Samsung Belum Bisa Gusur Apple di AS

Telset.id, Jakarta – Pasar smartphone global saat ini memang masih dikuasai Samsung. Namun untuk pasar Amerika Serikat (AS), Apple ternyata masih cukup kokoh “menjaga” kandangnya sendiri dari invasi Samsung.

Kantar menyebutkan bahwa pertumbuhan pasar smartphone kini telah melewati dua digit, dimana saat ini 65% pasar di US sudah menggunakan smartphone, sementara di pasar Eropa mencapai 74% dan pasar China mencatat angka 72%.

Kantar Pertumbuhan smartphonePengguna di AS cenderung membeli smartphone kelas atas, dimana 48% diantaranya membeli perangkat dengan harga USD 500 ke atas di 2015 lalu. Sementara di EU5 (Perancis, Jerman, Spanyol, Itali, dan Inggris), segmen kelas atas hanya mencangkup 27% dari total penjualan ponsel secara keseluruhan.

Jika dilihat dari manufaktur, Apple masih menjadi pilihan utama para pengguna di AS dengan meraup pangsa pasar 40%. Posisi kedua ditempati Samsung dengan 35%, dan menyusul di tempat ketiga Motorola dengan 6%.

Kantar pangsa pasar smartphone di ASMenurut Kantar, di tahun 2016 ini manufaktur smartphone perlu meyakinkan pengguna feature phone untuk mau beralih ke smartphone. Bahkan, menurut Kantar, para vendor harus bisa meyakinkan para pengguna bahwa upgrade ini (feature phone ke smartphone) sifatnya sudah merupakan kebutuhan, bukan lagi hanya kemewahan.

Jika para vendor bisa meyakinkan pengguna, maka diprediksi akan mampu membuka pasar baru, mengingat pengguna smartphone saat ini sudah semakin matang. [HBS]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here