset

Tips Memilih HP Android Terbaik yang Cocok untuk Gaming

Telset.id – Saat ini ada banyak game Android AAA yang menawarkan gameplay terbaik, bahkan dengan grafis kompleks yang hampir menyerupai game PC. Sayangnya, tak semua HP Android terbaru yang kuat menjalankan game berat tersebut. Biar Anda bisa bermain game premium dengan lancar, berikut ini tips memilih HP Android yang pas untuk gaming.

Sekarang ini ada banyak jenis game Android yang dapat dimainkan, mulai dari game teringan untuk HP spek kentang hingga permainan berat bertipe AAA. Ada juga game MOBA terbaik, game FPS terbaik, dan lain sebagainya yang bisa Anda mainkan di ponsel Android.

Akan tetapi, tidak semua smartphone mendukung pengguna untuk bermain game favorit mereka. Beberapa game premium seperti Marvel Future Revolution, PUBG Mobile, sampai COD Mobile, membutuhkan spesifikasi tinggi agar bisa bermain dengan lancar di grafis “rata kanan”.

Apabila memaksakan game kelas berat di smartphone spek kentang, maka pengalaman gaming pun tak maksimal. Permainan bakal ngelag, patah-patah, dan tak nyaman buat dimainkan.

{Baca juga: 10 HP Gaming Rp 5 Jutaan Terbaik September 2021}

Nah, tim Telset punya tips buat Anda yang suka main game agar bisa memilih HP Android yang pas untuk gaming berat. Ingin tahu seperti apa? Yuk simak tipsnya berikut ini!

1. Pastikan Punya Layar Berkualitas

Tips Memilih HP Android untuk Gaming

Bermain game bakal lebih nyaman dan mengasyikkan kalau smartphone yang dipakai mengusung layar berkualitas serta mendukung refresh rate yang kencang. Perpaduan keduanya memberikan pengalaman visual terbaik berkat suguhan detail, kualitas warna, serta responsivitas yang cepat ketika bermain game favorit.

Ukuran layar dan aspek rasionya juga harus diperhatikan. Salah satu smartphone yang memenuhi kriteria tersebut adalah Oppo Reno6.

HP terbaru Oppo ini mengusung layar berjenis AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi Full HD+. Layarnya juga tampil sinematik dengan rasio screen-to-body mencapai 91,7%.

Ponsel ini sudah pasti memberikan pengalaman visual terbaik ketika bermain game, apalagi karena layar Oppo Reno6 diberi dukungan refresh rate 90Hz dengan touch response rate 180Hz.

Kenyamanan mata pengguna juga diperhatikan di sini. Oppo Reno6 sudah mengantongi sertifikasi SGS Eye Care Display dan mendukung streaming HD di Netflix serta Amazon Prime Video.

2. Kombinasi Dapur Pacu yang Mumpuni

Tips Memilih HP Android untuk Gaming

Tips memilih HP Android yang cocok untuk gaming berikutnya adalah memperhatikan kombinasi dapur pacu. Seperti halnya laptop gaming, kombinasi RAM besar, memori penyimpanan yang besar dan kencang, serta prosesor yang mumpuni, berpengaruh juga pada pengalaman gaming.

Kalau spesifikasi yang diusung smartphone lemot, maka jalannya permainan pun tak maksimal akibat game yang tampil cenderung patah-patah.

Pastikan, HP gaming yang mau Anda beli mempunyai RAM tinggi, memori penyimpanan yang luas, ditenagai prosesor kelas atas, serta ditopang oleh baterai yang tahan lama.

Oppo Reno6 bisa menjadi pilihan, karena ditenagai spesifikasi yang andal untuk aktivitas gaming yang berat. Smartphone ini dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 720G yang dipadukan dengan RAM 8 GB berjenis LPDDR4X dan memori internal 128 GB yang bisa diperluas dengan microSD.

Mengenal sedikit tentang Snapdragon 720G, prosesor ini adalah chipset kelas menengah yang dirancang dengan arsitektur 8nm yang menawarkan kinerja mumpuni dan efisiensi baterai yang bagus.

{Baca juga: Main Game HD Terbaik di Oppo Reno6, Lancar dan Tetap Adem!}

Prosesor ini memiliki konfigurasi CPU 2-core Cortex-A76 dengan clock-speed 2.3 GHz dan 6-core Cortex-A55 dengan clock-speed 1.8 GHz. Prosesor ini pun sudah disematkan GPU Adreno 618.

Qualcomm telah menyematkan beberapa fitur untuk menunjang aktivitas gaming para pengguna. Snapdragon Elite Gaming misalnya, yang mampu memberikan pengalaman grafis tinggi dan frame rate yang lancar kepada pengguna.

Ditambah, ada chip AIE atau artificial intelligence engine dari Qualcomm yang bertugas untuk meningkatkan performa saat dibutuhkan dan tetap menjaga power serendah mungkin untuk menghemat baterai.

Belum lagi baterainya yang berkapasitas 4.310 mAh dengan dukungan fast charging 50W. Selain tahan lama, proses charging juga bakal lebih singkat dengan adanya adaptor charger 65W.

3. Miliki Fitur Gaming Lengkap

Tips Memilih HP Android untuk Gaming

Tips lainnya untuk memilih HP yang cocok untuk gaming berat adalah memastikan smartphone yang mau dipilih dibekali fitur-fitur gaming yang lengkap.

Fitur gaming seperti FPS counter, pemantau beban CPU dan GPU, sistem pendinginan, hingga pemblokiran notifikasi, berguna untuk memaksimalkan pengalaman gaming pengguna.

Oppo Reno6 pun memiliki kebolehan di sektor gaming berkat spesifikasi dan fitur pendukungnya yang tergolong lengkap. Oppo menyematkan fitur andalan bernama Hyper Boost 4.0 untuk HP terbaru ini.

Hyper Boost 4.0 bertugas untuk menjaga kinerja smartphone, terkhusus Oppo Reno6 agar berkinerja lebih baik tanpa mengorbankan efisiensi baterai. Oppo mengklaim, fitur ini menjamin keseimbangan konsumsi daya dan juga kinerja untuk pengalaman yang lebih maksimal.

{Baca juga: 6 Fitur Gaming Canggih Oppo Reno6, Main Game Makin Nikmat!}

Selain itu, ada pula aplikasi Game Space yang membebaskan pengguna mengatur performa ponselnya. Smartphone inipun memiliki fitur gaming pendukung, seperti Pro Gamer Mode, Quick Startup, Quick Return Bubble, Game Focus Mode, Game Floating Window, hingga RAM Expansion sampai 5 GB.

Tak cukup, Oppo Reno6 punya sistem pendinginan Multi-Cooling System, dapat mengurangi hawa panas yang berlebih ketika pengguna bermain game dalam waktu yang lama. Sistem ini juga dapat menjaga performa Oppo Reno6 tetap maksimal tanpa kendala yang berarti.

Itu tadi beberapa tips berguna bagi Anda saat memilih HP yang cocok untuk keperluan gaming. Anda bisa melihat tips dan trik lainnya di kanal Telset How To dan membaca rekomendasi game terbaik yang bisa dimainkan di kanal Telset Games. Semoga bermanfaat, sob! (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0