Cara Backup History Percakapan di Skype

Telset.id – Skype merupakan aplikasi berbasis Voice Over Internet Protocol (VoIP) yang paling sering digunakan. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dengan mudahnya dapat menghubungi keluarga atau teman yang memiliki akun Skype lewat suara atau video.

Skype juga mendukung percakapan lewat Instant Messaging (IM). Mungkin diantara percakapan tersebut ada beberapa yang penting, apalagi ketika Anda menggunakan Skype untuk berbisnis, tentu setiap percakapan sangat penting bukan?

Jadi sebaiknya mulailah untuk backup history percakapan Anda dari sekarang. Tim Telset.id akan membantu dengan memberikan cara backup history percakapan di Skype, termasuk history panggilan telepon dengan menggunakan PC.

Aktifkan Penyimpanan Data Skype di Komputer

Untuk memastikan Skype menyimpan data pada PC, Anda harus membuat backup untuk memastikannya. Untuk mengecek apakah Skype menyimpan data di penyimpanan lokal atau tidak, buka Skype dan klik Tools lalu klik Options.

backup-skype-chat (1)

Pada menu Options, klik Privacy lalu klik Privacy Settings. Di sini, Anda akan menemukan opsi Keep history for, klik menu drop down yang terdapat di bawahnya, pastikan Anda memilih opsi Forever.

backup-skype-chat (2)

Membuat Backup Percakapan Skype

Setelah melakukan hal tadi, percakapan kita akan otomatis terekam di PC kita. Nah, mari kita mulai mem-backup-nya. Keluar dari Skype dan pastikan aplikasi ini benar-benar mati karena dengan hanya menutup jendela aplikasinya saja tidak cukup, jadi Anda harus klik kanan ikon Skype yang berada di Task bar dan pilih Quit Skype. Jika sudah, tekan Windows+R di keyboard PC Anda, dan ketik perintah %appdata%\Skype dan klik OK.

backup-skype-chat (3)

Perintah ini akan membuka semua data Skype yang ada di Windows Explorer. Ganti folder tersebut dengan username Skype Anda. Di dalam folder tersebut terdapat data bernama main.db yang merupakan data percakapan Skype. Anda harus menyalin dan menyimpannya dimanapun yang dapat Anda akses secara mudah seperti CD, Flashdisk, atau menyimpannya di Cloud.

backup-skype-chat (4)

backup-skype-chat (5)

Restore Percakapan Skype

Data tersebut dapat dilihat atau diedit dengan menggunakan aplikasi pendukung seperti Microsoft SQLite. Untuk melakukan restore, buka folder yang sebelumnya telah diganti dengan menggunakan username Skype Anda, dan pindahkan data tadi di folder ini.

Sebelumnya, akan terdapat data baru bernama main.db di sini, jadi saat Anda akan memindahkan data yang Anda backup sebelumnya ke sini, Windows Explorer akan menanyakan beberapa opsi, jadi pilih saja Copy and Replace dan data pun akan tersimpan di folder ini.

backup-skype-chat (6)

Jangan khawatirkan mengenai data main.db yang sebelumnya Anda timpa dengan data yang telah dibackup, karena data tersebut telah tersimpan juga di server Skype. Meskipun telah terhapus di PC, tapi di server data tersebut masih tersimpan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here