Project Leonardo, Controller PS5 untuk Gamer Difabel

Telset.id, Jakarta  – Project Leonardo dipresentasikan oleh Sony pada gelaran CES 2023. Sony juga memamerkan sistem Mocopi dalam game dan metaverse.

Project Leonardo adalah pengontrol modular baru yang dirancang untuk membantu gamer dengan disabilitas mengoperasikan konsol PlayStation 5 atau PS5.

Telset kutip dari GSM Arena, Kamis (5/1/2023), pengontrol punya alas bulat besar untuk diletakkan rata di atas meja. Alat itu ada beberapa opsi pemasangan.

BACA JUGA:

Gamer bisa menggunakan satu atau dua pengontrol khusus buatan Sony tersebut. Bahkan, kontroler DualSense juga dapat ditambahkan sebagai modifikasi.

Dengan cara itu, satu, dua, atau tiga pengontrol dapat digabungkan menjadi satu pengontrol virtual. Setiap perangkat khusus tersebut dapat dikonfigurasikan.

Caranya dengan menukar tombol dan mengatur ulang agar sesuai kebutuhan gamer penyandang disabilitas. Beberapa tombol bisa dipetakan ke fungsi sama.

Dua fungsi dapat dipetakan ke tombol yang sama. Contohnya jika permainan mengharuskan Anda untuk menekan tombol R2 dan L2 secara bersamaan.

Joystick dapat dipasang, tersedia dalam beberapa ukuran supaya sesuai kebutuhan aksesibilitas pemain. Jarak antara joystick dan pengontrol dapat diatur.

Pemetaan tombol dan konfigurasi lain disimpan di profil dan bisa punya hingga tiga konfigurasi. Ada empat port tambahan berdasarkan jack 3,5 milimeter.

Hal itu akan memungkinkan sakelar, tombol, dan stik analog pihak ketiga untuk dicolokkan. Stik bisa dikonfigurasi sama seperti tombol lain di pengontrol.

Sony bekerja sama dengan AbleGamers, SpecialEffect, StackUp, dan pakar aksesibilitas lain untuk merancang pengontrol khusus penyandang disabilitas itu.

BACA JUGA:

Kontroler tersebut masih dalam pengembangan. Lebih banyak fitur akan diluncurkan pada masa mendatang. Demikian pula detail tentang peluncurannya.

Dengan kata lain, Sony belum bisa mengungkap harga serta ketersediaan kontroler PS5 bagi gamer penyandang disabilitas yang bernama Project Leonardo. [SN/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0