Apple dan Qualcomm Damai, Intel “Ngambek” Bikin Modem 5G?

Telset.id, Jakarta Intel bakal berhenti membuat modem 5G. Intel memutuskan untuk fokus menggarap modem 4G dan 5G untuk komputer, perangkat smart home, serta bisnis infrastruktur lain.

Intel mengumumkan kebijakan itu hanya beberapa jam setelah Apple dan Qualcomm memutuskan untuk menyelesaikan perselisihan pelanggaran paten dan royalti untuk modem khusus iPhone.

Besar kemungkinan, keputusan Intel mundur dari pasar modem 5G mendorong Apple dan Qualcomm untuk berdamai. Namun, tidak diketahui kapan Intel akan memberitahukannya kepada Apple.

{Baca juga: Terkendala Modem, Mungkinkah Apple Rilis iPhone 5G pada 2020?}

Menurut laporan, sebagai dampak keputusan Intel, Apple mau tak mau mengganti pemasok. Bisa jadi, Apple akan menggunakan lagi modem buatan Qualcomm untuk iPhone.

Dikutip Telset.id dari The Verge, Kamis (18/4/2019), CEO Intel, Bob Swan, mengatakan, 5G masih menjadi fokus garapan perusahaan selain mengembangkan berbagai produk nirkabel dan properti intelektual.

Sayang, Apple dan Qualcomm tidak memberi pernyataan kenapa mendadak memutuskan untuk berdamai. Namun, ada laporan, Apple memang ragu terhadap kemampuan Intel untuk menyuplai modem teknologi internet super cepat itu.

Tahun lalu, Intel merupakan satu-satunya pemasok modem untuk  iPhone karena perselisihan Apple dan Qualcomm tak kunjung usai. Kabarnya, Apple dan Qualcomm telah menandatangani persetujuan lisensi.

{Baca juga: Belum Siap, Apple Rilis Smartphone 5G Pertama di 2020}

Sebelumnya Huawei juga dikabarkan coba memanfaatkan kesulitan Apple mencari pemasok modem 5G untuk iPhone. Salah satu sumber internal Huawei menyebut jika mereka siap menjual chipset 5G kepada Apple. Belum jelas apa alasan Huawei tertarik menjual teknologi 5G mereka ke Apple.

Kuat dugaan jika Huawei memanfaatkan momen saat Apple sedang kesulitan mencari chipset 5G untuk perangkat iPhone. Pasalnya, Apple saat ini mereka sedang bersangketa dengan Qualcomm yang memasok teknologi 5G ke sebagian besar produsen smartphone Android.

Sayangnya tidak ada jaminan apakah kerja sama Huawei dan Apple benar-benar terjadi, karena sampai saat ini Apple belum memberikan keterangan resmi terkait arah kerja sama mereka untuk mengembangkan chipset 5G untuk iPhone.

{Baca juga: Huawei Tawarkan Chipset 5G ke Apple}

Selama ini Huawei memang menjadi salah satu perisahaan teknologi yang telah membuat chipset sendiri untuk perangkat smartphone buatannya sendiri. [SN/HBS]

Sumber: The Verge

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI