Irit-iritan Bandwidth 4 Aplikasi Video Conference Populer, Siapa Terbaik?

Aplikasi video conference terbaik

Telset.id, Jakarta – Setelah Presiden Joko Widodo mengeluarkan imbauan untuk bekerja dan belajar dari rumah, banyak aktivitas belajar kelompok atau rapat kini dilakukan via online. Beragam aplikasi video conference terbaik digunakan seperti Google Hangouts, Zoom, atau Skype.

Baru-baru ini, 3 Indonesia melakukan pengujian internetl terbatas terhadap empat aplikasi video conference terbaik dan populer yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Empat aplikasi ini juga paling banyak digunakan oleh pengguna 3 Indonesia. Pengujian yang dilakukan operator tersebut berdasarkan kebutuhan bandwidth yang rendah dan memiliki koneksi internet stabil.

{Baca Juga: 5 Aplikasi Video Conference untuk Kerja dari Rumah, Gratis!}

Sekadar informasi, agar kegiatan virtual ini dapat berlangsung lancar tanpa lag yang mengganggu, penting untuk memilih aplikasi video conference terbaik yang punya kebutuhan bandwidth rendah serta memiliki koneksi internet yang stabil.

Dalam melakukan pengujian, 3 Indonesia menggunakan perangkat yang sama dalam telekonferensi selama 30 menit dengan lima partisipan. Berikut hasilnya:

Aplikasi video conference terbaik

Dalam grafik hasil pengujian internal 3 Indonesia, Zoom menjadi aplikasi video conference dengan kebutuhan bandwidth kecil. Otomatis, aplikasi itupun membutuhkan data yang kecil, sehingga pengguna bisa menghemat konsumsi paket data selama telekonferensi.

Namun, bukan berarti aplikasi dengan kebutuhan bandwidth besar itu jelek. Sebab, aplikasi seperti Webex membutuhkan bandwidth yang besar, tapi umumnya menawarkan kualitas video yang lebih baik.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Terbaru}

Kebutuhan bandwidth setiap aplikasi dapat bervariasi pula tergantung dari perangkat elektronik yang digunakan.

Menurut 3, dibandingkan dua minggu sebelumnya, akses terhadap empat layanan aplikasi telekonferensi video ini meningkat hingga 693%, khususnya pada jam kerja.

{Baca Juga: Dukung “WFH”, Google Duo Bisa Group Call Hingga 12 Orang}

“Pasca imbauan dari Pemerintah untuk beraktivitas dari rumah, kebutuhan internet di jam kerja meningkat pesat. Di periode yang sulit ini, tim teknis 3 Indonesia terus memonitor jaringan selama 24/7 untuk memastikan koneksi yang stabil,” ujar Desmond Cheung, Chief Technical Officer 3 Indonesia.

Untuk melengkapi kebutuhan internet pelanggan, 3 Indonesia juga memiliki rangkaian produk AlwaysOn Unlimited yang memberikan kuota unlimited di jam 01.00-17.00, yang bisa digunakan untuk mengakses semua aplikasi untuk menunjang aktivitas work from home maupun school from home tanpa khawatir kehabisan kuota.

{Baca Juga: Ngeyel, Orang-orang Tetap Plesiran Selama Wabah Corona}

Dengan AlwaysOn Unlimited, pelanggan bisa bebas mengakses semua aplikasi seperti Skype, Zoom, WebEx, Google Hangout, aplikasi e-learning Edmodo, Ruangguru, Quipper, Zenius, Google Classroom, media sosial, hingga berbagai aplikasi hiburan.

“Kami berupaya untuk memastikan pengguna 3 Indonesia dapat mengadakan diskusi online maupun rapat tatap muka secara virtual dengan nyaman,” pungkas Desmond. (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here