WhatsApp Batasi Akses Pengguna Teruskan Pesan ke Grup Chat

Telset.id, Jakarta – WhatsApp akan membatasi akses pengguna untuk meneruskan pesan ke grup chat, dari yang awalnya bisa mengirim pesan terusan langsung ke beberapa grup menjadi ke satu ke grup chat saja.

WhatsApp menyadari bahwa selama ini konten hoaks disebarkan melalui fitur teruskan pesan atau forward message ke beberapa grup chat.

Untuk itu aplikasi milik Meta ini terus berupaya meredam peredaran konten hoaks, seperti dengan memberi tanda panah ganda ke pesan yang sudah dibagikan lebih dari 4 kali di kolom chat.

Baca juga: Arti 12 Emoji di WhatsApp yang Benar

Namun hal tersebut dirasa belum cukup, sehingga menurut laporan WABetaInfo, WhatsApp sedang menguji coba untuk membatasi akses pengguna dalam membagikan pesan. Uji coba dilakukan melalui aplikasi WhatsApp beta versi Android v2.22.7.2.

Berdasarkan tangkapan layar dari WABetaInfo terlihat bahwa ada notifikasi bahwa pengguna tidak bisa meneruskan pesan ke beberapa grup sekaligus, tetapi hanya bisa membagikannya ke satu grup saja.

“Ketika sebuah pesan ditandai sebagai diteruskan, tidak mungkin lagi meneruskannya ke lebih dari satu obrolan grup sekaligus,” tulis WABetaInfo seperti dikutip Telset pada Kamis (10/3/2022).

Baca Juga: Cara Menggunakan WA Web Terbaru 2022

Pesan terusan forward pesan whatsapp

Oleh karenanya jika pengguna ingin membagikan pesan yang sama ke grup lain, maka mereka harus membuka kembali pesan tersebut dan meneruskannya lagi ke grup yang lain.

“Jika Anda perlu meneruskan pesan ini ke lebih dari satu obrolan grup, Anda harus memilih pesan dan meneruskannya lagi,” tambahnya.

Belum diketahui kapan pembatasan untuk membagikan pesan ke grup chat WhatsApp, akan diterapkan. Tampaknya  pembatasan ini adalah upaya terbaru platform mencegah penyebaran konten hoaks.

Baca Juga: Cara Mudah Menggunakan WhatsApp Web di HP Android

WhatsApp Tingkatkan Keamanan di Desktop 

pesan terusan whatsappSelain meredam hoaks, WhatsApp juga berusaha meningkatkan keamanan di platform mereka. Informasi yang terbaru aplikasi sedang menguji fitur verifikasi dua langkah di aplikasi WhatsApp desktop.

Sebelumnya fitur verifikasi dua langkah hanya tersedia di Android dan iOS. Namun tampaknya WhatsApp ingin memperluas kemampuan tersebut ke pengguna desktop baik itu di PC dan laptop.

Untuk itu WhatsApp melakukan uji coba dengan menambahkan verifikasi dua langkah di desktop.

Baca juga: WhatsApp Uji Fitur Verifikasi Dua Langkah di Desktop

Lewat fitur tersebut pengguna bisa mengaktifkan atau menonaktifkan verifikasi dua langkah, mengubah PIN, dan mengubah alamat email di desktop.

Kabarnya fitur verifikasi dua langkah akan resmi dirilis di pembaruan aplikasi WhatsApp desktop. (NM/IF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0