telset

Deretan Fitur Rahasia di Oppo Reno6, Jarang yang Tahu!

Telset.id – Oppo Reno6 berjalan di sistem operasi ColorOS 11 berbasis Android 11. Ada segudang fitur andalan di sini yang bertugas untuk mempermudah pengguna saat memakai ponsel sehari-hari. Tapi tahukah, Oppo Reno6 juga menyimpan cukup banyak fitur tersembunyi yang tak banyak diketahui pengguna?

Spesifikasi Oppo Reno6 bukan cuma mumpuni di kelasnya dari segi kamera ataupun performa untuk gaming. Di luar itu, Oppo menyematkan deretan fitur menarik untuk menunjang berbagai aktivitas digital para penggunanya.

Kita sudah tahu beberapa fitur utama dari smartphone ini, seperti RAM Expansion, Hyper Boost 4.0, Game Space, Pro Gamer Mode, Personalization, hingga ragam fitur kamera untuk hasilkan foto dan video berkualitas.

Saking banyaknya fitur di ColorOS 11 pada Oppo Reno6, ada beberapa fitur rahasia yang sebenarnya sangat bermanfaat, tapi tak banyak diketahui oleh para pengguna. Nah, kali ini tim Telset telah merangkum deretan fitur tersembunyi di Oppo Reno6. Penasaran apa saja? Yuk simak selengkapnya!

1. OSIE Visual Effect

Fitur rahasia Oppo Reno6
OSIE Visual Effect

Oppo Reno6 tampil dengan layar AMOLED berkualitas dengan luas 6,4 inci dan beresolusi Full HD+. Berkat kehadiran lubang kamera berukuran mini di sudut kiri atasnya, layar ini memiliki rasio screen-to-body yang tinggi mencapai 91,7%.

Belum cukup, layar Oppo Reno6 diberi dukungan refresh rate 90Hz dengan touch response rate 180Hz. Ditambah, layarnya sudah mengantongi sertifikasi SGS Eye Care Display dan mendukung streaming HD di Netflix serta Amazon Prime Video.

Untuk memaksimalkan kualitas layar, Oppo menyertakan fitur OSIE Visual Effect pada Reno6. OSIE yang merupakan akronim dari Oppo Screen Image Engine yang pada dasarnya berkaitan erat dengan kualitas dari sebuah konten yang ditampilkan di layar.

{Baca juga: Cara Aktifkan Fitur OSIE Visual Effect}

OSIE Visual Effect adalah teknologi optimasi visual berbasis perangkat lunak yang memungkinkan tampilan video atau foto di aplikasi yang mendukung, terlihat lebih sempurna.

Untuk mengaktifkan fitur ini, masuk ke SettingsDisplay & Brightness, dan aktifkan OSIE visual effect. Anda pun bisa melihat aplikasi yang mendukung di pengaturan ini.

2. Adaptive Sleep

Fitur Tersembunyi Oppo Reno6
Adaptive Sleep

Oppo Reno6 mengusung kamera depan dengan sensor 44MP. Bukan cuma mampu menghasilkan konten foto atau video yang bagus saja, ada juga fitur untuk memberikan kenyamaman bagi pengguna Oppo Reno6.

Anda tentu sering mengalami, saat melihat layar smartphone, tiba-tiba layar tersebut meredup karena tidak disentuh jari selama beberapa detik. Hal yang wajar terjadi, apalagi saat Anda telah mengaktifkan fitur Auto Screen Off.

{Baca juga: Hasil Foto dari Kamera Oppo Reno6}

Tapi hal ini pun mengurangi kenyamanan saat memakai smartphone. Di sinilah tugas Adaptive Sleep yang secara pintar dapat mendeteksi keberadaan pengguna dan memastikan layar tidak akan meredup atau mati saat pengguna masih menatap layar.

Fitur ini bisa ditemukan melalui SettingsDisplay & Brightness, dan aktifkan Adaptive Sleep.

3. Air Gesture

Fitur rahasia Oppo Reno6
Air Gesture

Percaya atau tidak, Anda bisa engoperasikan Oppo Reno6 tanpa menyentuh layarnya. Caranya, dengan mengaktifkan fitur tersembunyi Oppo Reno6 lainnya bernama Air Gesture.

Dengan pengenalan gerakan, pengguna dapat menggulirkan dari jauh ke atas dan ke bawah pada aplikasi sosial atau aplikasi video populer. Fitur ini juga memungkinkan untuk menjawab panggilan tanpa menyentuh ponsel.

Untuk menemukan fitur rahasia Oppo Reno6 ini, masuk ke SettingsConvenience Tools, dan masuk ke bagian Gestures & Motions. Lalu, aktifkan dua opsi yang ada di Air Gesture.

