telset

Cara Pakai Preview Voice Note di Whatsapp, Cek Dulu Sebelum Kirim

Telset.id – Ada fitur baru yang hadir di aplikasi WhatsApp bernama preview voice note. Dengan fitur preview voice note, pengguna HP Android dan iOS diberikan cara yang amat mudah untuk mengecek rekaman suara sebelum mengirim pesan tersebut ke orang lain.

Fitur ini diumumkan oleh WhatsApp di Twitter. Aplikasi pesan singkat itu menampilkan cuplikan video yang menandakan fitur telah resmi meluncur.

“Itu bukan kesalahan, mereka latihan. Sekarang Anda dapat melihat pratinjau pesan suara Anda sebelum menekan kirim,” tulis WhatsApp.

Sebelum dirilis resmi, fitur preview voice note telah diuji coba pada Mei 2021 lalu. Menurut pantauan WABetaInfo, WhatsApp menghadirkan fitur preview lewat menu Review dan Cancel ke beberapa pengguna. Kedua opsi ini memungkinkan pengguna untuk meninjau pesan suara sebelum akhirnya dikirim.

Ketika itu, WhatsApp tidak memberikan konfirmasi mengenai temuan dari WABetaInfo. Namun kini perusahaan resmi menghadirkan fitur tersebut untuk pengguna Android, iOS, dan juga Web.

Baca juga: Pengguna WhatsApp Bisa Sembunyikan ‘Last Seen’ dari Kontak Misterius

Berbeda dengan versi uji coba, WhatsApp mengganti menu Review dan Cancel dengan tombol putar dan menu hapus. Opsi putar memungkinkan pengguna untuk mendengarkan kembali rekaman suara sebelum dikirim dan menu hapus untuk menghapus rekaman.

Terlepas dari perubahan terebut, harus diakui bahwa fitur preview voice note sangat dibutuhkan oleh pengguna WhatsApp. Selama ini pengguna tidak bisa mengecek pesan suara yang dibuat di WhatsApp, sehingga sering mengalami kesalahan saat berbicara di dalam rekaman.

Kalau pun ingin mendengarkan pesan suara, mereka harus mengirimkan terlebih dahulu di kolom chat kemudian bisa mendengarkannya. Namun, cara itu cukup berisiko didengarkan oleh pengguna lain.

Cara Menggunakan Preview Voice Note di WhatsApp

Cara menggunakan preview voice note di WhatsApp tidaklah sulit. Hanya perlu beberapa tahapan saja untuk mencoba fitur baru WhatsApp ini.

Baca juga: Cara Sembunyikan Status di WhatsApp

  • Update aplikasi WhatsApp di Google Play Store atau App Store.

  • Setelah itu buka kolom chat di aplikasi WhatsApp dan pilih fitur voice note yang berada di sebelah kanan bawah.

  • Klik fitur voice note untuk memulai rekaman, dan klik menu log yang berlogo kunci di sebelah kanan atas.

Fitur Preview Voice Note WhatsApp

  • Selesai merekam pesan suara klik tanda stop di bagian tengah.

Fitur Preview Pesan Suara WhatsApp

  • Berikutnya, akan muncul fitur preview di bagian kiri atas untuk mendengarkan kembali rekaman yang Anda buat.

Fitur Preview Pesan Suara WhatsApp

  • Jika dirasa sudah bagus, Anda bisa mengirimkan pesan tersebut dengan menekan menu kirim yang berwarna hijau. Sedangkan kalau ingin menghapus, klik menu hapus yang berlambang tong sampah.

Fitur Preview Voice Note WhatsApp

Demikian informasi mengenai cara menggunakan fitur preview voice note di WhatsApp. Semoga informasi ini bermanfaat dan silakan klik kanal Telset How To untuk mendapatkan tutorial menarik lainnya. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0