6 Peningkatan Fitur Pesan Suara WhatsApp, Nomor 2 Paling Berguna!

Telset.id, Jakarta – Fitur voice message atau pesan suara menjadi salah satu fitur yang banyak digunakan pengguna, sehingga WhatsApp melakukan sejumlah peningkatan di fitur tersebut.

Melalui keterangan resmi yang diterima pada Kamis (31/3/2022), fitur pesan suara adalah salah satu fitur lama karena sudah diluncurkan WhatsApp pada tahun 2013.

“Saat pertama kali meluncurkan fitur pesan suara pada tahun 2013 silam, kami menyadari bahwa fitur ini akan membawa perubahan pada cara berkomunikasi para pengguna kami,” ujar WhatsApp.

Fitur pesan suara dibuat dengan desain yang simpel supaya pengguna bisa lebih mudah merekam dan mengirimkannya ke pengguna lain.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Kirim File Besar Hingga 2 GB

“Dengan desain yang simpel, kami ingin membuat perekaman dan pengiriman pesan suara secepat dan semudah menulis pesan teks,” katanya.

Selama 9 tahun beroperasi, ternyata fitur tersebut banyak digunakan. Aplikasi milik Meta itu mencatat kalau setiap harinya ada 7 miliar pesan suara yang dikirim oleh pengguna.

“Rata-rata setiap harinya, para pengguna kami mengirim sebanyak 7 miliar pesan suara di WhatsApp yang dilindungi oleh enkripsi end-to-end untuk menjaga privasi dan keamanan pesan mereka setiap waktu,” sambung WhatsApp.

WhatsApp menganalisa kalau fitur ini banyak disukai karena mempermudah pengguna dalam melakukan percakapan yang lebih ekspresif, ketimbang mengirim pesan dalam bentuk pesan teks.

Baca juga: Arti 12 Emoji di WhatsApp yang Benar

“Mengekspresikan emosi atau kegembiraan melalui pesan suara terasa lebih natural, jika dibandingkan dengan melalui pesan teks,” tuturnya.

Atas dasar itu WhatsApp memberikan beberapa peningkatan di fitur voice message yang pastinya sangat membantu pengguna.

Peningkatan Fitur Pesan Suara WhatsApp 

Fitur Pesan Suara WhatsApp

Setidaknya ada 6 peningkatan fitur yang dilakukan WhatsApp. Mulai dari pemutaran audio di luar chat hingga opsi pemutaran cepat. Sejumlah fitur ini awalnya telah dilakukan uji coba, sebelum akhirnya dirilis secara resmi.

Baca juga: WhatsApp Batasi Akses Teruskan Pesan ke Grup Chat

1. Fitur Pemutaran di Luar Chat

Sesuai namanya, pengguna tetap bisa memutar pesan suara WhatsApp walaupun sudah keluar chat. Dengan kemudahan ini maka pengguna dapat mendengarkan pesan sambil membaca dan merespons pesan chat lainnya.

2. Fitur Pause and Play Perekaman 

Sekarang pengguna WhatsApp bisa jeda atau pause ketika merekam pesan suara. Hal ini sangat membantu pengguna apabila mengalami gangguan saat merekam, untuk kemudian melanjutkan kembali apabila sudah siap.

3. Visualisasi Berbentuk Gelombang di Pesan Suara

Sekarang WhatsApp menampilkan representasi visual dari pesan suara, yang dapat memudahkan pengguna mengikuti visualisasi keras lemahnya suara pada rekaman.

4. Opsi Preview Pesan Suara

Dengan peningkatan fitur yang dilakukan, pengguna bisa melakukan pratinjau atau preview pesan suara sebelum mengirimkannya.

5. Penanda Pemutaran 

Jika pengguna menjeda saat mendengarkan pesan suara untuk mengerjakan aktivitas lain, maka mereka dapat melanjutkan untuk mendengarkannya lagi saat kembali ke chat.

6. Pesan Bisa Diputar Cepat

Pengguna bisa memutar pesan suara dengan kecepatan kecepatan 1,5x atau 2x. Fitur ini dapat digunakan untuk pesan biasa atau pesan yang diteruskan.

Peningkatan fitur Pesan Suara sudah tersedia di Android dan iOS. Silakan lakukan update aplikasi WhatsApp untuk mendapatkan peningkatan fitur tersebut. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0