telset

Benchmark iPhone 12 Pro Beredar, Berapa Skornya?

Telset.id, Jakarta – Lama dinantikan, Apple resmi memperkenalkan iPhone 12 ke hadapan publik. Baru-baru ini, benchmark iPhone 12 dan 12 Pro beredar dan meramaikan dunia maya.

Dari hasil benchmark iPhone 12 yang dilakukan di GeekBench, diperlihatkan kapasitas RAM yang sebelumnya sama sekali tidak disebutkan saat acara peluncuran.

{Baca juga: Nyinyiran Netizen: “iPhone 12 Kok Mirip iPhone 5 Sih”}

Hasil benchmark yang beredar merupakan pengujian iPhone 12 dan iPhone 12 Pro. Dengan ini kita dapat melihat sejauh mana kinerja chipset A14 Bionic yang ditanamkan di perangkat iPhone generasi terbaru.

Menurut Apple, A14 Bionic menjanjikan kinerja CPU 40% lebih baik dan kemampuan GPU yang 30% lebih tinggi bila dibandingkan dengan chipset A12 Bionic.

Pada hasil uji benchmark di perangkat iPhone 12 memperlihatkan RAM sebesar 4 GB. Skor single-core yang diraihnya berada di angka 1.588. Sementara untuk multi-core mendapatkan skor sebesar 3.677 poin.

Sementara untuk iPhone 12 Pro memiliki RAM yang lebih besar, yakni 6 GB. Hasilnya seri iPhone 12 tertinggi ini mendapat skor single-core sebesar 1.590 dan poin 3.881 untuk pengujian multi-core.

Dibandingkan dengan pengujian Apple A13 di Geekbench tahun lalu, iPhone baru menawarkan peningkatan hanya di bawah 20% dalam kinerja single-core dan hanya lompatan 8% dalam pengujian multi-core.

Angka-angka Geekbench yang baru lebih jauh menunjukkan bahwa chip A14 lebih fokus pada penghematan daya daripada peningkatan kinerja.

Ini sangat masuk akal mengingat ponsel ini sudah mendukung jaringan 5G dan menawarkan masa pakai baterai yang lebih baik.

Tapi kalau itu alasannya, apakah memang jaringan 5G di iPhone 12 benar-benar sudah digunakan? Padahal seperti kita tahu, Informasi menyebut, jaringan 5G di Amerika Serikat (AS) belum mendukung kecepatan 5G iPhone 12.

Menurut para analis, iPhone 12 dapat memanfaatkan 5G yang beroperasi hingga 20 kali lebih cepat daripada nirkabel 4G. Namun alih-alih mendapat pujian, para ahli justru mempertanyakan keberadaan jariangan 5G di iPhone terbaru itu.

{Baca juga: Punya iPhone 12 5G Seperti Orang Naik Ferrari di Desa}

Mereka mengatakan bahwa menggunakan iPhone 12 atau perangkat berkemampuan 5G apa pun di jaringan yang tersedia saat ini hanya akan “seperti memiliki Ferrari, tetapi menggunakannya di pedesaan sehingga pengguna tidak dapat mengemudi hingga 200 mil per jam”.

Spesifikasi iPhone 12 Series

iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max tampil dengan opsi warna Blue, Gold, Graphite, dan Silver. Sementara iPhone 12 dan 12 mini, hadir dengan opsi warna yang lebih beragam. Smartphone tersebut dilapisi warna Black, Blue, Green, Red, dan White.

iPhone 12 mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max hadir dengan ukuran layar OLED Super Retina XDR yang beragam. iPhone 12 mini mengusung layar 5,4 inci dengan ukuran notch yang sama besarnya dengan tiga seri lainnya.

{Baca juga: Ternyata Ini Alasan Apple Jual iPhone 12 Tanpa Charger}

Sementara model standar dan 12 Pro, dilengkapi layar berukuran 6,1 inci. iPhone 12 Pro Max muncul sebagai iPhone dengan layar terbesar dengan ukuran 6,7 inci.

Keempatnya ditenagai oleh prosesor Apple A14 Bionic yang powerful. Tentu saja, prosesor yang dirancang dengan proses fabrikasi 5nm ini sudah mendukung jaringan 5G.

iPhone 12 mini dan model standar mempunyai RAM 4GB dengan kapasitas memori penyimpanan 64GB, 128GB, dan 256GB. Sedangkan iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max, ditopang RAM 6GB dengan pilihan storage 128GB, 256GB, sampai 512GB.

iPhone 12 dan model mini mengusung dual kamera di bagian belakang. Konfigurasinya 12MP wide dengan dukungan OIS (Optical Image Stabilization) dan 12MP ultrawide.

{Baca juga: Perbandingan iPhone 12 vs iPhone 12 Mini, Pilih Mana?}

Sedangkan iPhone 12 Pro dan model tertinggi, punya tiga kamera belakang dengan dukungan LiDAR. Ketiganya kameranya adalah 12MP wide dengan OIS, 12MP ultrawide, dan 12MP telephoto dengan kemampuan 2,5x optical-zoom.

Sementara kamera depannya, seluruh seri iPhone 12 punya kamera 12MP yang tergabung dalam TruDepth Camera. (HR/MF)

SourceGSMArena

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0