5 Tips Biar Koneksi Internet Stabil Selama Video Conference

Gunakan Koneksi LAN

Tips video conference

Dibandingkan menggunakan WiFi, sebaiknya hubungkan komputer atau laptop Anda dengan kabel LAN. Pasalnya, koneksi LAN tidak mengalami gangguan seperti menggunakan jaringan WiFi.

Maksudnya, ketika rumah Anda menggunakan jaringan WiFi 2.4 GHz, dan banyak perangkat yang terhubung ke koneksi tersebut, maka akan banyak trafik data yang saling betabrakan.

Belum lagi jika tetangga Anda juga menggunakan jaringan WiFi dengan frekuensi yang sama 2.4 GHz, maka interferensi akan lebih banyak terjadi. Nah, menggunakan koneksi kabel LAN akan jauh lebih efektif untuk menghindari interferensi sinyal tersebut.

{Baca Juga: Dukung “WFH”, Google Duo Bisa Group Call Hingga 12 Orang}

Atur Bandwidth Internet

Tips video conference

Banyaknya perangkat yang terhubung ke jaringan internet yang sama secara bersamaan pasitnya akan menguras bandwidth internet yang tersedia. Untuk itu, sebelum memulai video conference, pastikan Anda memutuskan koneksi internet pada perangkat-perangkat yang tidak terlalu penting untuk digunakan.

Semakin sedikit perangkat yang terhubung dengan akses internet yang sama, semakin stabil koneksi internet yang anda dapatkan saat melakukan video conference.

Atau, apabila Anda ingin tetap perangkat terhubung di jaringan yang sama tanpa mengganggu koneksi internet selama video conference, Anda bisa mengatur bandwidth dan membagi access point internet.

Misalnya, buat access point khusus dengan bandwidth memadai untuk melakukan video conference atau kegiatan bekerja di rumah. Saat bandwidth internet di rumah 100 Mbps, maka Anda bisa mengatur 50 Mbps khusus untuk access point keperluan pekerjaan. Lalu sisanya, bisa Anda bagikan untuk kebutuhan umum yang bisa digunakan siapa saja di rumah.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -