Punya iPhone 12 5G Seperti Orang Naik Ferrari di Desa

iPhone 12 5G

Telset.id, Jakarta  – iPhone 12 diklaim sanggup mengakses kecepatan nirkabel super cepat setara jaringan 5G. Tapi kemampuan dianggap seperti memiliki Ferrari, tetapi menggunakannya di pedesaan. Apa maksudnya?

CEO Apple, Tim Cook, secara percaya diri mengklaim bahwa seri iPhone 12 menghadirkan kecepatan unggah, unduh, dan video melebihi apa pun yang pernah ada. “Hari ini adalah era baru iPhone,” kata Cook.

{Baca juga: Nyinyiran Netizen: “iPhone 12 Kok Mirip iPhone 5 Sih”}

Seperti dikutip Telset.id dari New York Post, Rabu (14/10/2020), empat iPhone 12 akan mendukung gelombang milimeter 5G, yang merupakan sinyal tercepat, selain gelombang 5G berfrekuensi rendah.

CEO Verizon, Hans Vestberg, bahkan mengumumkan bahwa iPhone 12 akan bekerja di jaringan 5G ultrawideband yang dirancang untuk mengurangi kemacetan di kota-kota padat seperti New York dan LA.

Analis Wedbush, Dan Ives, menyebut empat seri iPhone 12 sebagai “siklus produk Apple yang paling penting sejak iPhone 6 pada 2014”. Menurutnya, fokus Apple kepada manfaat 5G cukup memberi inspirasi.

“Sekitar 40 persen dari basis penginstalan belum meningkatkan iPhone dalam 3,5 tahun terakhir. Saya pikir peningkatan desain dan teknologi akan menjadi kombinasi ajaib yang dilakukan Apple,” katanya.

Namun, perlu dicatat bahwa operator di Amerika Serikat sekalipun kini masih berjuang untuk meluncurkan jaringan 5G. Pun sudah ada, layanan tetap tidak akan stabil, khususnya di beberapa area.

{Baca juga: Spesifikasi Lengkap iPhone 12, 12 Mini, 12 Pro, dan 12 Pro Max}

Bagi sebagian orang, apalagi di Indonesia, menggunakan iPhone 12 yang katanya punya kecepatan nirkabel super cepat sama saja seperti mengendari mobil Ferrari di jalanan pedesaan. Apa maksudnya?

Ya, Anda tidak akan bisa mengemudi hingga 200 mil per jam karena jalanan tidak memungkinkan. Anda tidak akan bisa mengakses kehebatan iPhone 12 yang katanya memiliki kecepatan nirkabel super cepat.

Sebelumnya dikabarkan bahwa jaringan 5G di Amerika Serikat (AS) belum mendukung kecepatan 5G iPhone 12. Menurut para analis, iPhone 12 dapat memanfaatkan 5G yang beroperasi hingga 20 kali lebih cepat daripada nirkabel 4G.

Boris Metodiev, direktur asosiasi dari firma riset Strategy Analytics, mengemukakan bahwa jaringan 5G yang sekarang tersedia di AS sebagian besar menggunakan spektrum nirkabel pita rendah atau wilayah udara, yang lebih lambat daripada spektrum pita tinggi.

Kemungkinan akan memakan waktu bertahun-tahun bagi operator seluler untuk meningkatkan kecepatan secara besar-besaran serta membuat augmented reality dan permainan cloud real-time.

{Baca juga: Jaringan AS Belum Siap Dukung Kecepatan 5G iPhone 12}

Beberapa operator telekomunikasi AS telah menyebarkan jaringan berdasarkan pita spektrum lebih rendah dengan kecepatan sedikit lebih tinggi daripada 4G. Varian yang lebih cepat dari 5G “mid-band” juga sedang diluncurkan, tetapi masih sulit diakses.

Kecepatan tercepat yang disebut-sebut oleh operator adalah 5G gelombang milimeter atau mmWave, yang bekerja dalam  jarak yang lebih pendek. Verizon Communications Inc punya jaringan mmWave terbesar, tetapi hanya tersedia di area terbatas. [SN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here