Kelebihan dan Kekurangan Galaxy A32: Layakkah Dibeli?

Telset.idSamsung Galaxy A32 merupakan varian paling standar dari tiga smartphone Galaxy A series yang baru saja diluncurkan oleh Samsung Indonesia. Pastinya terdapat sejumlah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A32.

Samsung Galaxy A32 menjadi salah satu pilihan HP baru di harga Rp 3 jutaan terbaik. Beberapa dari Anda pastinya juga sudah tertarik untuk meminang smartphone satu ini.

Namun sebelum membelinya, Anda bisa menyimak beragam kelebihan dan kekurangan dari Galaxy A32 yang sudah kami rangkum berikut ini.

{Baca Juga: Review Samsung Galaxy A32: Layar Kencang, Kinerja Kurang Greget}

Kelebihan Samsung Galaxy A32

Samsung Galaxy A32 hadir dengan sejumlah peningkatan yang signifikan dari generasi sebelumnya. Bahkan kini terlihat jauh lebih menarik untuk konsumen.

Selain menawarkan desain yang cukup menarik, HP Samsung terbaru dan terbaik ini juga mengusung spesifikasi yang lumayan bagus di kelasnya. Untuk mengetahui kelebihannya, berikut ini kelebihan yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy A32:

1. Layar AMOLED dengan Refresh Rate 90Hz

kelebihan kekurangan galaxy a32
Samsung Galaxy A32 (Foto: Surya/Telset.id)

Peningkatan yang cukup menarik dihadirkan Samsung pada sektor layar. Smartphone ini sudah menggunakan panel Super AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi Full HD+.

Asal tahu saja, panel Super AMOLED ini dapat menampilkan warna-warna yang cerah, tajam, hitam pekat, dan terlihat dengan sangat baik saat ponsel digunakan di bawah sinar matahari yang terik.

{Baca Juga: 10 HP Samsung Terbaru April 2021, Rekomendasi HP Buat Lebaran}

Selain itu, Samsung juga sudah menyematkan teknologi refresh rate 90Hz, yang membuat transisi konten terlihat jadi lebih smooth.

Sebagai pelengkap, tertanam juga sensor sidik jari di bagian layar yang bisa digunakan untuk membuka kunci layar dengan sangat mudah.

2. RAM dan Memori Internal Berkapasitas Besar

Kelebihan Kekurangan Galaxy A32
Samsung Galaxy A32 (Foto: Surya/Telset.id)

Guna mendukung kinerja dari chipset MediaTek Helio G80 yang tertanam di jantung pacunya, Samsung ikut membenamkan RAM berkapasitas 6 GB/8 GB serta memori internal 128 GB.

Tentunya ini merupakan kapasitas RAM dan memori internal yang lumayan besar. Kinerja multitasking bakal lebih lancar, begitu juga dengan kebutuhan menyimpan aplikasi dan file yang menjadi lebih bebas.

Jika penyimpanan internalnya dirasa kurang, Samsung masih menyediakan slot memori eksternal yang mampu menampung microSD hingga kapasitas 1 TB.

3. Kapasitas Baterai Besar dan Fast Charging

Kelebihan Kekurangan Galaxy A32
Samsung Galaxy A32 (Foto: Surya/Telset.id)

Samsung Galaxy A32 mengandalkan baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan dukungan fast charging 15W. Berdasarkan pengujian yang dilakukan Telset, baterai ini menawarkan screen on time mencapai 12 jam 53 menit.

{Baca Juga: 15 HP Samsung NFC Terbaru dan Terbaik 2021, Makin Murah!}

Sementara berkat dukungan fast charging 15W, baterai bisa diisi dari 2% sampai 100% hanya dalam waktu 2,5 jam saja.

4. Kamera dengan Hasil Foto Berkualitas

Samsung Galaxy A32
Samsung Galaxy A32 (Foto: Surya/Telset.id)

Galaxy A32 memiliki kamera utama dengan sensor 64MP di bagian belakang. Kamera ini dikombinasikan dengan kamera ultra wide 12MP, kamera makro 5MP, dan kamera depth 5MP. Sementara kamera depan, beresolusi 20MP.

Kamera 64MP pada ponsel ini mengambil gambar dengan skema pixel binning yang menjadikan foto yang ditangkap memiliki resolusi 16MP.

{Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan dari Samsung Galaxy A72, Wajib Tahu!}

Berdasarkan pengujian yang kami lakukan, foto tersebut punya detail yang bagus, komposisi warna yang baik, serta dynamic range yang luas.

Sedangkan untuk kamera depan beresolusi 20MP, foto selfie yang dihasilkan menampilkan detail yang bagus, dan kualitas warna yang akurat.

