11 Aplikasi Video Conference Terbaik untuk Kerja dari Rumah

Telset.id – aplikasi video conference gratis bisa jadi pilihan yang tepat untuk saling terhubung dan berkoordinasi dengan rekan kerja secara virtual lewat aplikasi video call banyak peserta. Beberapa aplikasi teleconference yang sudah sangat populer seperti misalnya Zoom, Google Meet, Skype, dll.

Aplikasi video conference menjadi solusi agar kalian bisa tetap terhubung dengan rekan kerja atau keluarga tercinta. Dengan aplikasi video conference atau aplikasi teleconference, kalian bisa melakukan rapat atau seminar dengan jumlah peserta yang banyak.

{Baca juga: 10 Aplikasi Kompres File PDF di Android Gratis Terbaik 2021}

Meski sebagian fitur lengkapnya berbayar, tapi tak perlu khawatir karena aplikasi video conference gratis juga masih bisa Anda gunakan dengan fitur yang cukup komplit. Kedua layanan tersebut dapat dipilih sesuai kebutuhan kegiatan kalian.

Untuk itu tim Telset akan memberikan rekomendasi 11 aplikasi video conference yang bisa digunakan untuk bekerja dan bisnis. Yuk disimak!

Aplikasi Video Conference untuk Kerja 

Aplikasi video conference adalah solusi bagi kalian yang ingin tetap bekerja dari rumah. Ada banyak aplikasi video conference yang mayoritas bisa diakses melalui smartphone atau laptop.

Kalian bisa memiliki apakah ingin menggunakan layanan yang berbayar, atau hanya menggunakan aplikasi video conference gratis. Selain itu, saat ini juga sudah ada aplikasi video call banyak peserta hingga puluhan orang.

Nah, berikut ini 11 aplikasi video conference yang bisa Anda pilih untuk bekerja, baik yang gratis maupun berbayar.

1. Zoom 

aplikasi video conference
Zoom

Zoom menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk melakukan kerja online dari rumah. Aplikasi ini dapat digunakan bagi kalian yang ingin melakukan komunikasi virtual dengan rekan kerja dengan jumlah hingga 1000 orang.

Selain itu, keunggulan lain dari aplikasi teleconference Zoom adalah bisa diakses melalui smartphone dan juga laptop. Kalian juga bisa mengganti latar belakang layar dengan berbagai gambar sehingga komunikasi bisa semakin menarik.

Zoom juga memungkinkan kalian untuk merekam pembicaraan serta tersedia dalam 2 versi yakni versi gratis dan versi berbayar atau Zoom Premium. Untuk yang berbayar Zoom Premium dibandrol mulai dari USD 15 atau Rp 218 ribu per bulan.

2. Google Meet

aplikasi video conference
Google Meet

Google Meet sangat cocok Anda gunakan untuk bekerja, karena aplikasi teleconference ini memungkinkan kalian untuk berkomunikasi dengan rekan-rekan kerja melalui aplikasi video call banyak peserta.

Google Hangouts Meet memungkinkan kalian untuk menggelar sebuah rapat secara online yang melibatkan hingga 250 peserta. Bahkan, aplikasi teleconference ini juga dapat menyiarkan live streaming kepada 100 ribu penonton.

Kelebihan lain dari Meet adalah kalian bisa menggunakan aplikasi ini dari berbagai perangkat. Mulai dari PC, laptop, atau smartphone sekalipun. Untuk harga mulai 1 April Google Meet versi gratis hanya dapat digunakan dengan durasi maksimal 1 jam.

Sedangkan bagi yang ingin bisa mengakses Meet dengan durasi yang lebih panjang, maka kalian harus berlangganan mulai dari USD 8 atau Rp116 ribu.

3. Skype

Aplikasi video conference
Skype

Skype menjadi salah satu layanan populer yang bisa digunakan untuk saling berkomunikasi melalui video call. Tidak hanya secara one on one, layanan milik Microsoft ini juga bisa digunakan untuk melakukan conference call dengan banyak orang sekaligus.

Untuk menggunakan aplikasi video call banyak peserta secara berkelompok, Skype memungkinkan 50 pengguna untuk bergabung sekaligus dalam sebuah sesi percakapan.

{Baca juga: 12 Aplikasi Cheat Game Online Terbaik, Pasti Auto Win!}

Serupa dengan Google Hangouts Meet, Skype juga bisa dinikmati dari beragam platform, seperti komputer, tablet, dan juga smartphone serta semua akses tersebut bisa digunakan dengan gratis.

4. Microsoft Teams

aplikasi teleconference
Microsoft Teams

Satu lagi layanan besutan Microsoft yang bisa kalian gunakan untuk melakukan video conference. Microsoft Teams adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk berkomunikasi atau menggelar rapat sekalipun dengan rekan kerja.

Tersedia dalam dua versi, Microsoft Teams gratisan dan berbayar. Untuk yang berbayar harganya mulai  dari Rp39 ribu per bulan dan kalian bisa melakukan rapat online Teams selama 24 jam penuh dengan kapasitas peserta hingga 10 ribu peserta.

Sedangkan pada Microsoft Teams versi gratis, Anda bisa menikmati beragam layanan seperti akses panggilan dengan durasi 1 jam dan jumlah peserta maksimal 100 orang.

5. Cyberlink U Meeting

aplikasi teleconference

Aplikasi lain yang bisa digunakan untuk melakukan conference video call dengan rekan kerja dari rumah adalah Cyberlink U Meeting. Layanan ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar.

