telset

Awasi Penggunaan Smartphone pada Anak dengan Fitur Kid Space

Telset.id – Zaman sekarang, smartphone tidak hanya dimiliki oleh orang dewasa, melainkan juga anak-anak. Bagi orang tua yang “terpaksa” memberikan ponsel pintar kepada buah hati, ada baiknya untuk memanfaatkan fitur Kid Space yang dapat ditemukan di banyak model smartphone terbaru, seperti Oppo A74 misalnya.

Asal tahu saja, smartphone sebenarnya membawa dampak buruk kepada anak-anak jika tidak mendapatkan pengawasan ekstra dari orang tua.

Dikutip dari Momjunction, ada beberapa dampak buruk dari penggunaan smartphone oleh anak-anak. Sebut saja, masalah kesehatan, tidak fokus saat belajar, memicu perilaku yang tidak wajar atau tidak seharusnya, hingga menjadi alat untuk menyontek saat ujian.

Nah, berikut ini tim Telset akan memberikan panduan lengkap berupa cara untuk menggunakan fitur Kid Space atau Parental Controls yang terdapat di Oppo A74 maupun ponsel Oppo terbaru lainnya.

Tips ini sangat berguna bagi Anda sebagai orang tua yang ingin memberikan pengawasan ekstra kepada anak-anak saat mereka menggunakan ponsel pintar.

{Baca juga: 12 Game Anak-anak Terbaik Android 2021, Bermain Sambil Belajar}

Mengenal Fitur Kid Space Oppo A74

Kid Space Oppo A74

Perlu diakui, banyak orang tua yang memberikan smartphone kepada anak-anak mereka. Wajar, di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, proses belajar mengajar harus dijalani secara online.

Namun sayangnya, masih saja banyak orang tua yang tidak mengawasi aktivitas digital sang buah hati di smartphone. Padahal, ada beberapa risiko yang bisa saja terjadi ketika anak-anak memakai ponsel pintar.

Sebut saja, mengakses situs yang tidak sah atau sesuai usianya, menonton video dewasa, melakukan pembelian yang tidak disengaja tanpa melalui otorisasi, mengirimkan email kepada orang yang tidak dikenal, dan risiko lainnya.

Karena risiko-risiko tersebut, fitur yang disebut sebagai Kid Space atau Parental Control sangat dibutuhkan oleh para orang tua. Fitur ini tugasnya bukan menyeleksi situs yang aman alias filtering saja.

Kid Space di Oppo A74 dan ponsel Oppo terbaru lainnya juga memungkinkan orang tua untuk memantau aktivitas anak-anaknya dalam penggunaan smartphone.

Melalui Kid Space, orang tua bisa menentukan aplikasi apa saja yang boleh diakses anak-anak mereka dan durasi penggunaan yang dapat diatur mulai dari 15 menit.

Apabila mode tersebut sudah diaktifkan, maka anak-anak hanya menampilkan aplikasi yang sudah diizinkan dengan jangka waktu penggunaan yang telah ditentukan orang tua.

Di sini yang menarik. Kid Space pada Oppo A74 dan smartphone Oppo terbaru lainnya juga mencegah anak melakukan pembelian item di dalam game atau aplikasi yang mereka gunakan.

Sempat mendengar kasus seorang anak yang membeli item di dalam game hingga Rp 800 ribu yang membuat sang orang tua marah? Nah, fitur ini bisa menjadi solusi ampuh untuk mencegah hal itu terjadi kembali.

{Baca juga: Pengaruh PJJ Terhadap Psikologi Anak, Positif dan Negatif!}

Fitur ini juga sangat sulit “dioprek” atau diakali oleh anak-anak. Sebab, ada banyak fitur lainnya yang menjamin aktivitas digital buah hati tetap aman.

Orang tua dapat membatasi penggunaan kuota internet. Kid Space di Oppo A74 pun mampu mencegah modifikasi sistem di pengaturan serta mencegah anak-anak untuk melakukan install atau menghapus aplikasi.

Lantas, bagaimana cara menggunakan Kid Space di Oppo A74 maupun smartphone Oppo terbaru lainnya? Berikut panduan lengkapnya, sob!

Cara Menggunakan Fitur Kid Space di Oppo A74

  • Pertama, masuk ke Settings dan pilih Privacy.
  • Pada bagian Privacy Protection, terdapat fitur Kid Space.

Kid Space Oppo A74

  • Atur terlebih dahulu durasi waktu penggunaan aplikasi yang Anda izinkan.

Kid Space Oppo A74

  • Selanjutnya, atur aplikasi yang boleh digunakan anak-anak.

Kid Space Oppo A74

  • Atur juga, apakah Anda ingin tetap menyalakan koneksi internet atau tidak.
  • Jika sudah diatur semuanya, tekan tombol Enter Kid Space sebelum memberikannya kepada anak Anda.

Kid Space Oppo A74

  • Di bagian bawah ada tombol Exit Kid Space. Tenang, anak-anak Anda akan sulit keluar dari mode ini jika mereka tidak mengetahui password atau PIN dari kunci layar ponsel.
  • Jika anak Anda diizinkan bermain game dan tak sengaja mengakses pembelian dalam aplikasi, fitur Kid Space pun akan mencegahnya.

{Baca juga: Rekomendasi 6 Aplikasi Belajar Bahasa Pemrograman untuk Anak-anak}

Well, mudah kan cara menggunakan Kid Space di Oppo A74? Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda para orang tua yang terpaksa memberikan smartphone kepada anak-anak.

Anda juga dapat melihat tips dan trik lainnya melalui kanal Telset How To. Selamat mencobanya! (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0