Arti 12 Emoji di WhatsApp yang Benar

Emoji WhatsApp

Telset.id, Jakarta – Kehadiran emoji WhatsApp membuat chatting jadi lebih berwarna. Percakapan menjadi lebih ekspresif dan mewakili perasaan penggunanya melalui simbol. Tapi ternyata, masih banyak yang salah mengartikan dari simbol-simbol lucu itu.

Apakah Anda sudah menggunakan emoji WhatsApp sesuai dengan peruntukannya? Sebab, masih banyak yang salah mengartikan makna dari sebuah emoji.

Jika demikian, bukan tidak mungkin terjadi perbedaan makna dari pengirim dan penerima emoji, karena banyak orang yang terkecoh dengan gambar di emoji WhatsApp.

Biar tidak salah kaprah, berikut ini arti sebenarnya dari 12 emoji yang sering disalahartikan saat Anda chat di WhatsApp:

1. Folded Hands

Emoji WhatsApp
Emoji Folded Hands

Folded hands menjadi salah satu emoji yang paling sering ditemukan di whatsapp dan juga sering disalah artikan. Kebanyakan orang Indonesia menggunakan emoji ini saat menyampaikan permintaan maaf, berterima kasih, atau berdoa. Ada juga yang menganggapnya sebagai orang yang sedang melakukan high-five.

{Baca juga: WhatsApp Web, Cara Pakai dan Trik Memaksimalkannya}

Menurut emojipedia, folded hands adalah dua tangan yang disatukan dengan kuat. Dalam budaya Jepang, ini bermakna tolong atau terima kasih.

Emoji folded hands disetujui menjadi bagian dari Unicode 6.0 pada tahun 2010 dengan nama “Person with Folded Hands”. Secara resmi ditambahkan ke Emoji 1.0 pada tahun 2015.

2. Face Savoring Food

Arti Emoji WhatsApp
Emoji Face Savoring Food

Banyak juga yang salah memaknai emoji yang satu ini sebagai emoticon untuk mengejek orang lain. Sejatinya emoji ini untuk menunjukkan rasa puas setelah menikmati makanan yang enak.

{Baca juga: Cara Menggunakan WhatsApp Web di Desktop}

Face Savoring Food disetujui sebagai bagian dari Unicode 6.0 pada tahun 2010 dengan nama “Face Savoring Delicious Food”. Ini ditambahkan ke Emoji 1.0 pada tahun 2015.

3. Kissing Face

Arti Emoji WhatsApp
Emoji Kissing Face

Tidak sedikit yang menganggap bahwa emoji ini menunjukkan orang yang bersiul atau mencibir. Namun sebenarnya ekspresi memberikan ciuman. Biasanya digunakan untuk menyampaikan rasa cinta dan kasih sayang.

Kissing Face disetujui menjadi bagian Unicode 6.1 pada tahun 2012. Emoji ini ditambahkan ke Emoji 1.0 pada tahun 2015.

4. Backhand Index Pointing Up

Arti 5 Emoji WhatsApp
Emoji Backhand Index Pointing Up

Emoji berbentuk jari telunjuk yang menunjuk ke arah atas ini sering diasumsikan untuk menunjukkan arah atau sesuatu yang ada di atas. Padahal, emoji ini sebagai tanda seseorang yang mengacungkan tangan untuk bertanya atau menjawab sebuah pertanyaan.

{Baca juga: Trik Akses WhatsApp Web di Smartphone Android}

Backhand Index Pointing Up menjadi bagian dari Unicode 6.0 pada 2010 dengan nama “White Up Pointing Backhand Index” dan ditambahkan ke Emoji 1.0 pada tahun 2015.

5. Confounded Face

Arti Emoji WhatsApp
Emoji Confounded Face

Emoji satu ini sering dikira untuk mengekspresikan perasaan takut. Padahal sebenarnya emoji ini untuk memperlihatkan perasaan seakan gemetar, frustrasi, atau menahan air mata.