4. Free Screenshot

Fitur tersembunyi Oppo Reno6
Free Screenshot

Fitur tersembunyi di Oppo Reno6 lainnya adalah Free Screenshot. Beda dengan fitur screenshot pada umumnya, fitur ini memungkinkan pengguna memilih area tangkapan layar, seperti bentuk kotak, persegi, hingga bentuk bebas.

Melalui fitur ini juga, pengguna dapat menerjemahkan berbagai konten ke lebih dari 100 bahasa dengan mengaktifkan Google Lens melalui tombol “Screen Translate”.

{Baca juga: Review Oppo Reno6 Indonesia}

Caranya, aktifkan fitur Smart Sidebar di pengaturan Convenience Tools. Untuk mengambil screenshot “gaya bebas”, swipe tombol yang tampil di samping layar dan tekan Screenshot.

Sementara untuk menerjemahkan konten, pilih tombol Screen Translate. Anda bisa memilih bahasa yang ingin diartikan sampai mendengarkan hasil terjemahannya.

5. Anti-peeping for Notifications

Fitur rahasia Oppo Reno6
Anti-peeping for Notifications

Fitur rahasia lainnya di Oppo Reno6 adalah Anti-peeping for Notifications atau fitur “anti orang kepo”. Fitur ini bisa secara otomatis mendeteksi saat orang lain mengintip ponsel pengguna.

Saat diaktifkan, konten pemberitahuan berupa pop-up notification akan disembunyikan untuk mencegah orang lain yang kepo terhadap konten atau informasi pada smartphone.

Fitur ini bisa Anda temukan di Notifications & Status BarManage Notifications, dan pilih Anti-peeping. Baru tahu kan ada fitur seperti ini, sob?

6. Dolby Atmos

Fitur Tersembunyi Oppo Reno6
Dolby Atmos

Oppo Reno6 memang hanya dibekali dengan satu speaker saja, belum stereo. Walau demikian, speaker ini menyuguhkan kualitas audio yang enak didengar berkat dukungan fitur Dolby Atmos.

Fitur ini menghadirkan efek suara yang jelas, kencang, dan tidak pecah meski volume diset maksimal. Dolby Atmos juga aktif secara otomatis dan dapat beradaptasi dengan konten-konten yang sedang disaksikan oleh pengguna.

{Baca juga: 6 Fitur Gaming Canggih Oppo Reno6}

Ada empat mode audio yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, Smart yang adaptif, Movie yang menyuguhkan audio 3D yang surround, Gaming yang memberikan efek bass kencang saat bermain game, serta Music yang menyeimbangkan suara demi kualitas audio terbaik.

Fitur Dolby Atmos dapat ditemukan melalui Sound & Vibration, lalu scroll ke bawah dan pilih Dolby Atmos. 

7. Smart Driving dan Riding Mode

Fitur Tersembunyi rahasia Oppo Reno6
Smart Driving dan Riding Mode

Fitur tersembunyi di Oppo Reno6 berikutnya adalah Smart Driving dan Riding Mode. Fitur ini berguna bagi para pengguna agar tetap berkonsentrasi ketika mengendarai mobil dan motor.

Kedua fitur ini memastikan pengendara tidak terganggu ketika mengemudi. Sistem ini juga akan secara otomatis menonaktifkan semua notifikasi yang bikin konsentrasi pecah.

{Baca juga: Review Helm Oase Rider}

Kalau ada panggilan masuk, fitur ini juga bisa menolak panggilan tersebut dan secara otomatis mengirimkan pesan mengapa panggilan telepon tidak diterima.

Untuk mengaktifkan fitur ini, masuk ke SettingsSmart Services, dan pilih Smart Driving bagi Anda yang mengemudikan mobil atau Riding Mode untuk Anda pengendara motor.

8. High Performance Mode

Fitur Tersembunyi Oppo Reno6
High Performance Mode

Fitur rahasia Oppo Reno6 yang terakhir adalah High Performance Mode. Sesuai namanya, fitur ini bisa memaksimalkan performa HP sekaligus memberikan pengalaman lebih baik untuk gaming ataupun pemakaian normal.

Untuk mengaktifkan fitur High Performance di Oppo Reno6, masuk ke Settings > Battery > More Battery Settings.

Namun saat fitur ini dinyalakan, baterai akan lebih cepat terkuras dan bisa menyebabkan panas berlebih pada ponsel.

Tapi tenang saja, ada sistem pendingin Multi-Cooling System di sini yang memiliki kemampuan pembuangan hawa panas 21,9% lebih baik dan efisien dibandingkan seri sebelumnya.

Nah, itu tadi deretan fitur tersembunyi yang ada di Oppo Reno6 dengan ColorOS 11 berbasis Android 11. Langsung aktifkan biar pengalaman menggunakan HP terbaru Oppo ini lebih mantap lagi. (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0