Pada varian layanan gratisnya, pengguna dapat menikmati beragam layanan yang ada. Seperti group call selama 30 dengan jumlah peserta maksimal 25 orang. Sedangka untuk versi berbayar dibandrol mulai dari USD 10 atau Rp145 ribu.

Keunggulan dari Cyberlink U Meeting adalah sangat aman karena menggunakan enkripsi end-to-end, tersedia penyimpanan cloud sebesar 2 GB dan kalian bisa mengatur latar belakang video.

Kalian bisa mengganti latar belakang dengan foto atau memberikan efek blur atau buram sehingga privasi lebih terjadi.

6. Slack

aplikasi video conference gratis
Slack

Slack jadi aplikasi alternatif yang bisa Anda gunakan untuk melakukan conference video dengan rekan kerja. Sayangnya fitur optimal dari Slack baru bisa dinikmati di versi berbayar.

Keunggulan Slack adalah mampu terintegrasi dengan aplikasi kerja populer seperti Google Drive, Office 365 dan menyediakan penyimpanan cloud. Seperti aplikasi video conference lain Slack juga tersedia dalam 2 versi yakni versi gratis dan berbayar.

{Baca juga: 10 Aplikasi Download Video YouTube di PC Terbaik 2021}

Untuk versi gratis panggilan video hanya bisa digunakan untuk panggilan ke 1 orang saja. Sedangkan untuk versi berbayar harganya mulai dari USD 6.6 atau Rp96 ribu dimana Anda bisa melakukan panggilan ke 15 orang sekaligus.

7. Cisco Webex

aplikasi video conference gratis
Cisco Webex

Ketujuh adalah Cisco Webex. Aplikasi ini menjadi salah satu pilihan bagi kamu yang ingin melakukan rapat online dengan mudah. Cisco dirilis oleh Cisco Systems Inc pada tahun 2011.

Kemudian seiring berjalannya waktu serta meningkatkan kebutuhan akan layanan aplikasi video conference, akhirnya Cisco Webex banyak diunduh oleh pengguna baik melalui smartphone atau laptop.

Cisco Webex tersedia dalam 2 versi yakni gratis dan berbayar. Untuk versi gratis kalian bisa menggunakan Cisco untuk rapat online dengan durasi rapat maksimal 40 menit dan jumlah peserta maksimal 50 orang.

Sedangkan untuk layanan berbayar harganya USD 650 atau Rp9,7 juta per tahun dan dapatkan berbagai keunggulan seperti mengadakan konferensi video dengan jumlah peserta mencapai 200 orang.

8. RingCentral Meetings

aplikasi video conference

Kedelapan adalah RingCentral Meetings. Aplikasi ini memungkinkan kalian untuk mengadakan pertemuan virtual dengan kualitas video yang tinggi. Selain itu kalian juga dapat berbagi foto, file, dokumen, website dan bahkan layar Anda dengan peserta rapat.

Aplikasi video conference ini tersedia dalam 2 versi yakni gratis dan berbayar. Untuk versi gratis kalian dapat melakukan pertemuan dengan durasi waktu maksimal 40 menit dan maksimal 100 peserta.

Sedangkan untuk versi berbayar Anda dapat melakukan konferensi virtual hingga 200 peserta dan tanpa durasi waktu. Harga untuk paket berbayar dibandrol mulai dari USD 30 atau Rp437 ribu per bulan. Kedua versi layanan bisa diakses di HP atau laptop kalian.

9. UberConference

aplikasi teleconference

Kesembilan adalah UberConference. Keunggulan aplikasi ini adalah dapat membuat panggilan yang dijadwalkan, mampu merekam jalannya rapat online serta dapat menambah jumlah peserta walaupun rapat sedang berlangsung.

UberConference tersedia dalam 2 versi yakni versi gratis dan berbayar atau premium. Untuk versi gratis kalian dapat menggunakan aplikasi video conference dengan maksimal 10 peserta dan durasi 45 menit.

Sedangkan untuk versi berbayar harganya dibandrol mulai dari USD 15 atau Rp218 ribu dimana kalian bisa melakukan rapat batas waktu dengan jumlah peserta mencapai 100 peserta.

UberConference mencakup banyak fitur, seperti memanggil peserta untuk panggilan yang dijadwalkan, juga memberi mereka kemampuan untuk merekam pertemuan atau menambahkan peserta ke panggilan saat sedang dalam konferensi.

10. GoToMeeting

aplikasi video call banyak peserta

Kesepuluh adalah GoToMeeting. Sesuai namanya GoToMeeting membuat kamu dapat melakukan rapat online kapan dan dimana saja. GoToMeeting bisa menjadi alternatif pilihan ketika ingin rapat online menggunakan smartphone atau laptop.

{Baca juga: Tips Aman Video Conference Menggunakan Aplikasi Zoom}

GoToMeeting menyediakan versi gratis dimana kalian dapat mengakses layanan gratis selama 14 hari. Sedangkan untuk versi berbayar, GoToMeeting menyediakan paket berbayar mulai dari USD 12 atau Rp175 ribu per bulan.

11. Vast Conference

aplikasi video call banyak peserta

Terakhir adalah Vast Conference. Aplikasi video conference ini dapat digunakan untuk rapat-rapat resmi perusahaan. Hal ini karena Vast Conference mampu menampung peserta hingga 100 orang.

Vast Conference tidak menyediakan layanan gratis dan untuk berlangganan harga paket Vast Conference dibandrol mulai dari USD 12 atau Rp175 ribu.

Demikian informasi mengenai 11 aplikasi video conference yang cocok untuk kerja dari rumah. Semoga informasi ini bermanfaat dan silakan pilih aplikasi terbaik menurut kalian.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0