Fitur Baru iPhone Bisa Deteksi Tindakan Pelecehan Anak

Telset.id, Jakarta – Apple menyematkan berbagai fitur baru untuk mencegah terjadinya pelecehan seksual terhadap anak di perangkat iPhone. Fitur ini akan ditanamkan di dalam aplikasi iPhone untuk memberikan rasa aman terhadap orang tua maupun anak-anak.

Fitur baru iPhone tersebut akan dihadirkan di aplikasi Messages. Nantinya, aplikasi akan memberikan notifikasi peringatan kepada orang tua saat anak-anak mereka mengirim atau menerima foto yang eksplisit secara seksual.

Ketika seseorang mengirim gambar yang tidak pantas kepada seorang anak, aplikasi akan mengaburkannya dan menampilkan beberapa peringatan. Tentunya konten ini berpotensi mengarah ke pelecehan anak.

{Baca Juga: iPhone SE Jadul Bisa Jalankan OS MIUI 11}

“Ini bukan salah Anda, tetapi foto dan video sensitif dapat digunakan untuk menyakiti Anda,” tulis salah satu pemberitahuan, berdasarkan tangkapan layar yang dibagikan Apple.

Sebagai tindakan pencegahan pelecehan seksual terhadap anak, Apple menjamin bahwa aplikasi Messages di iPhone dapat memberi tahu orang tua jika buah hati mereka memutuskan untuk melanjutkan dan melihat gambar sensitif.

pelecehan anak apple iphone
Fitur baru Apple untuk keselamatan anak-anak

“Perlindungan serupa tersedia jika seorang anak mencoba mengirim foto seksual eksplisit,” menurut Apple.

Manfaatkan Machine Learning untuk Cegah Pelecehan Anak

pelecehan anak apple iphone

Apple mencatat, fitur untuk mencegah tindakan pelecehan seksual terhadap anak sama sekali tidak mengakses aplikasi yang ada di iPhone. Fitur ini justru menggunakan teknologi machine learning untuk menentukan apakah sebuah foto eksplisit atau tidak.

Caranya, Apple bekerja sama dengan Pusat Nasional untuk Anak Hilang dan Tereksploitasi (NCMEC) untuk mengintegrasikan fiturnya. Lalu, fitur tersebut akan menggunakan database gambar eksplisit yang disediakan oleh NCMEC dan organisasi lain.

Kemudian, berkat teknologi kriptografi, fitur pun dapat menentukan apakah ada kecocokan tanpa melihat hasil prosesnya.

“Metode Apple untuk mendeteksi CSAM (Materi Pelecehan Seksual Anak) yang diketahui dirancang dengan mempertimbangkan privasi pengguna,” klaim perusahaan.

{Baca juga: Awasi Penggunaan Smartphone pada Anak dengan Fitur Kid Space}

Jika terjadi kecocokan, iPhone atau iPad akan membuat keamanan kriptografi yang akan mengenkripsi unggahan, bersama dengan data tambahan tentangnya.

Untuk memberikan lapisan keamanan tambahan, Apple memanfaatkan teknologi threshold secret sharing. Teknologi ini tidak akan mengizinkan siapapun dapat melihat isi dari enkripsi, kecuali seseorang melewati ambang batas yang tidak ditentukan dari konten CSAM.

Apple menjelaskan, fitur ini tersedia di akun iCloud keluarga. Oleh karenanya, terdapat fitur lain yang memungkinkan sistem untuk mendeteksi ketika seseorang mengunggah konten ke iCloud yang menunjukkan anak-anak terlibat dalam tindakan seksual eksplisit.

{Baca Juga: Apple Dituduh Kurangi Kinerja iPhone Lawas Setelah Update iOS}

Terakhir, Apple juga menanamkan fitur untuk menghindari pelecehan anak di Siri, serta fitur pencarian bawaan yang ditemukan di iOS dan macOS, akan mengarahkan pengguna ke sumber daya keselamatan anak.

Misalnya, Anda dapat bertanya kepada asisten digital Siri bagaimana cara melaporkan eksploitasi maupun pelecehan terhadap anak. Apple juga berencana memperbarui Siri untuk campur tangan ketika seseorang mencoba melakukan pencarian terkait CSAM. (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0