iPhone 16 dan iPhone 15 Masih akan Pakai Modem 5G Qualcomm

Telset.id, Jakarta – Apple masih akan menggunakan modem 5G buatan Qualcomm hingga tahun 2024 mendatang. Itu artinya, seluruh model seri iPhone 15 dan iPhone 16 series yang rilis dua tahun ke depan masih akan menggunakan modem 5G Qualcomm.

Apple sejatinya sedang mengembangkan modem 5G buatan sendiri untuk perangkatnya. Namun nampaknya pengembangan yang dilakukan Apple belum bisa rampung dalam waktu dekat.

Raksasa dari Cupertino itu memang diketahui dalam beberapa tahun terakhir sedang mencoba mengembangkan modem 5G sendiri, untuk mengurangi ketergantungannya pada Qualcomm sebagai pemasok modem.

BACA JUGA:

Menurut analis Haitong International Securites, Jeff Pu Apple masih akan menggunakan modem 5G Qualcomm untuk seluruh model iPhone 15 dan iPhone 16. Hal ini mengindikasikan bahwa Apple masih akan menggunakannya hingga 2024 mendatang.

Jeff Pu memperkirakan bahwa iPhone 15 yang dirilis pada 2023 akan menggunakan modem Qualcomm Snapdragon X70, dan iPhone 16 yang rilis tahun 2024 akan menggunakan modem Snapdragon X75 yang akan diproduksi berdasarkan proses 4nm dari TSMC.

Perlu diketahui, proses fabrikasi yang lebih kecil pada Snapdragon X75 akan membuat modem 5G ini memiliki peningkatan efisiensi daya. Modem Snapdragon X75 diharapkan mampu menghemat daya baterai iPhone 16 ketika mengaktifkan jaringan 5G.

Sebagai informasi, iPhone 14 series yang baru diluncurkan tahun ini menggunakan modem Snapdragon X65, yang diumumkan Qualcomm pada Februari 2021. Modem ini membawa peningkatan efisiensi daya dan peningkatan masa pakai baterai.

Sebelumnya, analis TF International Securities, Ming-Chi Kuo, mencatat bahwa model iPhone 15 yang dirilis tahun 2023 akan menggunakan modem 5G buatan Apple sendiri, dan hanya menyisakan sekita 20 persen pangsa pasokan untuk Qualcomm.

Namun belakangan, menurut cuitan Kuo, upaya tersebut gagal karena pengembangan yang dilakukan Apple tidak berhasil selesai tepat waktu. Alhasil, Apple masih akan bergantung dengan Qualcomm hingga tahun 2024 mendatang.

Menurut laporan sebelumnya, Apple berencana untuk bermitra dengan TSMC guna produksi chip modem iPhone 5G milik Apple untuk handset masa depan.

BACA JUGA:

Modem tersebut dikatakan dirancang dan diuji di 5nm sebelum pindah ke produksi massal pada 2023 di 4nm. Chip itu bakal digunakan di iPhone 2025.

Apple belum memberi konfirmasi mengenai kabar ini. Apple masih fokus produksi iPhone 14 untuk memenuhi permintaan pasar yang cukup positif. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0