11 Fitur Baru di Windows 11, Bisa Jalankan Aplikasi Android!

Telset.id – Microsoft secara resmi merilis Windows 11. Sistem operasi milik Microsoft tersebut membawa berbagai fitur baru untuk meningkatkan produktivitas pengguna. Setidaknya ada 11 fitur baru yang hadir di OS Windows 11. Apa saja?

Setelah dinantikan sejak lama oleh para pengguna Windows 10, Microsoft pun resmi menghadirkan suksesornya pada Kamis (24/6/2021), waktu setempat.

Akan tetapi, para pengguna diminta untuk sedikit bersabar. Sebab, sistem operasi ini baru tersedia pada Oktober atau akhir November 2021 mendatang.

Selain mengusung desain yang lebih segar dan sederhana daripada generasi sebelumnya, Windows 11 dirancang dengan ragam fitur untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas pengguna.

{Baca juga: Cara Upgrade Windows 10 ke Windows 11, Update Gratis!}

Hal ini pun diungkapkan oleh Chief Product Officer Microsoft, Panos Panay. Menurutnya, Windows 11 telah disederhanakan desainnya untuk meningkatkan produktivitas dan menginspirasi kreativitas pengguna.

Well, apa saja sebenarnya fitur unggulan dari Windows 11? berikut rangkuman lengkapnya untuk Anda, sob!

1. Start Menu dan Taskbar Berada di Tengah

Fitur Windows 11
Tampilan Start di bagian tengah bawah

Selama bertahun-tahun menu Start dan taksbar berada di bagian kiri bawah layar. Di Windows 11, posisinya berubah dari sebelah kiri menjadi di tengah bawah layar.

Pemindahan posisi Start dan taskbar dilakukan untuk meningkatkan produktivitas Anda sebagai pengguna. Diklaim, Anda lebih mudah mencari tombol tersebut ketimbang diletakkan di bagian pojok kiri bawah.

{Baca juga: Microsoft Tingkatkan Fitur Multi-monitor untuk Windows 11}

Memang ini sesuatu yang baru bagi Anda yang sudah terbiasa melihat menu di bagian pojok kiri. Namun untuk Anda yang masih belum biasa, Microsoft memberikan opsi agar Anda dapat memindahkan kembali ke sudut kiri seperti sebelumnya.

2. Widget

Fitur Windows 11
Tampilan Widget Windows 11

Microsoft menghadirkan fitur Widget di Windows 11. Fitur ini berupa tombol yang bila ditekan, akan menampilkan panel berisi daftar tugas, cuaca, berita terkini, lalu lintas, kalender, dan widget dasar lainnya.

Fitur widget ini cara kerjanya tidak terlalu berbeda dengan widget di macOS. Fitur ini juga terbuka untuk para pengembang, sehingga mereka bisa membuat widget mereka sendiri.

3. Layar Ganda jauh Lebih Baik

Fitur Windows 11
Multi-monitor Windows 11

Seperti bocoran yang telah diungkap sebelumnya, Microsoft meningkatkan kemampuan multi-monitor agar tidak terjadi bug seperti di Windows 10.

Asal tahu saja, di Windows 10, fitur multi-monitor kerap mengalami masalah. Misalnya saja, ketika monitor sekunder tidak terhubung, window aplikasi akan pindah ke monitor utama dengan ukuran yang berubah dan susunanya teracak.

Namun masalah ini tidak akan Anda temui saat menggunakan Windows 11. Saat Anda mencabut laptop dari monitor kedua, window apa pun yang terbuka di layar itu akan mengecil tetapi tetap berada tempatnya.

Lalu saat Anda mencolokkan kembali layar, mereka akan langsung muncul kembali ke tempat sebelumnya, sehingga ukuran atau posisi tidak acak-acakan seperti menggunakan Windows seri sebelumnya.

4. Snap Layouts

Fitur WIndows 11
Snap Layouts

Windows 11 menghadirkan fitur Snap Layouts untuk Anda yang sehari-hari melakukan 2 sampai 3 pekerjaan sekaligus. Biasanya untuk melakukan tugas ganda, Anda meletakkan 2 window berdampingan dalam 1 layar.

{Baca juga: Biar Tampil Beda, Begini Cara Download Wallpaper Windows 11}

Di Windows 11, Anda bisa lebih mudah mengatur posisi layar. Menu tersebut akan menunjukkan kepada Anda tata letak berbeda yang dapat dipilih, seperti tata letak 3 atau 4 jendela.

5. Meningkatkan Kemampuan Gaming

Windows 11 menghadirkan beberapa peningkatan untuk Anda yang memiliki PC Gaming. Ada fitur bernama DirectStorage API, yang memungkinkan game memuat data langsung ke memori GPU Anda, yang secara drastis dapat mengurangi waktu load.