Confounded Face disetujui sebagai bagian dari Unicode 6.0 pada tahun 2010. Emoji ini ditambahkan ke Emoji 1.0 pada tahun 2015.

6. Tired Face

Emoji WhatsApp
Emoji Tired Face

Emoji Tired Face ini sering sekali disalahartikan, karena dianggap menggambarkan orang yang sedang kecewa. Padahal emoji ini sebenarnya ingin menggambarkan bahwa Anda sedang merasa sangat lelah.

7. Face Blowing A Kiss

Emoji WhatsApp
Emoji Face Blowing a Kiss

Emoji ini memperlihatkan wajah yang sedang mengedipkan mata, bibir mengerut, dan hati melayang. Orang sering salah sangka karena menganggap orang yang mengirimkan emoji ini genit, karena mengedipkan mata untuk mengajak ciuman.

Padahal emoji dengan nama resmi Face Blowing a Kiss ini sebenarnya artinya memberikan cium jauh sebagai salam perpisahan, atau biasa kita sering bilang “kiss bye”.

8. Neutral Face

Emoji Neutral Face

Emoji Neutral Face atau wajah polos ini sering digambarkan sebagai seorang master yang pintar, tapi susah ditebak karena seperti menyimpan sesuatu.

Padalah emoji ini justru menggambarkan orang yang polos, tidak mengerti dengan apa yang sedang dibicarakan. Mungkin mirip-mirip seperti si Oneng.

9. Expressionless Face

Emoji Expressionless Face

Orang sering salah dengan makna emoji mata dan mulut garis lurus ini, karena dianggap sama dengan emoji Neutral Face. Padahal makna dari keduanya justru bertolak belakang.

Emoji Expressionless Face ini ingin menunjukkan bahwa Anda tidak tertarik dengan topik pembicaraan yang sedang dibahas. Karena Anda tidak suka, lebih memilih “no comment”. Begitu sebenarnya makna dari emoji ini.

10. Persevering Face

Emoji Persevering Face

Wajah dengan mata tertutup rapat (mirip bentuk bumerang), alis besar melengkung, dan mulut melengkung sedikit ke bawah. Penggambaran itu sering dikira sebagai simbol orang yang sedang menahan sakit, atau juga dikira kebelet.

Padal emoji Persevering Face ini sebenarnya ingin menggambarkan kondisi Anda yang sedang pasrah menghadapi masalah, bertahan dari satu kondisi sulit dan keputusasaan. Tapi Anda tetap tegar menghadapinya.

11. Pouting Face

Emoji Pouting Face

Banyak yang salah kaprah dengan emoji yang satu ini, karena dianggap melambangkan Anda sedang marah besar. Wajar, wajahnya dibuat memerah dengan mata seperti melotot dan alis miring ke atas. Mirip seperti orang yang lagi “ngamuk”.

Padahal emoji dengan nama resmi Pouting Face ini dibuat untuk menggambarkan bahwa Anda sedang cemberut karena agak kesal. Jadi belum sampai marah besar.

12. Face Screaming in Fear

Emoji Face Screaming in Fear

Wajah dengan mata kosong lebar, mulut ternganga, dan tangan di wajah ini bukan artinya Anda sedang kaget karena mendengar kabar yang mengejutkan.

Emoji ini menunjukkan bahwa Anda sedang berteriak karena dalam situasi ketakutan yang luar biasa, dan membuat wajah Anda langsung pucat. Emoji ini terinspirasi dari lukisan terkenal “The Scream” hasil karya seniman asal Norwegia, Edvard Munch.

Nah, itu tadi arti sesungguhnya dari 12 emoji yang sering Anda gunakan saat chat di WhatsApp. Meski terlihat seperti sepele, tapi jika Anda salah mengartikan emoji yang dikirim, Anda bisa berada dalam masalah besar.  (HR/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here