Ternyata Ini Alasan Apple Jual iPhone 12 Tanpa Charger

iphone 12 charger

Telset.id, Jakarta – Apple benar-benar tidak menyertakan charger di paket penjualan iPhone 12. Perusahaan tidak lagi memberikan charger maupun EarPods di dalam boks iPhone 12.

Banyak pihak yang tentunya mempertanyakan alasan dibalik kebijakan ini. Tidak sedikit juga yang menganggap bahwa keputusan Apple ini merugikan konsumen karena harus membeli adaptor charger secara terpisah.

Menanggapi polemik ini, Apple akhirnya buka suara. Mereka menjelaskan alasan untuk tidak menyertakan charger di dalam boks iPhone 12.

Raksasa Cupertino mengatakan bahwa tindakan ini merupakan upaya perusahaan untuk membantu mengurangi emisi karbon sebagai bagian dari inisiatif perusahaan ramah lingkungan.

{Baca Juga: Spesifikasi dan Harga iPhone Terbaru}

Penjelasan ini disampaikan langsung oleh Lisa Jackson, Apple Vice President of Environment, Policy and Social Initiatives saat peluncuran iPhone 12 yang disiarkan secara online dari Apple Park.

“Seperti yang kami lakukan dengan Apple Watch, kami mencari cara untuk mengurangi limbah dan menggunakan lebih sedikit bahan,” kata Jackson.

“Pelanggan sudah memiliki lebih dari 700 juta headphone Lightning, dan banyak pelanggan telah beralih ke pengalaman nirkabel dengan AirPods, Beats, atau headphone nirkabel lainnya. Dan juga ada lebih dari 2 miliar adaptor daya Apple di dunia, dan itu belum termasuk miliaran adaptor pihak ketiga. Jadi kami menghapus item ini dari kotak iPhone,” jelas Jackson.

Selain bahan mentah, kebijakan tersebut juga mengurangi ukuran kemasan iPhone, yang mengurangi emisi karbon dari rantai logistik Apple.

Berdasarkan laman Apple Store, saat ini mereka menjual EarPods dengan konektor Lightning dengan harga USD 19 atau setara Rp 280 ribuan, sebelumnya dijual dengan harga USD 29.

{Baca Juga: Spesifikasi Lengkap iPhone 12, 12 Mini, 12 Pro, dan 12 Pro Max}

Sementara untuk charger USB Type C 20W juga dijual dengan harga USD 19 atau sekitar Rp 280 ribuan. Ini merupakan pengganti perangkat pengisian daya yang sebelumnya hanya memiliki output 18W.

Spesifikasi iPhone 12 Series

iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max tampil dengan opsi warna Blue, Gold, Graphite, dan Silver. Sementara iPhone 12 dan 12 mini, hadir dengan opsi warna yang lebih beragam. Smartphone tersebut dilapisi warna Black, Blue, Green, Red, dan White.

iPhone 12 mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max hadir dengan ukuran layar OLED Super Retina XDR yang beragam. iPhone 12 mini mengusung layar 5,4 inci dengan ukuran notch yang sama besarnya dengan tiga seri lainnya.

Sementara model standar dan 12 Pro, dilengkapi layar berukuran 6,1 inci. iPhone 12 Pro Max muncul sebagai iPhone dengan layar terbesar dengan ukuran 6,7 inci.

Keempatnya ditenagai oleh prosesor Apple A14 Bionic yang powerful. Tentu saja, prosesor yang dirancang dengan proses fabrikasi 5nm ini sudah mendukung jaringan 5G.

{Baca juga: Perbandingan iPhone 12 vs iPhone 12 Mini, Pilih Mana?}

iPhone 12 mini dan model standar mempunyai RAM 4GB dengan kapasitas memori penyimpanan 64GB, 128GB, dan 256GB. Sedangkan iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max, ditopang RAM 6GB dengan pilihan storage 128GB, 256GB, sampai 512GB.

iPhone 12 dan model mini mengusung dual kamera di bagian belakang. Konfigurasinya 12MP wide dengan dukungan OIS (Optical Image Stabilization) dan 12MP ultrawide.

Sedangkan iPhone 12 Pro dan model tertinggi, punya tiga kamera belakang dengan dukungan LiDAR. Ketiganya kameranya adalah 12MP wide dengan OIS, 12MP ultrawide, dan 12MP telephoto dengan kemampuan 2,5x optical-zoom.

Sementara kamera depannya, seluruh seri iPhone 12 punya kamera 12MP yang tergabung dalam TruDepth Camera. (MF)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here