Windows 11 Diperkenalkan, Tampilan Modern dan Kaya Fitur Produktif

Telset.id, Jakarta – OS Windows 11 akhirnya resmi diperkenalkan Microsoft. Suksesor Windows 10 ini menawarkan berbagai keunggulan dari segi desain hingga keamanan kepada pengguna.

Menurut Chief Product Officer Microsoft, Panos Panay, OS terbaru ini dirancang agar sesuai dengan minat dan kesukaan pengguna. Selain itu, OS terbaru itu juga dibuat untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas pengguna.

“Windows 11 didesain untuk mendekatkan Anda pada apa yang Anda cintai,” ujar Panay.

Microsoft kini menempatkan tombol Start ke bagian tengah. Tujuannya, untuk mempermudah pengguna menemukan apa yang dibutuhkan dan meningkatkan produktivitas mereka.

Start Menu ini memanfaatkan kekuatan cloud dan Microsoft 365 untuk menampilkan file terbaru, terlepas dari apapun platform atau perangkat yang pengguna gunakan untuk melihat file tersebut sebelumnya, baik itu Android atau iOS.

{Baca juga: Bocoran Akurat Windows 11 Menjelang Peluncuran Resmi}

“Kami telah menyederhanakan desain dan pengalaman pengguna untuk meningkatkan produktivitas dan menginspirasi kreativitas Anda. Desainnya modern, fresh, clean, dan indah,” jelasnya.

“Dari tombol Start dan taskbar baru, hingga setiap suara, font, dan ikon, semuanya didesain dengan tujuan memberikan Anda kendali penuh memberikan Anda rasa tenang dan nyaman,” tambahnya.

OS Microsoft Windows 11

Microsoft juga menawarkan fleksibilitas dalam membuka beberapa jendela aplikasi secara bersamaan, serta kemampuan untuk menempatkan aplikasi secara berdampingan.

Lewat fitur terbaru di OS Windows 11 bernama Snap Layouts, Snap Groups, dan Desktops, pengguna dapat leluasa untuk membuka lebih dari satu aplikasi secara bersamaan.

“Kami memperkenalkan Snap Layouts, Snap Groups, dan Desktops untuk menyediakan cara yang lebih mumpuni dalam melakukan banyak tugas secara bersamaan, sambil tetap mengetahui apa yang perlu Anda selesaikan,”  kata Panay.

Windows 11 Permudah Komunikasi Pengguna 

Microsoft memahami mengenai kondisi pengguna di masa pandemi Covid-19. Oleh karenanya, OS terbaru Windows 11 hadir untuk mempermudah komunikasi pengguna dengan cara menghadirkan integrasi Chat Microsoft Teams dengan taskbar.

Melalui sistem yang terintegrasi, pengguna dapat langsung terhubung melalui teks, chat, suara, atau video dengan seluruh kontak personal di mana saja, terlepas dari platform atau perangkat yang mereka gunakan, baik itu di Windows, Android, atau iOS.

Sedangkan jika pengguna yang dituju belum mengunduh aplikasi Teams, maka mereka dapat terhubung dengan mereka melalui SMS dua arah.

{Baca juga: Microsoft Tingkatkan Fitur Multi-monitor untuk Windows 11}

“Windows 11 juga memberikan cara yang lebih natural untuk terhubung dengan teman dan keluarga melalui Teams, memungkinkan Anda untuk mute dan unmute secara instan, atau memulai presentasi langsung dari Taskbar,” ungkap Panay

Mengenai keamanan, Microsoft melengkapinya dengan teknologi keamanan built-in baru yang akan menambah perlindungan dari chip ke cloud, sambil memungkinkan produktivitas dan pengalaman baru.

Sistem operasi Microsoft ini juga menyediakan sistem operasi Zero Trust-ready untuk melindungi data dan akses di seluruh perangkat.

Microsoft Windows 11
Tampilan Windows 11

“Kami telah bekerja sama dengan mitra OEM dan silicon kami untuk meningkatkan keamanan dasar, guna memenuhi kebutuhan lanskap ancaman yang berkembang, serta dunia kerja hybrid baru,” jelas Panay.

Rencananya Windows 11 akan tersedia melalui upgrade gratis untuk PC Windows 10 yang memenuhi syarat dan PC baru mulai akhir November 2021.

Untuk memeriksa apakah PC Windows 10 Anda saat ini memenuhi syarat untuk upgrade gratis ke OS Windows 11, Anda bisa mengunjungi situs Windows.com untuk mengunduh aplikasi PC Health Check.

{Baca juga: Belum Meluncur, Link Download ISO Windows 11 Bocor Duluan}

“Kami juga bekerja sama dengan mitra ritel kami dalam memastikan PC Windows 10 yang Anda beli hari ini siap di-upgrade ke Windows 11. Upgrade gratis akan mulai diluncurkan ke PC Windows 10 yang memenuhi syarat, mulai liburan mendatang hingga 2022,” tutup Panay. (NM/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0