Harga iPhone 14 Bakal Rp1,5 Juta Lebih Mahal dari iPhone 13?

Telset.id, Jakarta – Harga iPhone 14 diprediksi bakal Rp1,5 juta lebih mahal dari iPhone 13. Faktor utamanya, terjadi kenaikan harga di rantai pasokan Apple.

Analis Wedbush Securities, Dan Ives, meyakini bahwa harga iPhone 14 bakal naik USD 100 atau lebih kurang Rp1,5 juta seiring ada peningkatan biaya produksi.

“Harga di seluruh rantai pasokan mengalami kenaikan. Apple perlu membebankan biaya tersebut kepada konsumen iPhone 14,” katanya dilansir Apple Insider.

Berbagai elemen dalam industri komponen menaikkan harga karena berbagai alasan. Mei 2022 lalu, Samsung menaikkan harga produksi chip sebesar 20 persen.

BACA JUGA:

Aturan lockdown terkait pandemi Covid-19 juga memunculkan masalah bagi rantai pasokan Apple. Mitra Apple harus bekerja keras untuk mengejar produksi.

Menguatkan klaim Ives, Ben Wood dari CCS Insight menegaskan, kenaikan harga iPhone 14 bisa terjadi, tetapi tergantung kebijakan dan pertimbangan Apple.

“Tidak diragukan lagi bahwa biaya produksi dan komponen terus meningkat untuk semua pembuat alat elektronik. Nilai tukar jadi faktor utama,” tegas Wood.

Ia melanjutkan, mengingat biaya hidup konsumen juga terdampak, Apple dapat memutuskan bahwa kenaikan harga perangkat bisa menjadi kontraproduktif.

Apabila Apple memang menaikkan harga iPhone 2022, biaya model standar bisa melonjak jauh. Wood lantas membuat simulasi perbandingan harga iPhone.

Model dasar iPhone 13 dan iPhone 13 Pro masing-masing berharga USD 799 dan USD 999 sehingga jajaran iPhone 14 kemungkinan dijual mulai USD 899-USD 1.099.

Lantaran Apple kabarnya akan memusnahkan model mini demi varian lebih besar dari iPhone model standar, model entry-level bisa saja bertahan di harga USD 799.

Dengan kata lain, harga iPhone 14 model dasar akan mengalami kenaikan USD 100 atau lebih kurang Rp1,5 juta dari iPhone 13 mini, yang diberi banderol USD 699.

Sebelumnya beredar bocoran yang mengungkap tanggal peluncuran iPhone 14. Bocoran ini diungkap leaker ternama Twitter iHacktu ileaks dengan akun @ihacktu mengatakan bahwa iPhone 14 akan diumumkan pada hari Selasa, 13 September 2022.

“Saya berpikir untuk berhenti menge-tweet setelah presentasi iPhone 14 pada 13 September 2022,” cuit @ihacktu.

Jika melihat tanggal yang disebutkan, iPhone 14 memang dirilis pada minggu kedua September 2022. Hal ini sesuai dengan kebiasaan Apple yang biasanya mengadakan acara peluncuran iPhone baru setiap Selasa pada minggu pertama atau kedua di bulan September.

BACA JUGA:

Kemungkinan Apple memilih tanggal 5 September atau 6 September sebagai tanggal acara peluncuran sangatlah kecil. Karena setiap tahun di negara bagian, Selasa pertama di bulan September selalu didahului oleh momen Hari Buruh yang jatuh pada Senin pertama setiap bulan.

Artinya, seperti Telset kutip dari Phone Arena, acara peluncuran model iPhone terbaru pada 13 September 2022 sesuai perkiraan iHacktu iLeaks bisa jadi benar.

Kemungkinan besar pre-order akan dimulai pada hari Jumat setelah acara, atau pada 16 September dengan kemungkinan tanggal rilis 23 September. Jika prediksi ini benar, berarti Anda paling cepat akhir September atau awal Oktober sudah bisa membelinya. [SN/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0