Bagi Anda yang memiliki perangkat keras dengan spesifikasi yang tinggi, Anda bisa lebih cepat untuk bermain ketimbang menggunakan seri Windows sebelumnya.

Fitur gaming Windows 11 lainnya adalah Auto HDR. Untuk game yang dibuat menggunakan DirectX 11 atau yang lebih baru, fitur ini dapat secara otomatis meningkatkan tampilan game yang sebelumnya hanya menggunakan SDR ke standar HDR yang jauh lebih kaya dan dinamis .

6. Xbox Game Pass 

Fitur Windows 11

Windows 11 menghadirkan aplikasi Xbox Game Pass. Dengan aplikasi ini, Anda sebagai pengguna akan mendapatkan akses ke banyak game PC dan game Xbox Cloud.

Apliksi Xbox Game Pass memungkinkan Anda melakukan streaming dari cloud melalui teknologi xCloud dari Microsoft. Teknlogi xCloud memungkinkan pemain menjalankan game di server Microsoft dan mengalirkan audio dan video kembali ke komputer mereka.

Ini dapat memungkinkan pemain menjalankan game besar di PC dengan spesifikasi minimal, langsung dari aplikasi yang ada di dalam Windows.

7. Fitur Touchscreen Windows 11 Lebih Baik

Fitur Windows 11 lainnya adalah peningkatan touchscreen yang lebih baik. Misalnya, menambahkan target sentuh yang lebih besar untuk mengubah ukuran jendela.

Ada juga keyboard sentuh yang lebih kecil yang dapat ditempatkan di sudut layar untuk pengetikan satu tangan. Keyboard sentuh Windows membuatnya secara signifikan lebih mudah untuk mengakses fitur Windows yang rumit seperti sistem snap.

8. Windows 11 Dukung Aplikasi Android 

Fitur Windows 11
Aplikasi Android bisa hadir di Amazon Appstore

Microsoft mengejutkan beberapa orang dengan mengungkapkan bahwa Windows 11 akan mendukung semua aplikasi Android yang tersedia melalui Appstore Amazon.

Ini tidak hanya berarti bahwa Anda tidak lagi harus mengemulasi aplikasi Android tertentu untuk menjalankannya di Windows, tetapi aplikasi tersebut bahkan akan mendukung bilah taksbar Windows 11, fitur snap, dan peningkatan UI lainnya dengan benar.

9. Fitur Update Cepat Windows 11

Selama ini, Anda pasti kesal saat menunggu lama proses pembaruan atau update Windows di laptop atau PC. Microsoft sepertinya mendengarkan keluhan tersebut sehingga di OS terbaru, pembaruan Windows diklaim lebih cepat.

{Baca juga: Windows 11 Diperkenalkan, Tampilan Modern dan Kaya Fitur Produktif}

Kabarnya update di Windows 11 akan 40% lebih cepat dibandingkan seri-seri sebelumnya. Semoga klaim tersebut tidak sekedar janji sehingga kamu tidak perlu menunggu lama saat pembaruan Windows.

10. Microsoft Teams yang Terintegrasi

Microsoft memahami mengenai kondisi pengguna di masa pandemi Covid-19. Oleh karenanya, OS terbaru Windows 11 hadir untuk mempermudah komunikasi pengguna dengan cara menghadirkan fitur integrasi Chat Microsoft Teams dengan taskbar.

Melalui sistem yang terintegrasi, pengguna dapat langsung terhubung melalui teks, chat, suara, atau video dengan seluruh kontak personal di mana saja, terlepas dari platform atau perangkat yang mereka gunakan, baik itu di Windows, Android, atau iOS.

Sedangkan jika pengguna yang dituju belum mengunduh aplikasi Teams, maka mereka dapat terhubung dengan mereka melalui SMS dua arah.

11. Peningkatan Microsoft Store 

Fitur Windows 11
Tampilan Microsoft Store

Fitur Windows 11 yang terakhir adalah merombak tampilan Microsoft Store. Tampilannya menjadi lebih baru supaya pengguna Windows bisa semakin leluasa mendapatkan aplikasi kesukaan mereka. Selain itu, Microsoft juga memberikan kebebasan kepada pengembang aplikasi.

Pengembang dibebaskan untuk mengunggah aplikasi mereka ke pasar. Lalu Microsoft Store akan memungkinkan pengembang untuk memperbarui aplikasi mereka di luar Store serta memanfaatkan platform perdagangan pihak ketiga tanpa harus membayar potongan royalti kepada Microsoft.

Nah, itu dia 11 fitur baru yang hadir di Windows 11. Deretan fitur ini pastinya membuat Anda semakin tidak sabar untuk segera mendapatkan OS terbaru dari Microsoft tersebut. (NM/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0