5. Sudah Memiliki NFC

NFC
Ilustrasi NFC

Salah satu fitur yang tak kalah penting dan kini sudah dapat ditemui di Galaxy A32 adalah NFC. Yup, kini Galaxy A32 menjadi pilihan baru smartphone dengan fitur NFC.

Dengan adanya dukungan NFC ini, tentu Anda dapat dengan mudah melakukan top up atau mengecek saldo uang elektronik yang Anda miliki.

Kekurangan Samsung Galaxy A32

Selain memiliki banyak kelebihan, terselip juga beberapa kekurangan yang dimiliki Samsung Galaxy A32. Ada apa saja ya? Ini dia penjelasan selengkapnya.

1. Bodi Rentan Kotor

Kelebihan kekurangan Galaxy A32
Samsung Galaxy A32 (Foto: Surya/Telset.id)

Samsung Galaxy A32 memiliki desain yang mirip dengan seri flagship Galaxy S21, hanya saja dengan sedikit penyesuaian. Meski demikian, terdapat sedikit kekurangan pada desainnya ini.

Bodi milik Galaxy A32 mudah sekali meninggalkan noda-noda sidik jari dari pengguna. Ini membuatnya mudah terlihat kotor dan kurang sedap dipandang.

Jika bodinya terlihat dekil, tentunya Anda juga akan risih melihatnya bukan?! Mau tidak mau, pengguna harus sering-sering membersihkannya agar tidak tampak kotor.

2. Paket Penjualan yang Minimalis 

Jangan khawatir, Samsung masih menyertakan adaptor pengisian daya pada paket penjualan Galaxy A32. Dengan banderol harga di kisaran Rp 3 jutaan, paket penjualannya tergolong minimalis.

Samsung sama sekali tidak menyertakan bonus jelly case, sebagaimana yang biasanya ada di paket penjualan sebuah smartphone. Bahkan beberapa smartphone dengan label harga di bawahnya masih memberikan bonus semacam ini.

{Baca Juga: Review Samsung Galaxy A52: Ponsel Tahan Air, Performa ‘Awesome’}

Selain jelly case, Anda juga tidak akan menemukan bonus earphone di boks penjualannya. Sangat disayangkan memang, padahal bonus aksesoris ini bisa jadi sentuhan kecil yang berguna bagi konsumen.

Spesifikasi Samsung Galaxy A32

Samsung Galaxy A32 memiliki layar FHD+ Super AMOLED Infinity-U Display berukuran 6,4 inci dengan refresh rate 90hz dan tingkat kecerahan hingga 800 nits yang diklaim tetap jernih bahkan di luar ruangan.

Smartphone ini mengandalkan empat kamera, dengan konfigurasi kamera utama 64 MP, kamera ultra wide 8 MP, kamera 5 MP (depth), kamera 5 MP (makro). Sedangkan didepan mengandalkan kamera 20 MP untuk selfie.

{Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan dari HP Terbaru Samsung Galaxy A52}

Untuk dapur pacunya, ponsel ini ditenagai chipset MediaTek Helio G80. Sementara untuk kapasitas RAM dan memorinya, ponsel ini ditawarkan dalam opsi RAM 6/8GB yang dilengkapi memori internal 128GB, juga dapat ditingkatkan dengan menambahkan external memori hingga kapasitas 1TB.

Sumber daya baterainya berkapasitas 4.500 mAh dan disertai dengan pengisian daya cepat 15W. Tersedia empat varian warna yaitu Awesome Violet, Awesome Blue, Awesome Black, dan Awesome White.

SPESIFIKASI SAMSUNG GALAXY A32
Rilis Maret 2020
Network 2G, 3G, 4G
OS Android 11, One UI 3.0
Chipset Helio G80
CPU Octa-Core (2×2.3 GHz + 6×1.8 GHz)
GPU Adreno 618
RAM 4 GB/ 6 GB/ 8 GB
Memori 128 GB/ 256 GB
Dimensi 75.1 x 159.9 x 8.4mm, 189g
Layar 6.5 inci FHD+ Super AMOLED, 90 Hz refresh rate
Kamera Utama 64MP, 12MP (Ultra Wide), 5MP(macro), 5MP (Depth)
Kamera Depan 32 MP
Beterai 4.500 mAh, 15W Fast Charging
Warna Awesome Violet, Awesome Blue, Awesome Black, dan Awesome White
Harga Rp 3,5 juta  – Rp 3,7 juta

Nah, itu tadi kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy A32. So far, HP terbaru Samsung ini menawarkan spesifikasi yang cukup menarik. Untuk mengetahui performanya, kami sudah melakukan pengujian, dan hasilnya bisa Anda baca di review Samsung Galaxy A32 yang sudah ulas secara lengkap sebelumnya. [HR/HBS]

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0