telset

Main Game HD Terbaik di Oppo Reno6, Lancar dan Tetap Adem!

Telset.id – Oppo Reno6 merupakan smartphone terbaru yang ditenagai oleh prosesor gaming kelas menengah dari Qualcomm, Snapdragon 720G. Chipsetnya memang masih sama dengan seri terdahulu, namun pabrikan asal China ini tetap menjamin pengalaman gaming yang maksimal bagai para pengguna Oppo Reno6.

Oppo tak cuma membekali dapur pacu yang lumayan kencang saja untuk seri Reno6, tapi juga dibarengi dengan banyaknya fitur game untuk menunjang aktvitas gaming para penggunanya.

Mulai dari Hyper Boost 4.0, Game Space, Pro Gamer Mode, Game Focus Mode, bahkan sampai sistem pendinginan canggih yang tersemat pada bodi Oppo Reno6.

Nah, dalam tulisan kali ini, kami mencoba untuk membuktikan kinerja Oppo Reno6 dengan bermain game berkualitas HD yang tersedia di Android.

Setidaknya, ada tiga game Android terbaik yang kami mainkan, PUBG Mobile, COD Mobile, dan Marvel Future Revolution yang baru saja dirilis di Google Play Store. Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda, sob!

Spesifikasi Oppo Reno6 di Indonesia

Tes Gaming Oppo Reno6

Oppo Reno6 tampil dengan layar Super AMOLED yang luas dengan resolusi yang tinggi. HP terbaru Oppo ini mengusung layar seluas 6,4 inci dengan dukungan refresh rate 90Hz dan touch sampling rate 180Hz.

Refresh rate di layar sendiri dapat diaktifkan melalui pengaturan Display, sementara sensitivitas layar dapat dinyalakan melalui fitur Game Assistant ketika permainan sedang dijalankan.

Di bagian dapur pacu, smartphone ini ditenagai oleh prosesor Snapdragon 720G sebagai mesin utamanya. Prosesor ini termasuk ke dalam SoC kelas menengah yang dirancang dengan arsitektur 8nm yang menawarkan kinerja mumpuni dan efisiensi baterai yang bagus.

Prosesor ini memiliki konfigurasi CPU 2-core Cortex-A76 dengan clock-speed 2.3 GHz dan 6-core Cortex-A55 dengan clock-speed 1.8 GHz. Prosesor ini pun sudah disematkan GPU Adreno 618.

{Baca juga: Review Singkat Oppo Reno6 Indonesia: Bodi Menawan, Kamera Jagoan}

Menariknya, Snapdragon 720G dirancang sebagai prosesor gaming kelas menengah yang memiliki ragam fitur untuk menunjang aktivitas gaming pengguna. Ada Snapdragon Elite Gaming yang mampu memberikan pengalaman grafis tinggi dan frame rate yang lancar kepada pengguna.

Ada pula chip AIE atau artificial intelligence engine dari Qualcomm yang bertugas untuk meningkatkan performa saat dibutuhkan dan tetap menjaga power serendah mungkin untuk menghemat baterai.

Prosesor Snapdragon 720G sendiri dipadukan dengan RAM 8 GB berjenis LPDDR4X, memori penyimpanan 128 GB yang bisa diperluas dengan adanya slot microSD, serta baterai berkapasitas 4.310 mAh dengan fast charging 50W.

Nah, berikut ini adalah spesifikasi lengkap dari Oppo Reno6 yang dijual resmi di Indonesia:

SPESIFIKASI OPPO RENO6
Rilis Juli 2021
Network 2G, 3G, 4G
OS ColorOS 11.1, Android 11
Chipset Snapdragon 720G
CPU Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver)
GPU Adreno 618
RAM 8 GB
Memori 128 GB
Dimensi 159.1 × 73.3 × 7.8mm, 173 g
Layar 6.4 inci Full HD+, AMOLED, 90 Hz, 180 Hz touch sampling rate
Kamera Utama 64MP (wide) + 8MP 119° (ultra wide) + 2MP (macro) + 2MP (mono)
Kamera Depan 44 MP
Beterai 4310 mAh, Fast Charging 50W
Warna Aurora dan Stellar Black
Harga Rp 5,1 jutaan

Gaming Test Oppo Reno6

Tes Gaming Oppo Reno6

Seperti yang disebutkan di awal, kami mencoba bermain tiga game grafis HD terbaik yang tersedia di Android, seperti COD Mobile, PUBG Mobile, dan juga Marvel Future Revolution. Pengujian ini kami lakukan untuk mengetahui kinerja Oppo Reno6 dalam hal gaming.

Dalam tes gaming ini, kami mengaktifkan beberapa fitur untuk meningkatkan performa Oppo Reno6 ke tingkat maksimal, tak terkecuali Hyper Boost 4.0 yang sudah menyala secara otomatis.

{Baca juga: Nge-game di Oppo Reno6 Lebih Lancar dengan Fitur Hyper Boost 4.0}

Kami menggunakan fitur RAM Expansion hingga 5 GB untuk memperhebat performa Reno6. RAM Expansion memungkinkan kami untuk menambah RAM bawaan secara virtual sampai 13 GB. Dengan fitur ini, sebagian kecil penyimpanan internal yang tersedia akan diubah menjadi RAM Virtual dengan tingkatan 2 GB, 3 GB, sampai 5 GB.

Kemudian, kami juga mengaktifkan fitur Pro Gamer Mode yang dapat ditemukan di aplikasi Game Space. Dengan mengaktifkan fitur ini, sistem akan secara otomatis mengatur performa, frame rate layar, sampai tingkat responsif layar hingga maksimal.

Tak lupa, kami pun menyalakan fitur-fitur pendukung gaming lainnya, termasuk Quick Startup dan Game Focus Mode agar dapat bermain game secara dengan konsentrasi yang penuh.

Tes Gaming Oppo Reno6

Perpaduan layar yang berkualitas tinggi, dapur pacu yang bertenaga, serta fitur gaming yang mampu meningkatkan performa ke tingkat maksimal, membuat Oppo Reno6 dapat menjalankan game-game HD dengan lancar tanpa kendala di kualitas grafis “rata kanan”.

COD Mobile dapat kami mainkan di rata frame rate 40 FPS tanpa gangguan. padahal, game FPS terbaik satu ini kami mainkan dengan grafis dan frame rate Very High.

{Baca juga: Tingkatkan Kinerja Oppo Reno6 Sampai Maksimal dengan Fitur-fitur Ini}

Game berat sekelas PUBG Mobile saja cukup mulus dimainkan di Oppo Reno6, padahal pengaturan grafis yang didapatkan adalah HD dengan frame rate High. Kalau ingin lebih tokcer, kami sarankan untuk menurunkan grafis ke opsi Smoth – Ultra untuk mendapatkan frame rate hingga 45 FPS.

Tes Gaming Oppo Reno6

Lantas, bagaimana dengan game HD Android lainnya Marvel Future Revolution? Game ini pun tergolong lumayan berat, namun cukup lancar dimainkan di Oppo Reno6 selama kami melakukan tes gaming.

Game ini bisa dimainkan agar smooth di frame rate 40 FPS dengan pengaturan grafis rekomendasi dari game. Asal tahu saja, Marvel Future Revolution dapat ditampilkan di kualitas grafis High dengan frame rate Medium di Oppo Reno6.

Main Game Nyaman dengan Multi-Cooling System

Tes Gaming Oppo Reno6

Secara overall, kami sangat puas dengan performa gaming dari Oppo Reno6. Tiga game terbaik Android yang sudah kami mainkan ini dapat dijajal dengan grafis yang berkualitas, lancar, dan tanpa kendala.

Namun tak cuma performa gaming saja yang mendapat nilai plus dari kami, tapi juga soal kenyamanannya. Berlama-lama main game dengan Oppo Reno6 bikin tangan tak pegal, berkat desainnya yang ringkas, ringan, serta tipis.

Ya, smartphone terbaru Oppo ini nyaman digenggaman tangan karena memiliki ketebalan 7,8mm dan berat hanya sekitar 173 gram saja.

{Baca juga: Ngegame di Oppo Reno6 Tetap Asyik Berkat Multi-Cooling System}

Hawa panas pada bodi pun tidak terlalu terasa, berkat adanya sistem pendingin terpadu bernama Multi-Cooling System yang disematkan di dalam bodi aluminium tangguh milik Reno6.

Sistem pendingin ini berada tepat di atas mainboard dan komponen lainnya di dalam bodi. Multi-Cooling System pun cukup berhasil mengurangi suhu panas yang berlebih pada perangkat, terutama saat kami bermain game yang berat.

Itu dia review gaming di Oppo Reno6 yang telah kami lakukan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda ya, sob! (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0