Home APPS 6 Fitur Baru Sambangi Android, Ada Sistem Peringatan Gempa!

6 Fitur Baru Sambangi Android, Ada Sistem Peringatan Gempa!

Fitur Baru Android

Telset.id, Jakarta – Google mengumumkan ragam fitur baru yang akan segera hadir untuk Android. Tercatat ada enam fitur baru yang rencananya akan bisa dinikmati pengguna pada musim panas ini.

Fitur baru Android ini pertama kali hadir di Google Pixel Series. Kabar baiknya, fitur-fitur ini tidak akan hanya tersedia secara eksklusif di Pixel, tetapi juga akan bisa dinikmati ponsel Android terbaru lainnya.

Langsung saja, berikut ini adalah enam fitur baru Android yang akan segera hadir dalam waktu dekat.

1. Sistem Peringatan Gempa

Fitur Deteksi Gempa

Pertama adalah sistem peringatan gempa yang diluncurkan secara global. Orang-orang yang berada di daerah yang terkena dampak bisa mendapatkan peringatan beberapa detik sebelum gempa terjadi.

{Baca Juga: Google Gratiskan Layanan Workspace untuk Semua Pengguna}

Sejauh ini fitur tersebut telah tersedia di Selandia Baru dan Yunani, dan sekarang menuju ke Turki, Filipina, Kazakhstan, Republik Kirgistan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan.

Google mengatakan akan memprioritaskan peluncuran fitur baru ini di negara-negara dengan risiko gempa yang lebih tinggi dan lebih banyak negara akan memilikinya di tahun mendatang.

2. Fitur Tandai Pesan

Star a Message

Fitur terbaru yang akan datang di Android selanjutnya adalah Star a Message. Fitur ini berguna untuk memberikan tanda bintang pada pesan penting yang masuk ke aplikasi Messages. Dengan ini, Anda bisa dengan mudah menemukannya.

Cukup ketuk dan tahan pesan tersebut, lalu pilih star. Menurut Google, fitur ini akan mulai diluncurkan secara lebih luas dalam beberapa minggu mendatang.

3. Emoji Suggestion (Fitur Baru Android untuk Gboard)

Emoji Suggestion

Fitur baru Android berikutnya adalah Emoji Suggestion. Fitur ini baru masuk ke Gboard beta dan akan segera mencapai versi stable-nya.

{Baca Juga: Google Rilis Update Android 12 Beta, Begini Cara Mendapatkannya}

Nantinya fitur ini akan bekerja dengan pesan yang ditulis dengan bahasa Inggris, Spanyol, dan juga Portugis. Fitur ini bisa berjalan di Android 6 dan yang lebih baru.

Berkat fitur ini, aplikasi akan memberikan saran untuk membantu menggunakan kombinasi emoji yang cocok dengan isi pesan tersebut.

4. Fitur Google Assistant

Google Assistant

Google juga menambahkan fitur baru di Google Assistant. Kini Google Assistant dapat digunakan untuk menjalankan fitur-fitur tertentu di aplikasi Android.

Seperti Anda bisa memanggil Google dan membuat perintah untuk membayarkan tagihan di aplikasi tertentu. Meski belum dirinci apa saja yang bisa dilakukan lewat fitur baru di Google Assistant.

5. Voice Access

Voice Access

Akses suara sekarang memiliki deteksi tatapan penggunanya. Kini fitur tersebut bisa berfungsi hanya ketika Anda melihat ke layar.

Voice Access memudahkan Anda untuk navigasi ke telepon atau aplikasi yang cepat dan efisien hanya dengan suara Anda. Fitur tersebut juga dapat memasukkan kata sandi.

Ketika masuk ke kolom kata sandi, memungkinkan juga Anda untuk memasukkan huruf, angka dan simbol melalui suara.

6. Fitur Baru Android Auto

Android Auto

Terakhir adalah pengalaman Android Auto yang lebih dapat disesuaikan dan dipersonalisasi melalui smartphone dan mengatur mode gelap secara manual.

Konten yang ada juga lebih mudah ditelusuri. Terdapat tombol A hingga Z yang bisa digulirkan. Pengaturan Android Auto untuk pertama kalinya juga kini jadi lebih cepat.

{Baca Juga: Game Mode, Fitur Android 12 yang “Disembunyikan” Google}

Aplikasi pengisian daya, parkir, dan navigasi Electronic Vehicle sekarang juga tersedia untuk digunakan di Android Auto, dan pengalaman pengiriman pesan telah ditingkatkan sehingga Anda dapat membuka aplikasi perpesanan favorit dari layar.

Anda dapat membaca dan mengirim pesan baru langsung dari WhatsApp dan Messages. Fitur Android Auto tersedia di ponsel dengan Android 6 dan yang lebih baru, saat terhubung ke mobil yang kompatibel.

Itu dia beberapa fitur baru yang akan segera hadir di Android. Fitur mana yang paling Anda tunggu, sob? (HR/MF)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Exit mobile version