Akhirnya! Google Contact Punya Fitur Backup dan Restore Kontak

Backup Google Contact

Telset.id, Jakarta – Beberapa dari Anda mungkin menyadari bahwa Google Contact tidak memiliki opsi untuk backup dan restore kontak telepon yang disimpan di smartphone atau tablet.

Apabila pengguna tidak menyimpan kontak melalui akun Google, maka tidak dapat disinkronkan bersama dengan kontak yang tersimpan di Google. Dengan kata lain, kontak akan tetap di perangkat. Atau, buat kontak langsung di SIM.

Opsi lain, pengguna dapat menyimpan kontak secara langsung di memori perangkat. Nah, jika memilih untuk berganti perangkat, kontak yang tersimpan tidak akan disinkronkan melalui akun Google.

{Baca juga: Cara Ambil Foto 360 Derajat Pakai Smartphone Android}

Namun, phoneArena melaporkan bahwa Google mulai meluncurkan pembaruan untuk Google Contact. Di Google Contact, dikutip Telset.id, Selasa (03/03/2020), tampaknya diperkenalkan opsi baru untuk mempermudah pengguna dalam backup dan restore kontak.

Ya, pengguna bisa mencadangkan dan menyinkronkan kontak yang disimpan secara lokal. Semua berjalan secara otomatis jika pengguna mengaktifkan fitur melalui toggle yang baru ditambahkan dari pengaturan.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Google Terbaru}

Akan tetapi, wajib diketahui bahwa pembaruan Google Contact tidak berlaku untuk smartphone Pixel. Sebab, perangkat seluler buatan Google tersebut mencegah pengguna menyimpan kontak secara langsung.

Fitur baru dalam pembaruan aplikasi Google ini diluncurkan secara bertahap ke berbagai smartphone Android. Saat ini, fitur tampaknya tersedia untuk seri Samsung Galaxy S10, tetapi tidak di flagship OnePlus baru. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here